Tips Mencegah Celah Meltdown Serta Spectre Di Semua Perangkat

Ridhmedia
11/01/18, 07:17 WIB

 dunia teknologi dihebohkan dengan kabar celah keamanan yang cukup fatal yang mendera hamp Tips Mencegah Celah Meltdown serta Spectre di Semua Perangkat

Memasuki awal 2018, dunia teknologi dihebohkan dengan kabar celah keamanan yang cukup fatal yang mendera hampir semua processor, mulai dari Intel, AMD, hingga ARM.

Celah keamanan tersebut kemudian disebut sebagai Meltdown serta Spectre, yang dapat mencuri semua informasi penting yang disimpan di memori oleh aplikasi yang tengah berjalan.

Tentu, dengan memanfaatkan dua celah keamanan ini, membuat pihak tertentu dapat mencuri password dari browser serta password manager, email, dokumen penting, bahkan foto serta juga obrolan chat.

Baik Meltdown serta Spectre, kedua celah keamanan ini mengancam hampir semua jenis perangkat mulai dari PC, smartphone, hingga tablet. Itu artinya, semua sistem operasi mulai dari Windows, MacOS, Linux, Android, bahkan iOS, semua ikut terdampak.

Walaupun kedua celah keamanan ini tergolong berbahaya, tetapi anda masih bisa mencegah serta melindungi perangkat milikmu. Berikut tips mencegah celah Meltdown serta Spectre di semua perangkat:

Untuk Windows, Microsoft mengumumkan telah merilis update security (KB4056892) buat Windows 10 serta bakal terinstall otomatis jika anda melakukan update OS tersebut. Sedangkan bagi pengguna Windows 7 serta Windows 8 harap sedikit menunggu update yang kabarnya bakal lekas dirilis tak lama lagi.

Untuk MacOS, update security telah diberikan lewat pembaruan MacOS High Sierra versi 10.13.2 yang telah dirilis pada 6 Desember 2017 lalu. Begitupun juga buat perangkat iPhone serta iPad, update security telah diberikan lewat update iOS 11.2 yang telah lama dirilis pada 2 Desember 2017 lalu.

Untuk Linux, update security juga telah diberikan. Pembaruan ini bernama (KPTI / KAISER) buat mengatasi celah keamanan Meltdown serta Spectre.

Sedangkan buat Android, Google juga telah memberikan update security terbaru pada 5 Januari kemarin. Namun, update security tersebut baru digulirkan buat perangkat Android buatan Google, ialah seri Nexus serta Pixel.

Sementara bagi pengguna perangkat Android lainnya, sepertinya perlu sedikit menunggu hingga update security terbaru digulirkan oleh masing-masing vendor.

Itulah cara mencegah celah keamanan Meltdown serta Spectre. Jadi intinya, anda perlu lekas lakukan update sistem operasi pada perangkatmu jika telah menerima notifikasi pembaruan.
Komentar

Tampilkan

Terkini

Peristiwa

+