Inilah 7 Penyebab Payudara Terasa Sakit Selain Kanker

Ridhmedia
13/07/18, 09:26 WIB

Payudara yang terasa sakit enggak cuma membuat enggak nyaman, tetapi juga bisa membuat banyak wanita ketakutan. Namun jangan terburu-buru khawatir saat payudara Kalian terasa sakit, Ladies. Jangan langsung takut kalau payudara yang terasa sakit disebabkan oleh kanker.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan payudara terasa sakit serta enggak nyaman. Beberapa di antaranya yakni hal sepele yang enggak perlu dikhawatirkan. Berikut yakni beberapa penyebab payudara terasa sakit, seperti dilansir dari Merdeka.com.

1. PMS

PMS atau pre-menstrual syndrome yakni sindrom yang sering terjadi saat wanita bakal mengalami menstruasi. Para wanita pastinya Telah sangat mengerti dengan apa saja yang bisa mereka rasakan saat bakal menjelang menstruasi. Mulai dari emosi yang gampang naik turun, nafsu makan yang meningkat, serta payudara yang terasa lebih sensitif dari biasanya.

Selain itu, payudara yang sakit juga bisa muncul akibat PMS. Ini sebab adanya perubahan hormon yang bersamaan dengan menstruasi. Perubahan pada hormon estrogen biasanya bakal menyebabkan payudara menjadi lebih gampang terasa sakit. Rasa sakit semacam ini disebut rasa sakit siklus yang berkaitan dengan menstruasi. Jangan khawatir jika ini penyebab payudara terasa sakit.

2. Berolahraga berlebihan

Olahraga yang berlebihan, seperti terlalu banyak melakukan sit up, push up, atau angkat beban bisa menyebabkan rasa sakit pada payudara. Meski tampak kalau payudara yang terasa sakit, tetapi sebenarnya rasa sakit ini enggak berasal dari payudara.

Rasa sakit akibat terlalu banyak olahraga berasal dari otot yang ada di bawah jaringan payudara. Ketika terlalu banyak berolahraga, otot ini bakal menegang sehingga menyebabkan rasa sakit pada payudara.

3. Mengangkat barang berat

Anda bisa menjadi enggak olahraga berlebihan, tetapi baru saja mengangkat benda-benda berat seperti perabotan rumah tangga atau bawang lainnya. Ini juga bisa memicu rasa sakit pada payudara. Sama seperti saat melakukan olahraga berlebihan, mengangkat barang berat juga bisa mempengaruhi otot di bawah payudara.

Mengangkat barang berat juga bisa membuat jaringan serta otot yang ada di bawah payudara menjadi cedera atau menegang. kalau ini yang terjadi, Kalian enggak perlu khawatir, sebab sebenarnya rasa sakit itu berasal bukan dari payudara melainkan dari otot lain di bawah payudara

4. Menggunakan bra yang salah

Banyak wanita yang secara enggak sadar menggunakan bra yang kurang tepat dengan bantuk atau ukuran payudara mereka. Kadang wanita menggunakan bra yang terlalu kecil, terlalu besar, atau menggunakan bra yang membuat payudara mereka ‘tersiksa’. Menggunakan bra yang salah bisa memberikan dampak yang besar pada kesehatan payudara Anda.

Jika bra terlalu kecil serta ketat, kawat yang ada di dalamnya kemungkinan bakal menekan payudara serta membuatnya terasa sakit. Ini yang menyebabkan payudara terasa sakit, saat Kalian menggunakan bra yang salah terlalu lama. Begitu juga jika Kalian menggunakan bra yang terlalu longgar serta enggak bisa memberikan ‘dukungan’ yang tepat buat payudara. Ini bakal membuat payudara bergerak bebas serta menimbulkan rasa sakit.

5. Tak menggunakan bra olahraga

Ketika melakukan olahraga, perlengkapan termasuk pakaian yang tepat juga perlu diperhatikan. Berolahraga menggunakan bra olahraga yang tepat bakal membantu mencegah rasa sakit pada payudara. Ketika Kalian melakukan olahraga, ada banyak otot serta gerakan yang perlu diwaspadai.

Jika payudara bergerak terlalu aktif serta banyak otot yang cedera sebab kurangnya dukungan dari pakaian yang enggak tepat, kemungkinan payudara Kalian bakal terasa sakit setelahnya. Jadi, pastikan buat berolahraga dengan menggunakan pakaian yang tepat, terutama bra olahraga yang bisa menunjang payudara Kalian dengan baik saat berolahraga.

6. Jaringan payudara tertentu

Ada jenis wanita yang memang mempunyai payudara yang mempunyai benjolan. Secara teknis, ini disebut sebagai jaringan payudara fibrocystic. Perempuan yang mempunyai jenis jaringan payudara ini bakal merasakan sakit pada payudara mereka saat menstruasi.

Menurut National Breast Cancer Foundation, jaringan payudara yang membentuk benjolan ini disebut dengan kista yang terisi cairan. Ini enggak selalu berkaitan dengan kanker payudara, tetapi ini bisa menyebabkan rasa sakit serta lebih sensitif pada payudara saat terjadi perubahan hormon.

7. Minum terlalu banyak kopi serta teh

Meski kopi serta teh enggak menyebabkan sakit pada payudara, tetapi sebuah penelitian mengungkap kalau terlalu banyak minum kopi serta teh bisa mempengaruhi rasa enggak nyaman pada payudara, terutama wanita yang mempunyai jaringan payudara fibrocystic. kalau Kalian mempunyai kebiasaan mengonsumsi terlalu banyak kopi serta payudara terasa sakit, kemungkinan itulah penyebabnya.

Secara umum, sakit yang sementara pada payudara serta sensitivitas yang meningkat enggak perlu selalu membuat Kalian ketakutan. kalau rasa sakit ini cuma terjadi selama beberapa hari, maka kemungkinan penyebabnya yakni salah satu hal di atas.

Namun jika dengan adanya rasa sakit, payudara juga mengalami perubahan dalam segi fisik serta terasa mencurigakan, sebaiknya secepatnya periksakan diri ke dokter.
Komentar

Tampilkan

Terkini