10 Makanan yang Dapat Menurunkan Kolesterol

Ridhmedia
22/08/19, 09:10 WIB
 Makanan yang Dapat Menurunkan Kolesterol 10 Makanan yang Dapat Menurunkan Kolesterol

RIDHMEDIA - Makanan yang berbeda menurunkan kolesterol dengan berbagai cara.

Beberapa memberikan serat larut, yang mengikat kolesterol dan prekursornya dalam sistem pencernaan dan menyeretnya keluar dari tubuh sebelum mereka masuk ke sirkulasi.

Beberapa memberi Anda lemak tak jenuh ganda, yang langsung menurunkan LDL.

Dan beberapa mengandung sterol dan stanol, yang menghalangi tubuh menyerap kolesterol.

Berikut ini 10 makanan yang dapat menurunkan kolesterol:

1. Oat. 

Langkah pertama yang mudah untuk menurunkan kolesterol Anda adalah makan semangkuk sereal gandum atau sereal berbasis gandum seperti Cheerios untuk sarapan.

Oat memberi Anda 1 hingga 2 gram serat larut.

Tambahkan pisang atau stroberi untuk setengah gram lagi.

Pedoman nutrisi saat ini merekomendasikan mendapatkan 20 hingga 35 gram serat sehari, dengan setidaknya 5 hingga 10 gram berasal dari serat larut.

2. Jelai dan gandum utuh lainnya. 

Seperti gandum dan bekatul gandum, gandum dan biji-bijian lainnya dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, terutama melalui serat larut yang mereka berikan.

3. Kacang. 

Kacang sangat kaya serat larut.

Mereka juga membutuhkan waktu untuk tubuh untuk mencerna, yang berarti Anda merasa kenyang lebih lama setelah makan. Itulah salah satu alasan mengapa kacang adalah makanan yang bermanfaat bagi orang yang mencoba menurunkan berat badan.

Dengan begitu banyak pilihan - mulai dari navy dan kacang merah hingga lentil, garbanzo, kacang hitam, dan seterusnya - dan begitu banyak cara untuk menyiapkannya, kacang adalah makanan yang sangat serbaguna.

4. Terong dan okra. 

Kedua sayuran rendah kalori ini adalah sumber serat larut yang baik.

5. Kacang. 

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa makan almond, kenari, kacang tanah, dan kacang-kacangan lainnya baik untuk jantung.

Makan 2 ons kacang sehari bisa sedikit menurunkan LDL, sekitar 5%. Kacang memiliki nutrisi tambahan yang melindungi jantung dengan cara lain.

6. Minyak nabati. 

Menggunakan minyak nabati cair seperti kanola, bunga matahari, safflower, dan lainnya sebagai pengganti mentega, lemak babi, atau mentega saat memasak atau di meja membantu menurunkan LDL.

7. Apel, anggur, stroberi, buah jeruk. 

Buah-buahan ini kaya akan pektin, sejenis serat larut yang menurunkan LDL.

8. Makanan yang diperkaya dengan sterol dan stanol. 

Sterol dan stanol diekstraksi dari tanaman, meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kolesterol dari makanan.

Perusahaan menambahkannya ke makanan mulai dari margarin dan granola bar hingga jus jeruk dan cokelat.

Sterol dan stanol juga tersedia sebagai suplemen.

Mendapatkan 2 gram sterol atau stanol per hari dapat menurunkan kolesterol LDL sekitar 10%.

9. Kedelai.

Makan kedelai dan makanan yang terbuat dari mereka, seperti tahu dan susu kedelai, pernah disebut-sebut sebagai cara ampuh untuk menurunkan kolesterol.

Analisis menunjukkan bahwa efeknya yang lebih sederhana - mengonsumsi 25 gram protein kedelai sehari (10 ons tahu atau 2 ½ cangkir susu kedelai) dapat menurunkan LDL sebesar 5% hingga 6%.

10. Ikan berlemak. 

Makan ikan dua atau tiga kali seminggu dapat menurunkan LDL dengan dua cara: dengan mengganti daging, yang memiliki lemak jenuh penambah LDL, dan dengan memberikan lemak omega-3 penurun LDL.

Omega-3 mengurangi trigliserida dalam aliran darah dan juga melindungi jantung dengan membantu mencegah timbulnya irama jantung abnormal.


Sumber: www.health.harvard.edu
Komentar

Tampilkan

Terkini

Peristiwa

+