Kabel China: Kapan Dunia Islam Berbicara tentang Penganiayaan Uighur?

Ridhmedia
29/12/19, 18:53 WIB
Oleh: CJ Werleman

400 halaman dokumen internal pemerintah Tiongkok yang bocor, membuktikan tanpa keraguan bahwa Tiongkok berupaya untuk secara sistematis menghapus dan memusnahkan jutaan etnis Muslim Uighur – penganiayaan minoritas agama terbesar sejak Holocaust.

Pengungkapan tersebut telah meledakkan lubang seukuran gajah sebagai upaya Beijing untuk memadamkan kecaman internasional dengan penolakan keras kepala dan propaganda jahat.

Kebahagiaan yang lebih kuat

Hingga saat ini, komunitas internasional telah terbelah menjadi dua kubu atas kriminalisasi China terhadap Islam dan penahanan ratusan ribu etnis Muslim Uighur dalam jaringan kamp konsentrasi atau kamp cuci-otak.

Negara-negara demokrasi Barat mengekspresikan kemarahan dan negara-negara Timur-Tengah secara diam-diam justru menyetujui “langkah-langkah kontraterorisme” Beijing, sementara bahkan memuji Partai Komunis China untuk penjara dan mitos yang disebutnya “kamp pelatihan kejuruan”.

Pada bulan Juli, lebih dari selusin negara mayoritas Muslim – termasuk Aljazair, Bahrain, Mesir, Kuwait, Arab Saudi, Oman, Pakistan, Qatar, Somalia, Sudan, Suriah, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uni Emirat Arab (UEA)- ikut menandatangani surat kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang secara tak masuk akal, memuji Komunis China karena membawa “rasa kebahagiaan, pemenuhan, dan keamanan yang lebih kuat” atas Xinjiang.

Qatar sejak itu menghapus tanda tangannya, mengatakan ingin mengejar “sikap netral”.

Tapi sekarang jubah penyangkalan yang masuk akal telah ditarik kembali, mengungkapkan keseluruhan kejahatan Tiongkok terhadap kemanusiaan – termasuk eksekusi, penyiksaan, pemerkosaan, indoktrinasi paksa atas ateisme, pemisahan keluarga secara paksa, pernikahan paksa, adopsi paksa, sterilisasi paksa, dan bahkan tuduhan yang dapat dipercaya tentang program pengambilan organ hidup – bagaimana tanggapan Timur-Tengah?

Bagaimana para pemimpin negara-negara mayoritas Muslim, khususnya mereka yang dengan bangga menyatakan diri sebagai penjaga Islam dan pelindung umat, menanggapi apa yang sekarang menjadi bukti kuat upaya Beijing untuk menghapus jutaan Muslim dan sejumlah masjid di peta, di barat laut China?

Bisnis seperti biasa

Jika pemerintah Suriah menyambut undangan Beijing untuk bergabung dengan Inisiatif Sabuk dan Jalan (OBOR) triliunan dolar pekan ini merupakan indikasi, maka itu akan menjadi kasus bisnis seperti biasa untuk hubungan antara China dan negara-negara Timur-Tengah lainnya.

Dalam upaya untuk mengamankan investasi Tiongkok dalam rekonstruksi Suriah, Presiden Suriah Bashar al-Assad telah memberi Beijing sejumlah proyek infrastruktur yang diusulkan.

“Kami telah mengusulkan sekitar enam proyek kepada pemerintah Tiongkok sesuai dengan metodologi Belt and Road dan kami menunggu untuk mendengar proyek atau proyek mana yang sesuai dengan pemikiran mereka. Saya pikir ketika infrastruktur ini dikembangkan, seiring berjalannya waktu, [Belt and Road Initiative] yang melewati Suriah menjadi kesimpulan terdahulu,” Assad mengatakan kepada jaringan televisi Tiongkok.

Mengingat bahwa rezim keji Bashar al Assad bertanggung jawab atas pembunuhan setengah juta warga Suriah dan perpindahan jutaan lainnya, mengubah kubu oposisi terakhir yang tersisa dari Idlib menjadi sesuatu yang mirip dengan kamp konsentrasi udara terbuka, mudah untuk melihat mengapa rezim Suriah tidak memiliki kekhawatiran moral atas penganiayaan Tiongkok terhadap populasi Muslim.

Adapun negara-negara Timur-Tengah lainnya yang disebutkan di atas, mereka dibanjiri dalam investasi China, menggantikan peran AS sebagai sumber terbesar investasi asing di wilayah tersebut.

Negara-negara ini berusaha untuk memikat kesepakatan perdagangan bilateral yang lebih besar dan lebih baik dengan negara adidaya ekonomi Asia.

Sejak 2005, kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara telah menerima sekitar 190 miliar Dolar AS dalam investasi China, menurut The Global Investment Tracker.

Menurut Jonathon Fulton, asisten profesor ilmu politik di Universitas Zayed di Abu Dhabi: “Kehadiran ekonomi China di Timur-Tengah merupakan pendekatan strategis untuk meningkatkan kekuatan dan pengaruhnya di kawasan.
Sementara itu, para pemimpin di Timur Tengah responsif. Hubungan ekonomi dengan China tidak datang dengan jenis persyaratan yang sama yang cenderung menyertai negara dan institusi Barat; reformasi politik dan hak asasi manusia bukan bagian dari paket dengan Beijing.”

Di luar bidang ekonomi, kemungkinan rezim otoriter di Timur Tengah akan tetap diam terhadap pelanggaran hak asasi manusia Tiongkok terhadap Muslim Uighur, mengingat pemerintah ini juga merupakan pelanggar kebiasaan hak asasi manusia. Arab Saudi dan Mesir secara rutin memenjarakan dan mengeksekusi tahanan politik.

Jika mereka mengutuk China karena melakukan hal yang sama, itu hanya akan mengundang komunitas internasional untuk berbaur dalam urusan mereka – sebuah ketakutan yang melumpuhkan banyak pemerintah di wilayah tersebut.

Banyak dari pemerintah ini juga memiliki tingkat kepanikan yang sama terhadap Islam politik dengan pejabat senior dalam Partai Komunis China, sebagaimana dibuktikan oleh aksi blokade yang dipimpin Arab Saudi terhadap Qatar karena hubungannya dengan Iran dan gerakan Ikhwanul Muslimin. Pemerintah Timur Tengah justru berusaha membiakkan propaganda Tiongkok, bukan mengecamnya.

Pada akhirnya, Kabel-kabel China tidak hanya mengekspos kebijakan-kebijakan Beijing yang sangat dibutuhkan terhadap warga Muslimnya, tetapi juga tampilan bermuka-dua yang tak tahu malu negara-negara Timur Tengah. Kita bisa mengharapkan kelanjutan bungkam mereka terhadap orang-orang Palestina yang miskin dan teraniaya, tetapi tidak ada bagi mereka untuk kelompok tertindas di bawah tumit China.

Dari pandangan mereka yang (hanya) memegang tahta, istana, dan rumah-rumah mewah di Riyadh, Dubai, Damaskus, dan Kairo, mungkin benar, pembicaraan uang, dan sisanya adalah percakapan, rupanya.*

Artikel ini diambil dari Middle East Eye (MEE), pandangan penulis dalam artikel tidak mewakili kebijakan editorial hidayatullah.com
Komentar

Tampilkan

Terkini

Peristiwa

+