Uji Ketahanan Baterai Smartphone Flagship Keluaran Tahun 2017 Serta 2018, Mana Yang Lebih Irit?

Ridhmedia
06/11/18, 08:14 WIB

 telah menguji coba daya tahan baterai dari beberapa  Uji Ketahanan Baterai Smartphone Flagship Keluaran Tahun 2017 serta 2018, Mana yang Lebih Irit?

Seorang jurnalis dari The Washington Post, Geoffrey A. Fowler, telah menguji coba daya tahan baterai dari beberapa smartphone flagship Android serta iOS keluaran tahun 2017 serta 2018.

Total ada 13 smartphone flagship yang diuji oleh Fowler. Saat pengujian, Fowler menggunakan pengukur tingkat kecerahan buat mengatur kecerahan layar pada tiap perangkat agar berada pada tingkat kecerahan yang sama.

tidak hanya itu, semua perangkat juga digunakan secara terus menerus buat berselancar di internet agar dapat mengetahui seberapa lama daya baterai perangkat bakal terkuras dari 100 hingga 0 persen.

Dan hasil pengujian tersebut dapat dilihat pada diagram laporan yang dipublikasikan oleh Fowler dibawah ini. (smartphone keluaran tahun 2017 ditandai dengan warna abu-abu serta smartphone keluaran tahun 2018 berwarna biru):

 telah menguji coba daya tahan baterai dari beberapa  Uji Ketahanan Baterai Smartphone Flagship Keluaran Tahun 2017 serta 2018, Mana yang Lebih Irit?

Dari diagram tersebut, dapat kita lihat apabila beberapa smartphone flagship keluaran terbaru (tahun 2018) mempunyai daya tahan baterai yang belum tentu lebih irit dibandingkan dengan smartphone flagship keluaran tahun 2017.

Ini dapat dilihat jika smartphone Android, Pixel 2 serta Pixel 2 XL serta smartphone iOS, iPhone X serta iPhone 8 dimana semua perangkat tersebut keluaran tahun 2017 silam, ternyata mempunyai daya tahan baterai lebih baik dibandingkan dengan Samsung Galaxy S9 serta S9+, Pixel 3, maupun iPhone XS yang semuanya keluaran tahun 2018.

Sementara di posisi lima besar teratas ditempati oleh iPhone XR, Samsung Galaxy Note 9, iPhone 8 Plus, Pixel 3 XL, serta iPhone XS Max.


Dalam pengujian tersebut, Fowler juga menyimpulkan jika smartphone dengan layar yang lebar mempunyai daya tahan baterai lebih irit. Persoalan tersebut cukup masuk akal, karena smartphone dengan layar lebar tentunya mempunyai dimensi yang lebih besar, sehingga memungkinkan adanya ruang yang cukup buat menampung baterai dengan kapasitas yang lebih besar.

tidak hanya itu, Fowler juga menyatakan jika smartphone yang menggunakan layar dengan panel OLED serta beresolusi tinggi juga bakal membuat daya baterai bakal lebih boros.

Jadi, jika smartphone milikmu menggunakan layar OLED, sebaiknya kurangi tingkat kecerahan layar smartphonemu buat menghemat daya tahan baterai.

Sumber: The Washington Post
Komentar

Tampilkan

Terkini

Peristiwa

+