Jenis-Jenis Blog Yang Wajib Diketahui Oleh Blogger Pemula

Ridhmedia
08/07/14, 20:54 WIB
Jenis Blog yang Wajib Diketahui oleh Blogger Pemula Jenis-Jenis Blog yang Wajib Diketahui oleh Blogger Pemula
Pernahkah sahabat mencari artikel tertentu dan hanya dibawa muter-muter, klik sana, klik sini, gak terperinci dan karenanya artikel yang dicari tidak ada ? Yup’s  itu yaitu ulah para blogger yang suka menciptakan blog spam yang tujuanya hanya mencari visitor tanpa memperhatikan kualitas konten blognya. Atau mungkin sahabat sering mengalami, mencari artikel di 5 blog berbeda tapi isinya sama saja ? itu juga ulah para blogger copas (copy paste) yang hanya mencari cara cepat membangun blog tanpa mau menulis sendiri.

Jika sahabat ingin berguru ngeblog, usahakan mulai berguru menulis sendiri sob, pelan tapi niscaya sahabat akan terbiasa nantinya. Kalaupun harus copas, pastikan jangan 100%. Copas inti artikelnya dan buat artikel gres dengan gaya bahasa sahabat sendiri.

Ada banyak jenis blog yang bertebaran di internet. Dari yang bermanfaat hingga blog abal-abal yang tidak ada manfaatnya.  Berikut ini yaitu pembagianya :

A. Blog Berdasarkan Platform

1. Blog Gratis 

Adalah blog yang Rp. 0,- tanpa biaya untuk membuatnya, alasannya yaitu tidak memerlukan domain dan hosting. Artinya tidak ada biaya bulanan. Domain dan hosting telah disedikan jadi sahabat tinggal daftar saja. Contoh : wordpress.com dan blogspot.com

Baca juga : 10 Alasan Mengapa Blogger Pemula Harus Belajar Blogspot

2. Blog berbayar : Self-Hosting Blog

Adalah blog yang memerlukan biaya bulanan hingga tahunan alasannya yaitu harus membeli domain dan menyewa hosting. Besar atau kecilnya biaya ini tergantung dari paket yang sahabat gunakan. Untuk membeli domain .com rata-rata harga pertahunnya sekitar Rp. 150.000,- sedangkan untuk hosting sekitar Rp. 300.000 pertahun tergantung dimana sahabat membeli dan menyewa hostingya. Contoh blog berbayar yaitu blog yang menggunkan platform Wordpress.org.

3. Blog Citizen Journalism

Adalah blog yang ditulis atau diposting oleh masyarakat umum dan platform nya sudah disedikan oleh pihak tertentu, sanggup perusahaan atau media online. Blog jenis ini biasa disebut blog lokal. Contohnya Blogdetik dan Kompasiana.

B. Blog Berdasarkan Isinya

1. Blog Niche 

Blog niche yaitu blog yang kontennya membahas satu topik saja. Tidak campur aduk dengan topik yang tidak relevan. Contoh : Blog yang membahas seputar dunia blogging. Isi blognya ya seputaran ilmu ngeblog (SEO, offpage, onpage, tips, trik, thema, plugin dst). Blog kesehatan (info gaya hidup sehat, jerawat, kecantikan, perawatan kulit, dst).

2. Blog General 

Blog general yaitu blog umum alias adonan (gado-gado). Blog ini membahas banyak topik. Bisa kesehatan, teknologi, pendidikan, politik, budaya dst. Semua dicampur dalam satu blog. Blog menyerupai ini banyak dibentuk oleh blogger jurnalistik misalnya yaitu blog berita.

C. Blog Berdasarkan Tujuannya

1. Blog Personal

Blog personal yaitu blog eksklusif yang isinya perihal aktifitas pribadi. Kalau sahabat seorang aktifis (tokoh) di kampus atau dimasyarakat baiknya mempunyai blog personal. Tujuannya untuk mendokumentasikan acara dan tulisan-tulisan penting. Contoh blog personal : blog yang berisi acara traveling.

2. Blog Personal Branding 

Blog personal branding yaitu blog yang dibentuk dengan tujuan untuk mempromosikan produk atau merk tertentu. Makara jenis blog ini mempunyai misi yang tertarget. Biasanya bahasa yang dipakai semi formal dan lebih cendrung bahasa formal.

3. Blog Monetisasi

Blog monetisasi yaitu blog yang dibentuk dengan tujuan untuk mendapat laba secara finansial. Blog jenis ini dioptimasi dengan ilmu SEO, baik offpage maupun onpage biar mendapat rangking halaman pertama mesin pencari.

Baca juga : 5 Alasan Adsense sebagai Tolak Ukur Keberhasilan Seorang Blogger

D. Blog Berdasarkan Format kontennya

1. Vlog

Vlog yaitu blog yang isinya berupa konten video. Jenis blog ini biasanya paling banyak dibentuk oleh kalangan artis atau tokoh populer yang banyak pengemarnya. Makara dikala dishare akan cepat viral dimedia online.
Media yang dipakai untuk memposting video ini biasaya youtube dan facebook.

2. Photoblog

Photoblog yaitu blog yang isinya berupa konten gambar. Sama menyerupai Vlog, photoblog paling banyak dibentuk oleh artis-artis ternama atau tokoh populer yang sering berfoto selfie. Jika sahabat suka berfoto dan hoby mengoleksi foto-foto unic sanggup juga menciptakan photoblog. 

3. Audioblog

Audioblog yaitu blog yang isinya berupa konten suara. Format yang paling sering dipakai yaitu .MP3. audioblog lebih cenderung ke blog download. Blog jenis ini banyak dipakai untuk mengshare musik.

E. Blog Berdasarkan Kualitas

1. Blog unique

Blog unique yaitu blog yang isi kontennya tidak ada yang menyamai di blog lain. Artinya tidak ada plagiat atau duplikat konten di blog lain. Blog jenis ini sudah dipastikan hasil goresan pena sendiri meskipun masih ada blogger yang memakai teknik spin biar mendaptkan goresan pena yang unik.

2. Blog Copas

Blog copas yaitu blog yang seluruh artikelnya hasil dari copy paste dari blog orang lain. Inilah tipe blogger yang dibenci oleh banyak kalangan. Jauhi jenis blog ini ya sob.. jika memang belum sanggup nulis sendiri sahabat sanggup membeli atau memakai jasa penulis artikel untuk mengisi blog sobat.

3. Blog AGC

Blog AGC (Auto Generated Content) Adalah blog yang mengambil konten dari blog orang lain secara otomatis. Blog jenis ini lebih jahat dari pada blog copas. Kalau copas masih ada perjuangan untuk mengcopy dan mempaste. Sedangkan AGC sudah secara otomatis terposting di blog.

Kesimpulan :
Saran saya, buatlah minimal 2 blog sob. Satu blog eksklusif dengan domain TLD. Satu lagi Blog Monetisasi. Blog eksklusif untuk sharing ilmu, sedangkan yang monetisasi untuk fokus cari pendapatan secara online.
Komentar

Tampilkan

Terkini

Peristiwa

+