[PC] Depresi terlihat seperti ini

Ridhmedia
16/10/19, 12:26 WIB
Orang-orang ini mengakhiri hidup mereka karena depresi.
Dari luar, kita ga akan pernah tau kalau mereka depresi.
Jadilah kacamata bagi orang-orang di sekitarmu. 
Ga ada orang yang hidup tanpa rasa sakit, orang yang terlihat paling bahagia dari luar bisa jadi paling menderita dari dalam. 

post response:
[+247][-2]
pann

1. [+101, -1]
Anak perempuanku terlihat ceria dan positif. Sejak dia kecil, dia selalu bersemangat dan terlihat seakan dia bernafas dalam udara kebahagiaan. Itu yang selalu dikatakan oleh teman-temannya. Tiap kali dia berbicara, dia akan selalu mengatakannya dengan senyuman dan kebahagiaannya menyentuh hati orang-orang. Hubungan kami sebagai Ibu dan anak juga sangat dekat, tapi setelah dia kuliah, entah mengapa dia tiba-tiba berhenti menghubungiku. Awalnya aku berpikir, "Gapapa, dia cuma sedang menikmati masa-masa kuliahnya." dan aku ga pernah khawatir lebih dari itu. Tapi suatu hari dia bertanya kepadaku, "Ma, aku ga tau kenapa aku sedih banget." dan mulai menangis. Aku masih merinding tiap kali aku mengingat perasaanku yang seperti melompat jatuh saat itu. Pada saat itu aku langsung mengatur pertemuan dengan seorang psikolog yang cukup ternama dan kami mulai terapi. Dia menelpon sang psikolog dan mendiskusikan gejalanya (ini atas saranku. Aku yang membayar semua tagihannya) dia menerima terapi psikologis selama setahun. Faktor lingkungan bisa memunculkan depresi, tapi jika zat kimia di dalam otakmu tidak seimbang, kamu bisa juga terkena depresi. Biasanya orang akan mulai menunjukkan gejala-gejala awal diusia 20an. Tentu saja pengobatan dan olahraga fisik bisa membantu, tapi melebihi apapun, orang tersebut harus secara sadar ingin sembuh untuk membangun kembali kehidupan sosialnya. Bahkan sampai sekarang pun, dari waktu ke waktu putriku masih merasakan suasana hati yang terus berubah. Ayahnya juga mendukung pengobatannya jadi dia lebih tenang sekarang. Aku berusaha keras untuk tidak terlalu mencampuri kehidupan putiku, tapi seringkali aku merasa bersalah karena aku tidak lagi sering-sering menghubunginya. Kalau seseorang yang menderita depresi punya orang-orang yang mendukungnya, mereka bisa mengangkatnya dari penderitaannya. Kalau kau curiga bahwa orang di sekitarmu mengalami depresi, hal yang paling benar yang bisa kau lakukan bagi mereka adalah menyarankan mereka untuk terapi dan perawatan. 

2. [+95, -2]
Tiap kali depresi gw makin parah, gw dalam hati berdoa ada orang yang tau. Gw selalu mati-matian berdoa ada orang yang bisa nyeret gw keluar dari lubang hitam ini. Gw selalu mikir, "seandainya gw keluar, betapa cerahnya itu" gw juga pengen nerima penghiburan dan gw selalu menanti-nanti itu, tapi secara ga sadar gw selalu ngubur perasaan itu dalam-dalam. Itu makanya kenapa temen-temen dan keluarga gw ga ada yang tau. Orang taunya gw punya pola pikir yang sehat jadi tiap kali gw curhat, mereka selalu mikir kalo gw cengeng, jadi akhirnya gw ga pernah ngomong apa-apa lagi. 

3. [+41, -0]
Pas depresi gw parah banget, gw cuma pergi kerja dan nahan itu semua dan kerja kayak orang gila. Pas gw nyampe rumah, gw akan beli banyak banget soju sambil meremas dada dan nangis... Gw selalu berpikir kalau gw mati, apa orang yang menderita gara-gara gw akan lebih menderita? Gw bener-bener ga tau apa jadinya gw seandainya pada saat itu depresi gw lebih parah dari itu... Lo beneran ga bisa mengira kalau lo cuma ngeliat luarnya aja... Lo harus perhatiin bener-bener sama kata-kata yang lo omongin....

4. [+22, -0]
Gw takut orang-orang di sekitar gw bakal ninggalin gw kalau mereka tau kalau gw depresi, jadi gw selalu berpura-pura ceria wkwk. Gw pernah denger ada orang yang ngomong kalau orang yang depresi itu cuma cari perhatian jadi gw selalu mikir kalau menderita depresi itu kayak beban bagi orang lain jadi gw selalu hati-hati (biar ga ketauan).. 

5. [+12, -0]
Gw jadi mikirin ini sepanjang gw baca komentar-komentar teratas. Tiap kali temen gw kesusahan, gw bakalan ngedengerin mereka dan kami akan saling mengkhawatirkan satu sama lain. Tapi tiap kali gw kesusahan dan ngerasa tersiksa, dia akan ngedengerin gw tapi kayak ga merhatiin seolah-olah dia tuh sebenernya ga denger apa yang gw omongin. Jadi mulai saat itu gw ga lagi ngasih tau apapun ke dia dan menahan semuanya sendiri. 


-----
Komentar internasional disqus:

1. (+89, 0)
Gw sering banget nangis sendirian di kamar karena gw pikir ga akan ada orang yang peduli. Gw nangis tanpa alasan dan gw paham banget sama komen nomer 1, gw tiba-tiba ngerasa sedih. Kadang gw ngerasa kehilangan diri sendiri dan duduk dengan pikiran yang kosong, perasaan 'sedih' itu selalu ngikutin gw kemanapun gw pergi, kapanpun perasaan itu mau muncul, ga peduli apakah gw lagi sendiri atau lagi sama orang lain. Yang paling ngenes adalah, orang-orang terdekat taunya gw orang yang 'lucu' dan 'banyak omong' tapi pas gw lagi sendirian.... Apa ini pertanda depresi? Atau apa? Karena gw bener-bener ga tau KENAPA gw selalu ngerasa sedih 😭. Satu-satunya 'obat' yang gw punya adalah anjing kesayangan gw. Tiap kali gw nangis, dia selalu lompat-lompatan kayak dia mau menghibur gw dan dia ngelakuin itu hampir setiap hari karena gw nangis tiap hari saat ga ada orang di rumah. 
           - (+21, 0) Ada banyak penyebab mood lo bisa berubah-ubah dan kenapa lo selalu sedih. Bisa jadi stress, kelelahan emosional, dan semacamnya. Satu hal yang pasti - lo harus omongin ini. Kalo tulang kita patah kita langsung ke dokter dan ga nunggu-nunggu. Jadi pas jiwa dan pikiran kita sakit, harusnya kita juga harus cari bantuan profesional. Coba cari orang yang lo percaya dan andalkan, minta mereka buat nemenin lo di langkah-langkah awal lo. Cari psikolog dan jangan kunci diri lo. Satu lagi: nangis itu bagus kok. Itu tanda dari badan lo yang ngasih tau ke lo kalo dia udah nyampe batasnya. Nangis juga ngebantu lo ngeluarin semuanya yang udah lo tahan-tahan. Semangat! Ada banyak jalan, jangan menyerah! 

2. (+37, 0)
"5. [+12, -0] Gw jadi mikirin ini sepanjang gw baca komentar-komentar teratas. Tiap kali temen gw kesusahan, gw bakalan ngedengerin mereka dan kami akan saling mengkhawatirkan satu sama lain. Tapi tiap kali gw kesusahan dan ngerasa tersiksa, dia akan ngedengerin gw tapi kayak ga merhatiin seolah-olah dia tuh sebenernya ga denger apa yang gw omongin. Jadi mulai saat itu gw ga lagi ngasih tau apapun ke dia dan menahan semuanya sendiri."
Gw inget ngerasain hal yang sama. Gw coba ngerti kalau temen gw lagi punya masalahnya sendiri dan punya cukup keadaan negatif sendiri. Jadi kalo gw ngasih dia lebih banyak hal negatif bakal ngaruh ke dia dalam satu dan lain hal. Jadi gw tahan semuanya sendirian dan seringkali menjauh dari orang lain. Gw rasa banyak orang bisa memahami hal ini. Jadi tolong, kalau ada orang yang ngedeketin lo dan mau curhat sama lo, taro dulu hp lo dan dengerin mereka baik-baik, karena lo ga akan punya kesempatan itu lain kali. Atau lo deketin mereka duluan. Seringkali basa-basi kayak "lo gapapa?" itu ngaruh banget. Gw harap semua orang punya hari yang luar biasa
       
        - (+4, 0) Emang mendingan putus hubungan sih sama temen kayak gini. Gw biasanya ga pernah curhat tapi gw punya temen macem ini, gw dengerin semua curhatan dia sampe hal sekecil-kecilnya sampe berjam-jam tapi pas gw ngomong dia kalo ga ngeremehin rasa sakit gw, ya dia ga ngedengerin karena dia ga sabar dan cuma mau ngomong tentang apa yang dia mau... Gw mau putus hubungan jarena dia cuma ngegunain gw tapi gw juga ga bisa karena gw ngerasa dia cuma pengen ada orang yang bisa dia ajak ngomong. 


Sumber: (1)
Komentar

Tampilkan

Terkini

Peristiwa

+