17 Manfaat Minum Air Putih Untuk Kesehatan, Diet, Dan Kecantikan Kulit Wajah Sampai Rambut

Ridhmedia
01/09/16, 23:38 WIB
 Inilah ulasan lengkap perihal manfaat minum air putih untuk kesehatan 17 Manfaat Minum Air Putih Untuk Kesehatan, Diet, Dan Kecantikan Kulit Wajah Hingga Rambut
Gambar Ilustrasi Manfaat Minum Air Putih
Manfaat Minum Air Putih - Ingin tahu khasiat minum air putih? Inilah ulasan lengkap perihal manfaat minum air putih untuk kesehatan, diet, dan kecantikan kulit wajah sampai rambut. Tubuh insan sebagian besar terdiri dari air, yaitu sekitar 60 - 70 persen. Air mempunyai peranan dan fungsi penting bagi tubuh, antara lain sebagai pelarut, katalisator, pelumas, media transportasi zat, pengatur suhu tubuh, dan penyedia mineral atau pun elektrolit. 

Dalam sehari, insan dianjurkan setidaknya harus meminum air sebanyak 8 gelas ukuran 230 ml (total sekitar 2 liter) biar sel-sel pada organ tubuh bekerja dengan baik. Jika kekurangan air, maka insan akan mengalami kehilangan cairan tubuh sehingga cairan di otak menurun, asupan oksigen ke otak berkurang, dan akhirnya sel-sel otak menjadi tidak aktif dan berkembang.

Dehidrasi juga sanggup menjadikan orang merasa lelah, haus, tenggorokan kering, tubuh panas, sakit kepala, air kencing pekat, gangguan ginjal, kulit kusam, denyut nadi cepat, halusinasi, bahkan kematian. Oleh alasannya ialah itu, mulai kini Anda harus rajin minum air putih biar kebutuhan cairan tubuh sanggup terpenuhi. Kira-kira apa saja seh manfaat minum air putih? Yuk, simak ulasan dari Nuansa Pagi berikut ini.

Daftar Manfaat Minum Air Putih Untuk Kesehatan, Diet, Dan Kecantikan Kulit Wajah Hingga Rambut


Manfaat Minum Air Putih Untuk Kesehatan

 Inilah ulasan lengkap perihal manfaat minum air putih untuk kesehatan 17 Manfaat Minum Air Putih Untuk Kesehatan, Diet, Dan Kecantikan Kulit Wajah Hingga Rambut
Gambar Ilustrasi Manfaat Minum Air Putih Untuk Kesehatan

1. Memperlancar Proses Pencernaan Makanan Dan Mencegah Gangguan Pencernaan


Air sangat penting bagi proses pencernaan makanan di dalam tubuh manusia. Dengan konsumsi air yang cukup, maka makanan akan gampang melewati susukan pencernaan. Anda pun sanggup buang air besar dengan lancar.

Sebaliknya, apabila kekurangan air maka usus akan lebih banyak menyerap air dari sisa-sisa pencernaan (feses / tinja) sehingga menjadikan gangguan berupa konstipasi atau sambelit (susah buang air besar).

Meminum air putih juga bermanfaat bagi penderita maag. Saat perut kosong, biasanya asam lambung akan meningkat. Dengan minum air putih, maka zat asam tersebut akan ditekan atau diencerkan sehingga asam lambung tidak akan naik.

2. Mengeluarkan Racun / Toksin Dari Dalam Tubuh


Selain mengandung zat gizi, makanan yang Anda konsumsi biasanya juga terdapat racun / toksin. Begitu pula dengan proses di dalam sel-sel tubuh, pada umumnya menghasilkan zat sisa / sampah beracun yang harus dibuang keluar. Air putih akan membantu mengeluarkan zat-zat racun tersebut melalui keringat atau pun urine.

Untuk menambah optimal pencucian racun, Anda sanggup mengkonsumsi 2 gelas air putih sehabis tidur. Salah satu manfaat minum air putih sesudah bangkit tidur di pagi hari dikala perut masih kosong ialah membantu membersihkan susukan pencernaan dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Pada malam hari, sel tubuh insan akan memperbaiki diri serta mengeluarkan racun. Setelah minum air putih dikala bangkit pagi, usahakan Anda tidak mengkonsumsi makanan dulu selama kurang lebih 30 menit, biar sel-sel tubuh punya waktu untuk membersihkan diri dari racun-racun tersebut.

3. Menyehatkan Ginjal Dan Mencegah Batu Ginjal Atau Infeksi Kandung Kemih


Ginjal merupakan organ tubuh insan yang mempunyai tugas sangat penting. Fungsi utama ginjal ialah menyaring dan membersihkan darah dari zat-zat sisa (racun) berbahaya bagi sel tubuh. Hasil saringan dari ginjal akan dibuang dalam bentuk urine.

Konsumsi air putih yang cukup akan memperlancar proses penyaringan darah oleh ginjal. Urine akan tampak jernih dan bebas bau. Tapi, jikalau asupan air putih berkurang, maka ginjal bekerja lebih keras dengan menyerap cairan ekstra dalam tubuh sehingga urine pun menjadi lebih pekat dengan disertai amis tidak sedap.

Dengan memperbanyak minum air putih (hingga batas normal sehat), berarti Anda mempermudah kerja ginjal. Akibatnya, ginjal Anda akan tetap terjaga kesehatannya. Air putih juga akan membantu melarutkan mineral di susukan kemih sehingga Anda sanggup terhindar dari penyakit kerikil ginjal atau pun nanah kandung kemih.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh / Sistem Imun


Manfaat minum air putih bagi kesehatan tubuh selanjutnya ialah membantu menyeimbangkan sistem limfatik. Perlu diketahui, limfatik atau getah bening termasuk belahan penting dalam sistem kekebalan tubuh insan (sistem imun).

Fungsi dari sistem limfatik ini berupa menghasilkan, menyimpan, kemudian membawa sel-sel darah putih untuk melawan nanah atau penyakit. Dengan mengkonsumsi air putih dalam jumlah cukup, sistem limfatik Anda akan seimbang dan kekebalan tubuh pun akan tetap terjaga, bahkan meningkat.

5. Mengobati Batuk dan Pilek


Batuk dan pilek termasuk salah satu gangguan kesehatan yang kerap kali diderita oleh orang pada umumnya. Bukan hanya menciptakan tubuh tak nyaman, batuk pilek biasanya juga kuat jelek terhadap kegiatan pekerjaan atau pun berguru sehari-hari.

Untuk mengobati batuk pilek yang menyerang tubuh, Anda sanggup meminum air putih hangat yang sanggup berperan sebagai antibiotik alami. Setelah meminum segelas air putih hangat, hidung dan tenggorokan Anda biasanya akan terasa lega.

6. Menghilangkan Mual


Dehidrasi atau kekurangan cairan biasanya akan menciptakan Anda merasa mual. Meminum air putih bertahap akan membantu meredakan rasa mual tersebut. Selain itu, air putih hangat juga kabarnya sanggup menghilangkan mual pada ibu hamil ketika masa awal-awal kehamilan.

7. Menjaga Kesehatan Rongga Mulut Dan Menghilangkan Bau Mulut


Air putih yang Anda konsumsi, secara tidak eksklusif akan membantu produksi air liur (saliva). Fungsi dari air liur tersebut ialah melancarkan proses pencernaan makanan dan menjaga kelembaban rongga mulut. Air liur juga sanggup bermanfaat sebagai pembersih alami mulut.

Oleh alasannya ialah itu, orang yang kekurangan air liur, punya risiko gigi berlubang cukup tinggi. Perilsaya meminum air putih dipercaya sanggup mencegah terjadinya amis lisan tak sedap alasannya ialah air putih akan membersihkan partikel makanan maupun basil penyebab amis mulut.

8. Meredakan Sakit Kepala, Mengurangi Rasa Lelah, Dan Meningkatkan Mood


Saat seseorang kekurangan cairan (dehidrasi), maka tubuh akan mengalami kelelahan dan sakit kepala. Akibatnya, mood pun akan berkurang sehingga tidak nyaman dalam beraktivitas. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda sanggup meminum air putih, kemudian biarkan tubuh Anda istirahat sejenak.

Dengan asupan air putih ang cukup, maka kehilangan cairan tubuh sanggup dihindari dan Anda pun akan kembali bersemangat dalam melsayakan pekerjaan atau kegiatan sehari-hari lainnya. Stamina, pernapasan, dan kinerja otot-otot tubuh akan kembali normal dikala cairan tubuh terpenuhi.

9. Melumasi Sendi Dan Mencegah Nyeri Sendi


Sendi merupakan penghubung antar tulang manusia. Dengan adanya sendi, maka tulang-tulang insan sanggup digerakkan. Sendi terdiri atas beberapa komponen, antara lain ligamen, kapsul sendi, cairan sinovial, dan tulang rawan hialin. Sendi membutuhkan cairan sebagai pelumas biar gampang digerakkan.

Jika tubuh kekurangan cairan, maka sendi-sendi dalam tubuh sanggup terasa nyeri. Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup, Anda sanggup mengatasi nyeri sendi tersebut alasannya ialah air putih akan membantu produksi cairan untuk melumasi sendi.

10. Meredakan Kram

Bagi Anda yang sering terkena kram otot, ada baiknya mencoba terapi meminum air hangat. Pasalnya, salah satu manfaat minum air putih hangat ialah meredakan kram pada otot. Suhu panas pada air hangat akan menunjukkan pengaruh menenangkan, merangsang sirkulasi, dan mengendurkan otot perut sehingga sanggup mengurangi kram menstruasi atau pun sakit kepala.

11. Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh


Tubuh insan sebagian besar tersusun oleh cairan sekitar 60 - 70 %. Cairan tubuh berperan penting dalam kelangsungan hidup sel-sel tubuh, dari mulai pencernaan, perembesan nutrisi, sirkulasi / pengangkutan zat-zat, pelarut, sampai menstabilkan suhu tubuh.

Agar cairan tubuh Anda tetap seimbang, maka disarankan meminum air putih sebanyak 8 gelas sehari (total kurang lebih 2 liter air) untuk mengganti cairan tubuh yang hilang melalui keringat atau pun urine.

12. Menjaga Tekanan Darah


Hampir 90 persen kandungan darah berupa air. Jika Anda kekurangan air (dehidrasi) maka darah secara otomatis akan mengental dan menciptakan alirannya tidak lancar. Akibatnya, tekanan darah pun akan semakin tinggi.

Nah, biar tekanan darah kembali normal, Anda perlu minum air putih dalam jumlah cukup berdasarkan kesehatan. Air putih akan menciptakan darah kembali cair sehingga anutan sirkulasinya menjadi lancar. Tekanan darah pun akan menurun.

13. Meningkatkan Kinerja Otak


Manfaat minum air putih lainnya yang sangat mengagumkan ialah meningkatkan kinerja / fungsi otak. Sebagian besar komponen otak insan berupa air, yaitu mencapai sekitar 73 persen. Jika otak mengalami kekurangan cairan, maka kinerjanya akan terganggu, hasilnya Anda akan susah konsentrasi dan sakit kepala.

Asupan air putih yang cukup akan menciptakan cairan dalam otak tetap terjaga sehingga kinerjanya akan optimal. Anda pun akan lebih fokus dan gampang berkonsentrasi. Tak hanya itu, dengan terpenuhinya cairan tubuh, maka sel-sel tubuh Anda sanggup menghasilkan energi dengan optimal.

14. Menyeimbangkan Suhu Tubuh


Menurut Environmental Protection Agency (EPA), air bukan hanya sanggup mengatur suhu bumi, melainkan juga sanggup mengatur suhu tubuh manusia. Misalnya dikala suhu tubuh tinggi, maka air akan membuang panas keluar tubuh dalam bentuk keringat sehingga suhu tubuh menjadi stabil / tetap normal.

Manfaat Minum Air Putih Untuk Diet

 Inilah ulasan lengkap perihal manfaat minum air putih untuk kesehatan 17 Manfaat Minum Air Putih Untuk Kesehatan, Diet, Dan Kecantikan Kulit Wajah Hingga Rambut
Gambar Ilustrasi Manfaat Minum Air Putih Untuk Diet Penurunan Berat Badan

15. Menurunkan Berat Badan


Air putih ternyata mempunyai manfaat untuk diet penurunan berat badan. Anda sanggup mencoba meminum air putih dikala perut kosong, contohnya ketika pagi hari sesudah bangkit tidur. Air putih akan meningkatkan metabolisme tubuh sampai 24 persen sehingga akan lebih banyak kalori yang terbakar.

Air putih termasuk minuman sehat yang cocok dipakai sebagai pengganti minuman berkalori tinggi. Dengan asupan air putih, racun-racun dalam tubuh sanggup keluar, pencernaan menjadi lancar, dan Anda akan merasa tidak terlalu lapar. Agar hasil optimal, Anda juga harus menjaga teladan makan dengan makanan bergizi dan olah raga teratur.

Manfaat Minum Air Putih Kecantikan Kulit Wajah Dan Rambut


16. Membuat Kulit Lebih Sehat, Awet Muda, Dan Bercahaya

 Inilah ulasan lengkap perihal manfaat minum air putih untuk kesehatan 17 Manfaat Minum Air Putih Untuk Kesehatan, Diet, Dan Kecantikan Kulit Wajah Hingga Rambut
Gambar Ilustrasi Manfaat Minum Air Putih Untuk Kecantikan Kulit Wajah
Selain mempunyai kegunaan untuk kesehatan dan diet menurunkan berat badan, air putih juga mempunyai manfaat bagi kecantikan kulit wajah. Jika Anda rajin meminum air putih dalam jumlah yang cukup, maka akan meningkatkan anutan darah menuju ke sel-sel kulit. Hal ini akan menciptakan kulit lebih sehat, terjaga kelembabannya, dan tampak bersinar.

17. Membuat Pertumbuhan Rambut Tetap Terjaga

 Inilah ulasan lengkap perihal manfaat minum air putih untuk kesehatan 17 Manfaat Minum Air Putih Untuk Kesehatan, Diet, Dan Kecantikan Kulit Wajah Hingga Rambut
Gambar Ilustrasi  Manfaat Minum Air Putih Untuk Menjaga Pertumbuhan Rambut
Air mempunyai peranan penting dalam pertumbuhan rambut alasannya ialah membentuk sekitar seperempat berat rambut. Jika tubuh kekurangan air, maka rambut akan ringkih dan tipis. Lain halnya apabila asupan air putih tercukupi, pertumbuhan rambut akan lebih sehat. Konsumsi air putih akan menunjukkan nutrisi kepada rambut sehingga kesehatan rambut tetap terjaga.

Demikianlah isu singkat perihal manfaat air putih untuk kesehatan, diet, dan kecantikan tubuh. Meskipun banyak khasiatnya, Anda tak perlu berlebihan meminum air putih alasannya ialah jikalau terlalu banyak justru akan berakibat jelek bagi kesehatan. Konsumsilah sesuai standar normal, kemudian imbangi dengan makanan bergizi dan olah raga secara teratur. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.
Komentar

Tampilkan

Terkini

Peristiwa

+