Inilah Bermacam Fitur Terbaru Di Android Q

Ridhmedia
11/05/19, 08:58 WIB

 Android Q resmi diperkenalkan oleh Google di ajang Google I Inilah Berbagai Fitur Terbaru di Android Q

Android Q resmi diperkenalkan oleh Google di ajang Google I/O 2019 yang digelar di Shoreline Amphitheatre, Mountain View, California, Amerika Serikat, Selasa (7/5/2019).

Namun perlu diketahui, buat sekarang Android Q masih pada langkah Beta 3 serta Google pun juga telah mengumumkan ada 21 perangkat dari 13 vendor yang pertama dapat mencoba versi Beta dari Android Q ini sebelum akhirnya versi final dirilis buat publik.


Seperti biasanya, pada Android Q ini nantinya juga bakal membawa mermacam fitur terbaru. Director of Product Management Android, Stephanie Cuthbertson, menyatakan jika Google mengusung tiga fokus utama di Android Q ini, ialah innovation, security & privacy, serta Digital Wellbeing.

Dan berikut ini mermacam fitur terbaru yang hadir di Android Q:

#1. Dark Theme

 Android Q resmi diperkenalkan oleh Google di ajang Google I Inilah Berbagai Fitur Terbaru di Android Q

Dark Theme atau tema gelap memang salah satu fitur yang paling dinantikan oleh pengguna Android. Dan kini akhirnya fitur tema gelap bakal menjadi fitur bawaan di Android lewat Android Q.

Fitur Dark Theme bakal membantu mata pengguna agar lebih nyaman saat menatap layar di kondisi gelap serta juga dapat menghemat daya baterai, terutama pada smartphone yang menggunakan panel layar AMOLED.

Google juga berkata Jika pengguna dapat mengatur Dark Theme di Android Q buat otomatis menyala saat senja serta juga hidup saat mode hemat baterai diaktifkan.

#2. Focus Mode

 Android Q resmi diperkenalkan oleh Google di ajang Google I Inilah Berbagai Fitur Terbaru di Android Q

Focus Mode bakal memungkinkan pengguna buat memilih aplikasi mana yang perlu aktif, sementara aplikasi lainnya bakal dinonaktifkan, begitupun juga mermacam notifikasi yang mengganggu bakal diblokir hingga pengguna mengaktifkannya kembali.

Dengan begitu, pengguna bisa lebih fokus dengan hal yang saat itu dilakukan.

Nantinya, fitur Focus Mode bakal diintegrasikan pada layanan Digital Wellbeing pada Android Q.

#3. Live Caption

Android Q nantinya juga bakal dilengkapi dengan kemampuan machine learning yang lebih baik. Ini dapat dilihat lewat integrasi pada fitur baru bernama Live Caption.

Fitur Live Caption ini memungkinkan audio yang berasal dari video dapat langsung diterjemahkan ke bentuk teks serta bakal ditampilkan menjadi subtitle video.

Menariknya, fitur Live Caption ini bisa digunakan tanpa perlu terhubung dengan internet. Fitur Live Caption juga ditujukan kepada para tunarungu agar dapat memahami pesan yang disampaikan dalam video yang mereka tonton.


#4. Smart Reply

 Android Q resmi diperkenalkan oleh Google di ajang Google I Inilah Berbagai Fitur Terbaru di Android Q

Android Q juga bakal dilengkapi dengan fitur Smart Reply. Fitur ini bakal memberikan saran kata apa yang dapat digunakan oleh pengguna buat membalas pesan berdasarkan konteks pesan yang diterima.

tidak hanya itu, Smart Reply juga dapat memberikan saran buat membuka aplikasi tertentu. Misalnya, pengguna dapat langsung membuka Google Maps jika menerima pesan yang berisikan alamat suatu tempat.

#5. Family Link

Android Q juga bakal dilengkapi dengan fitur Family Link (Parental Control) yang bakal membuat para orang tua mempunyai kontrol lebih besar terhadap smartphone anak-anak mereka.

Fitur Family Link memungkinkan para orang tua nantinya dapat meninjau aplikasi, memantau penggunaan aplikasi serta menetapkan batas waktu penggunaan buat aplikasi tertentu.

#6. Dukungan buat Perangkat Layar Lipat

Android Q telah dirancang agar mendukung perangkat dengan layar lipat serta sekaligus menjadi sistem operasi pertama yang mendukung inovasi perangkat seluler tersebut.


#7. Dukungan Konektivitas 5G

Android Q bakal mendukung konektivitas 5G yang adalah jaringan seluler generasi kelima yang menawarkan kecepatan internet tinggi dengan rendahnya latensi.

Konektivitas 5G dikonfirmasi bakal terus berkembang serta kedepannya semua perangkat Android bakal mendukung penuh jaringan 5G.

#8. Keamanan

Sektor keamanan juga lebih ditingkatkan oleh Google di Android Q. Google menjanjikan pembaruan keamanan Android Q bakal digulirkan lebih cepat.

Disebut dengan Project Mainline, Nantinya pengguna dapat memperbarui beberapa bagian penting dari sistem operasi di latar balik dengan cara yang mirip seperti mereka memperbarui aplikasi serta tanpa perlu merestart perangkat setelah melakukan pembaruan.

Pengguna pun bisa mengupdate beberapa bagian terpenting dari sistem operasi Android Q di Google Play Store.

Nah, itulah mermacam fitur terbaru yang hadir di Android Q. Jadi, fitur apa yang sangat menarik menurutmu?

Sumber: Google
Komentar

Tampilkan

Terkini