Sering Dijumpai Masalahnya, Berikut 5 Fakta Soal Aki Mobil Yang Penting Diketahui

Ridhmedia
30/11/18, 09:08 WIB

 Apabila berbicara soal komponen penting pada mobil Sering Dijumpai Masalahnya, Berikut 5 Fakta Soal Aki Mobil yang Penting Diketahui

Apabila berbicara soal komponen penting pada mobil, aki adalah salah satunya karna tanpa kondisi aki yang baik bahkan mobil tak bakal bisa dijalankan. Aki mempunyai peran vital sebab menjadi sumber energi buat memutar dinamo starter sehingga mesin serta siklusnya bisa menyala. Dengan kata lain, aki mobil berfungsi sebagai baterai bagi kendaraan bermobil dalam menyediakan kebutuhan energi listrik.

Bekerja menyuplai daya listrik ke komponen mobil lainnya, aki perlu diperhatikan serta dirawat agar fungsinya tersebut selalu stabil karna berpengaruh langsung terhadap berjalan atau tidaknya mobil.

Tentu hal yang paling merepotkan yaitu mobil mogok saat tengah berkendara yang sangatlah mengganggu kenyamanan. Kendati demikian, merawat aki memang gampang sekaligus sulit di saat yang bersamaan bakal namun bisa diservis di bengkel resmi Toyota Jayakarta.

Apabila dapat mengenal aki lebih jauh, bakal meningkatkan pula kepahaman saat menghadapi situasi tertentu yang berhubungan dengan aki. Oleh sebab itu, inilah 5 fakta soal aki mobil yang penting diketahui para pengendara mobil:

● Fungsi dari Aki

apabila hendak memahami aki lebih jauh, pertama – tama perlu diketahui tentang fungsi aki itu sendiri. Seperti yang Telah disebutkan sebelumnya, aki berfungsi penampung arus listrik ke sistem kelistrikan yang terdapat pada mobil.

● Tiga Jenis Aki di Indonesia

Di Indonesia diketahui terdapat tiga jenis aki yaitu aki basah atau sering disebut aki premium, aki kering atau Maintenance Free, serta aki hybrid. Berbagai jenis aki tersebut mempunyai perawatan yang berbeda buat merawatnya salah satunya bisa di bengkel resmi Toyota Jayakarta.

● Aki Bertahan Sampai 2 Tahun

Para pengendara sering bertanya sebenarnya berapa lama usia aki mobil itu sendiri. Untuk pemakaian normal, aki biasanya bertahan 1,5 tahun atau bisa sampai 2 tahun. Apabila Telah mencapai di kisaran usia tersebut, ada baiknya mengunjungi bengkel resmi Toyota Jayakarta buat melakukan penggantian aki baru.

● Jaga Kondisi Terminal Kutub Aki

Terdapat cara buat merawat aki agar kondisinya selalu baik. Salah satu bagian penting pada aki, yakni terminal kutub, perlu dibersihkan secara rutin agar terhindar dari kotoran maupun mermacam endapan lain. Terminal kutub tersebut bisa dibersihkan dengan menggunakan air panas atau bisa juga saat servis rutin di bengkel resmi Toyota Jayakarta.

● Ganti Aki dengan Spesifikasi Standar

Apabila Telah waktunya ganti aki, usahakan memilih pengganti aki lama dengan aki baru yang mempunyai spesifikasi standar yang Telah ditentukan pabrikan mobil. Persoalan tersebut agar menjaga performa serta kondisi mobil itu sendiri. Untuk itulah, kalian bisa mengunjungi bengkel resmi Toyota Jayakarta buat penggantian aki baru.

Itulah 5 fakta tentang aki mobil agar lebih memahami kondisi aki mobil sehingga tahu apa yang perlu dilakukan. Lakukan perawatan rutin pada aki yang bisa dijadwalkan di bengkel resmi Auto2000 Toyota Jayakarta. Auto2000 Toyota Jayakarta menawarkan kemudahan buat servis rutin mobil kalian dengan booking servis di website Toyota Auto2000 Jayakarta di auto2000.co.id.

**Artikel ini adalah hasil kerja sama dengan Toyota Auto2000 Jayakarta.
Komentar

Tampilkan

Terkini

Peristiwa

+