Sering Dianggap Sepele, Posisi duduk ′W′ Ternyata Bisa Berdampak Buruk Bagi Anak-anak

Ridhmedia
30/08/19, 18:36 WIB
 Ternyata Bisa Berdampak Buruk Bagi Anak Sering Dianggap Sepele, Posisi duduk 'W' Ternyata Bisa Berdampak Buruk Bagi Anak-anak

RIDHMEDIA - Posisi duduk W sepintas terlihat biasa saja.

Sambil duduk, posisi ini terlihat alami dan mungkin nyaman untuk anak.

Namun, duduk dalam posisi ini untuk anak-anak di usia tiga tahun sebenarnya dapat membahayakan mereka.

Anda dapat melihat posisi duduk W ketika Anda melihat seorang anak duduk di tanah dengan paha terbuka dan kaki ditekuk di belakang bokong.

Pada saat ini, postur kaki anak akan terlihat seperti huruf w dari depan.

Menurut fisioterapis anak Cathy Molloy, postur duduk ini mungkin memiliki beberapa efek berbahaya pada anak di masa depan yang meliputi:


  • Perkembangan sendi pinggul yang buruk
  • Pola berjalan kaki
  • Mudah bongkok
  • Mempengaruhi otot inti menyebabkan kondisi tubuh yang buruk
  • Otot-otot tarik di bagian belakang paha

Menyebabkan otot pinggul dan paha kencang, posisi duduk W dapat menyebabkan ketidaknyamanan pinggul dan dislokasi pinggul pada anak-anak, dengan displasia atau ketidakstabilan pinggul bawaan.

Jika seorang anak mempertahankan posisi duduk ini, itu dapat meningkatkan sudut tulang paha dan tulang betis dan mereka mungkin mengembangkan gaya berjalan di kaki yang dapat mempengaruhi keseimbangan tubuh.

Wakil presiden dan terapis fungsional Klinik Kesehatan dan Rehabilitasi Zhang Xuyu mengingatkan kita untuk tidak terlalu bingung ketika kita melihat anak-anak kita duduk dengan posisi W karena itu merupakan bagian dari proses perkembangan normal mereka.

Namun, orang tua harus khawatir jika mereka mempertahankan posisi duduk ini untuk jangka waktu yang lama.

Untuk mencegah konsekuensi negatif dari postur duduk W ini, kita dapat mengambil metode berikut ini untuk membantu anak-anak mempertahankan postur duduk yang aman.


  • Kaki bersilang, duduk di tempat, atau kaki lurus — sehingga ketika anak duduk, kaki dan kaki diletakkan di depan tubuh.
  • Gunakan bangku kecil untuk memberi dukungan pada kaki anak.
  • Lakukan lebih banyak kegiatan di luar ruangan untuk mencegah anak-anak terbiasa duduk lama.

Masa keemasan untuk memperbaiki postur duduk anak dan membuatnya beradaptasi dengan postur duduk lainnya adalah sebelum usia enam tahun.

Anda dapat mencoba rekomendasi ini dari Pusat Terapi dan Kesehatan Anak Chicago:

1. Orang tua dapat memanfaatkan manajemen kemajuan korektif dengan baik — cukup hanya 10% pada awalnya, kemudian secara bertahap beralih ke 25% dan akhirnya memperbaiki 100% postur duduk anak.

2. Bangun mekanisme bagi anak untuk secara aktif menyesuaikan postur duduk — cobalah untuk memahami waktu anak Anda akan menggunakan postur W dan sesuaikan dengan cepat. Misalnya, panggil nama anak itu dan minta dia duduk di posisi yang berbeda segera. Ketika mereka terbiasa dengan pesan itu, mereka akan dengan senang hati mengubah posisi duduk di masa depan.

Dokter di Rumah Sakit Umum Cathay Cai Kaizhou mengatakan bahwa ketika seorang anak mengalami displasia pinggul, perawatan dini dapat memperbaiki masalah, tetapi kondisinya akan lebih serius jika waktunya terlambat.


Sumber: Good Times
Komentar

Tampilkan

Terkini