Trump Lengser Sekalipun Nggak Ngaruh Ke Ekonomi Indonesia

Ridhmedia
19/12/19, 16:51 WIB
RIDHMEDIA - Perekonomian Indonesia tidak akan terkena dampak dari pemakzulan Presiden Amerika Serikat Donald Trump oleh DPR AS. Sebab, letak dari masalah ekonomi Indonesia bukan pada kondisi global.

Begawan ekonomi Dradjad Wibowo mengatakan, selama ini pemerintah memang kerap mengkambinghitamkan kondisi global, khususnya perang dagang Amerika Serikat dan China. Padahal, masalah ekonomi itu ada di domestik

“Ada masalah besar domestik yang menjadi penyebab struktural dari pembengkakan defisit,” jelasnya kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (18/12).

Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN itu mengurai, masalah ekonomi domestik yang dimaksud adalah kegagalan peningkatan produksi domestik di banyak sektor, termasuk pertanian dan pangan.

“Kurangnya kebijakan yang pro industri dalam negeri, lemahnya daya saing, dan ketergantungan berlebihan terhadap ekspor komoditas,” tambahnya.

Jika kondisi domestik Indonesia seperti itu, ekonomi Amerika menanjak sekalipun tidak akan berpengaruh pada nasib bangsa. Begitu juga saat negeri Paman Sam itu mengalami kolaps.

“Karena itu, sangat krusial bagi pemerintah memperbaiki masalah struktural domestik di atas. Trump lengser atau tidak, nggak ngaruh buat kita selama masalah di atas tidak diperbaiki,” tutupnya. [rml]
Komentar

Tampilkan

Terkini

Peristiwa

+