Cara Menggunakan Private Dns Di Android 9 Pie

Ridhmedia
23/05/19, 09:41 WIB

Cara Menggunakan Private DNS di Android  Cara Menggunakan Private DNS di Android 9 Pie

tidak cuma menggunakan VPN (Virtual Private Network), kita juga bisa menggunakan layanan DNS (Domain Name System) buat dapat mengakses mermacam situs yang diblokir di beberapa negara tertentu.

Nah di versi Android 9 Pie, Google telah menghadirkan mermacam fitur keamanan buat meningkatkan privasi penggunanya, salah satunya ialah fitur Private DNS.

Seperti namanya, Private DNS ini memungkinkan pengguna dapat menggunakan custom DNS di Android sehingga ketika pengguna mengakses internet, penyedia layanan tak bisa "mengintip" DNS pengguna sebab Telah terenkripsi. Jadi ketika Private DNS aktif, maka pengguna dapat mengakses mermacam situs yang diblokir oleh operator jaringan.

Android 9 Pie cuma mendukung DNS over TLS, serta buat menggunakan Private DNS di Android 9 Pie ini, kita bakal menggunakan layanan DNS resolver milik Cloudflare, yakni 1.1.1.1 yang diklaim sebagai DNS tercepat serta teraman di dunia.

Dan berikut ini cara menggunakan Private DNS di Android 9.0 Pie:
  1. Pertama, silakan buka Setelan.
  2. Lalu buka menu Koneksi atau Jaringan & Internet.
  3. Lalu pilih DNS Pribadi.
  4. Kemudian pilih Hostname penyedia DNS Pribadi, lalu masukkan konfigurasi Hostname 1dot1dot1dot1.cloudflare-dns.com seperti gambar di bawah ini. apabila sudah, tap tombol Simpan.

Untuk memastikan apakah Private DNS tersebut Telah aktif, silakan kunjungi situs 1.1.1.1/help atau 1.0.0.1/help. Kemudian, lihat informasi debug pada menu "Using DNS over TLS (DoT)", jika statusnya "Yes", berarti Private DNS di smartphone Android Anda Telah aktif.

Cara Menggunakan Private DNS di Android  Cara Menggunakan Private DNS di Android 9 Pie

O,iya, dengan menggunakan Private DNS ini, maka Anda juga tetap dapat menggunakan beberapa layanan instant messaging serta jejaring sosial yang down dengan lancar, seperti WhatsApp, Facebook, serta Instagram yang sempat down di Indonesia kemarin.
Komentar

Tampilkan

Terkini