Cara Meningkatkan Iq Biar Menjadi Eksklusif Cerdas

Ridhmedia
01/05/14, 20:54 WIB
Intelligence Quotiens atau yang biasa disebut IQ ialah kecerdasan intelektual yang dimiliki oleh seseorang. Kecerdasan intelektual berkaitan akrab dengan kemampuan kognitif yang dimiliki oleh seseorang.

Kecerdasan ini dipakai untuk mendeskripsikan atau menjelaskan sifat pikiran yang meliputi sejumlah kemampuan menyerupai kemampuan memecahkan masalah, kemampuan merencanakan, kemampuan menalar, kemampuan memahami gagasan, kemampuan menggunakan bahasa, kemampuan berpikir abstrak, serta kemampuan dalam belajar. IQ setiap orang itu berbeda-beda, namun ada beberapa cara meningkatkan IQ anda supaya lebih maksimal.
Intelligence Quotiens atau yang biasa disebut IQ ialah kecerdasan intelektual yang dimili Cara Meningkatkan IQ Agar Menjadi Pribadi Cerdas

Sifat dasar manusia

Manusia intinya mempunyai 2 sifat dasar, yang sanggup mempengaruhi IQ seseorang :

1. Growth Mindset ialah sifat dasar seseorang yang percaya bahwa sifat, bakat, kemampuan, serta apapun sanggup dikembangkan melalui belajar, usaha, serta latihan (tidak perduli seberapa sulit dan berat rintangan yang harus dihadapi).

2. Fixed Mindset ialah sifat dasar seseorang yang biasanya mempunyai pemikiran dimana segala sesuatu itu sulit sekali/tidak sanggup dirubah (fix). Orang-orang yang mempunyai sifat dasar ini merasa sifat, bakat, serta kebiasaan itu tidak sanggup dirubah sebab sudah bawaan semenjak lahir/lingkungan, bahkan sudah takdir dari sananya.

Faktanya ialah kesuksesan akan gampang anda raih kalau anda mempunyai Growth Mindset, namun sebaliknya kesuksesan akan tidak mungkin anda capai, ketika anda mempunyai sifat Fixed Mindset, sebab sifat ini akan selalu membatasi peluang dan kesempatan dalam hidup anda, rasa takut akan kegagalan akan menciptakan orang dengan sifat ini tidak mau untuk mencoba lagi.

Karena itulah rata-rata orang dengan sifat Fixed Mindset ini akan sebisa mungkin menghindari tantangan yang ada, melaksanakan hal-hal yang berada pada zona nyaman, sehingga banyak orang dengan sifat ini yang bertahan dengan pekerjaan yang menyiksa diri, dan tak kunjung pindah.

Sebaliknya orang dengan Growth Mindset, melihat kegagalan sebagai kesempatan untuk memperbaiki diri serta terus berkembang. Memiliki pemikiran terbuka sehingga mau mendapatkan masukan ataupun pelajaran dari banyak sekali sumber maupun orang, dengan bahagia hati mendapatkan tantangan baru, serta bertahan lebih usang (konsisten) disaat sulit.

Jadi, bagi anda yang merasa minder sebab kurang cerdas, pelupa, merasa bodoh, dan sebagainya, ingatlah bahwa anda sanggup meningkatkan kecerdasan IQ hingga kapanpun asal anda niat untuk belajar, serta mempunyai mindset untuk terus berkembang (Growth Mindset).

Faktor yang sanggup mempengaruhi Kecerdasan Intelektual (IQ)

Berikut ini beberapa faktor yang sanggup mempengaruhi kecerdasan intelektual seseorang, diantaranya ialah :

1. Faktor genetis/biologi 

Adalah faktor yang ditentukan oleh sifat yang telah dibawa semenjak seseorang dilahirkan. Batas kecakapan serta kesanggupan seseorang untuk menuntaskan masalah, biasanya bergantung pada faktor bawaan yang orang tersebut miliki.

2. Faktor lingkungan

Faktor lingkungan atau yang disebut juga faktor pembentuk ialah faktor eksternal yang ada dalam lingkup kehidupan seseorang. Karena pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang biasanya berkaitan dengan lingkungan dimana orang tersebut tinggal.

3. Faktor minat serta pembawaan yang khas

Adalah faktor yang sangat bekerjasama dengan rasa emosional tertentu pada diri seseorang. ketika anda menyukai sesuatu, maka biasanya anda akan melaksanakan banyak sekali tindakan yang bisa mendorong diri untuk mempelajari sesuatu hal yang menarik bagi anda.

4. Faktor kebebasan

Adalah dimana anda mempunyai kebebasan untuk menentukan banyak sekali hal yang menarik bagi anda, serta mendorongnya untuk mempelajari sesuatu yang menjadi minat serta hobi anda. Anda juga mempunyai kebebasan dalam hal menentukan permasalahan sesuai dengan kebutuhan anda.

5. Faktor kematangan

Adalah salah satu faktor yang juga mempengaruhi tingkat IQ anda, semakin bertambah usia anda, maka perkembangan organ yang semakin tumbuh akan mengiringi perkembangan IQ pula.

Cara meningkatkan IQ dengan mudah dan mudah

Berikut ini beberapa metode yang relatif mudah dan murah yang sanggup anda terapkan untuk meningkatkan IQ anda :

1. Awalilah selalu pagi anda dengan sarapan

Ada satu rutinitas pagi yang sangat penting yang sering diabaikan oleh kebanyakan orang, dengan alasan sibuk atau sebab ingin diet, yaitu sarapan pagi. Sarapan ialah momentum yang paling tepat, dalam melaksanakan isi ulang glukosa, sebab hampir selama 8 jam badan anda tidak menerima asupan masakan apapun ketika tidur.

Glukosa merupakan sumber tenaga bagi badan untuk melaksanakan banyak sekali aktivitas, termasuk berpikir. Sarapan merupakan acara yang mempunyai segudang manfaat, menyerupai sanggup membantu meningkatkan daya konsentrasi, daya ingat, kinerja mental, mood, serta kemampuan untuk memecahkan masalah. Jadi, apabila anda ingin kemampuan kognitif anda sanggup bekerja secara lebih optimal, maka mulailah rutinitas harian anda dengan sarapan pagi.

2. Teruslah belajar

Mempelajari hal-hal gres setiap hari, akan merangsang otak untuk menciptakan arus saraf baru, sehingga kemampuan IQ anda akan meningkat. Jangan membiarkan otak anda santai dalam waktu sejenak, coba untuk keluar dari zona nyaman anda, serta pelajari hal-hal gres dari banyak sekali hal yang belum anda ketahui sebelumnya. Semakin banyak yang anda pelajari, maka semakin meningkat kemampuan IQ anda.

Baca juga : Cara Belajar yang Efektif dan terbukti Efisien

3. Selalu mengkonsumsi masakan yang sehat

Otak juga membutuhkan banyak nutrisi supaya sanggup berfungsi secara optimal, atau dengan kata lain cara meningkatkan IQ sanggup diusahakan dengan mediator masakan yang banyak mengandung nutrisi bagi otak.zat-zat nutrisi yang baik bagi otak menyerupai omega 3, antioksidan, oksigen, serta vitamin E.

4. Beristirahat secara terjadwal disela-sela belajar

Sekeras apapun perjuangan yang anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan IQ anda, usahakan untuk selalu beristirahat disela-sela waktu mencar ilmu anda. Misal, anda mencar ilmu selama 20 menit, kemudian beristirahatlah selama kurang lebih 5 menit. Metode menyerupai ini justru lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan otak anda, dibandingkan terus menerus mencar ilmu tanpa istirahat.

Baca juga : Cara Fokus Belajar Agar Praktis dalam Berkonsentrasi

5. Rutin berolahraga

Ternyata berolahraga sanggup menciptakan kemampuan otak meningkat, sebab ketika badan anda aktif bergerak, oksigen akan semakin terpompa, sehingga proses neurogenesis pun akan menjadi lebih optimal. Sehingga IQ pun semakin meningkat, sebab terciptanya sel-sel otak yang baru.

6. Melakukan rutinitas anda sehari-hari dengan cara yang berbeda

Lakukanlah tantangan pada otak anda untuk membentuk koneksi dan jalur gres dengan melaksanakan hal-hal yang biasa anda lakukan menjadi berbeda secara otomatis. Misal, mandi dengan urutan yang berbeda dari biasanya, atau menggosok gigi dengan tangan yang lain, menggunakan sepatu dan kaus kaki berbeda dari biasanya, dan apapun yang sanggup anda lakukan dengan cara yang berbeda, maka lakukanlah.

Hal ini akan membentuk jalur dan koneksi gres diotak anda, sehingga akan memperlihatkan tantangan pada otak anda untuk mempelajari kembali perubahan-perubahan tersebut yang akan menciptakan otak lebih produktif.

7. Lakukanlah rileksasi

Rileksasi ternyata tidak hanya anggun untuk mengatasi stres dan suasana hati, tetapi juga baik untuk meningkatkan fungsi otak. Rileksasi terbukti membantu meningkatkan aliran darah ke otak, meningkatkan konsentrasi, ingatan, dan kesabaran, serta sanggup menciptakan anda rileks.

Lakukanlah 30 menit setiap hari, atau anda sanggup melakukannya 2-3 kali sehari dengan membagi waktu selama 10 atau 15 menit. Akan lebih baik kalau anda melakukannya, sesudah berolahraga, ketika berdiri pagi, atau sebelum tidur malam.

8. Membaca cepat (Teknik photo reading)

Teknik ini mengajarkan anda untuk menggunakan pikiran sadar dan alam bawah sadar ketika sedang membaca. Teknik photo reading relatif gampang dipelajari, dan sanggup membantu anda memproses isu tertulis dalam jumlah yang besar namun dalam tempo yang relatif singkat.

Langkah awal yang sanggup anda lakukan dalam menggunakan metode ini ialah dengan melibatkan potensi pikiran sadar anda, kemudian kemudian menggunakan metode lain untuk meningkatkan daya ingat, serta meningkatkan kemampuan memahami materi. Metode ini juga dianggap lebih efektif dibandingkan dengan metode tradisional.

9. Melibatkan semua panca indera dalam proses belajar

Banyak para ilmuwan yang telah menandakan bahwa mencar ilmu dengan melibatkan indera-indera yang ada pada badan menyerupai penglihatan, emosi, suara, orientasi ruang, timbal balik, bahkan indera perasa dan lidah dianggap sangat efektif untuk meningkatkan IQ dibandingkan dengan cara tradisional. Bahkan, otak sanggup merespon lebih cepat banyak sekali jenis permasalahan dengan menggunakan santunan indera.

10. Kurangilah mengkonsumsi masakan yang mengandung banyak gula

Mengkonsumsi masakan yang mengandung banyak gula, ternyata sanggup berdampak menurunkan IQ, sebab sanggup menghambat kinerja sel-sel otak. Maka dari itu, kurangilah atau bahkan hindarilah konsumsi banyak sekali jenis masakan yang mengandung kadar gula tinggi.

11. Mencari pengalaman baru

Ketika setiap hari anda melaksanakan hal yang sama, maka otak seakan bergerak secara otomatis. Otak nyaman dengan yang ada, sehingga berhenti mengambil stimulan. Akan berbeda ketika anda mendapatkan pengalaman baru, otak akan terbangaun dan memasukkan semua isu yang didapat, kemudian berputar untuk melaksanakan perubahan.

Anda sanggup mengunjungi daerah yang baru, atau mencoba masakan yang baru, untuk mendapatkan pengalaman-pengalaman baru. Sehingga kebutuhan anda akan pengetahuan semakin luas, dan sebagai bekal untuk masa depan.

12. Mempelajari sesuatu yang baru

Ketika anda mencar ilmu sesuatu yang baru, maka akan membantu otak aktif mencar ilmu dan menciptakan koneksi gres yang sebelumnya tidak mungkin. Mempelajari hal yang gres menyerupai bermain panahan, melempar atau menangkap beberapa bola sekaligus, mempelajari bahasa asing, atau hal-hal apaun yang belum pernah anda lakukan sebelumnya, akan menciptakan otak bekerja pada jalur baru, sehingga menjadi salah satu cara meningkatkan IQ.

13. Konsumsilah protein ketika sarapan pagi

Nutrisi pada protein sanggup membantu otak meningkatkan produksi neurotransmitter, sehingga sanggup meningkatkan level norepinefrin dan dopamin, yang semuanya sanggup meningkatkan kewaspadaan dan kemampuan memecahkan masalah. Protein sangat penting bagi sarapan pagi anda, sebab akan membantu anda untuk lebih siap dan semangat dalam menjalani aktivitas.

Berbeda dengan gula, yang hanya akan menyebabkan anda mengantuk dalam beberapa jam, menciptakan anda lapar dari sebelumnya, bahkan menciptakan anda menjadi lamban.

14. Kurangilah atau hindarilah menonton televisi

Ternyata menonton televisi sanggup merangsang otak untuk malas berpikir hal-hal yang sulit. Tidak hanya itu, menonton televisi juga akan mengurangi tingkat konsentrasi anda, sehingga akan mempersulit anda untuk meningkatkan kemampuan IQ.

15. Berpikirlah positif dalam keadaan apapun

Dengan berpikir positif dan optimis dalam setiap keadaan dan situasi, sanggup merubah anda menjadi lebih baik, lebih bijak, lebih cerdas, serta lebih sukses. Optimis bahwa anda mempunyai value dalam hidup ini, ada banyak hal yang sanggup anda lakukan dan kerjakan. Jadi, dengan selalu berpikir positif ialah salah satu cara meningkatkan IQ anda.

Demikian isu perihal cara meningkatkan IQ supaya menjadi langsung yang cerdas. Semoga bermanfaat. [Ridhpedia]
Komentar

Tampilkan

Terkini

Peristiwa

+