Awas!, Ini Akibat Bila Kurang Tidur

Ridhmedia
25/11/19, 08:25 WIB
Kurang tidur dapat menimbulkan banyak gangguan kesehatan pada tubuh Kamu.

Tidur adalah aktivitas yang penting bagi tubuh. Karena saat tidur akan terjadi perbaikan sel-sel tubuh yang rusak karena seharian beraktivitas. Untuk itu sangat penting bagi seseorang untuk mencukupi kebutuhan tidur setiap hari. Karena, saat seseorang kurang tidur maka akan banyak kerugian yang akan diterima tubuh. Dan pastinya hak itu akan menganggu aktivitas Kamu di keesokan hari bahkan mengancam kesehatan Kamu. Setiap harinya seseorang sebaiknya tidur selama tujuh hingga delapan jam.


Berikut ini beberapa akibat yang akan terjadi bila Kamu kurang tidur.


Tidak Fokus
Tidur memiliki peranan penting dalam proses berpikir dan belajar. Oleh karena itu, kurang tidur bisa menganggu proses kognitif. Jika Kamu tidak mendapatkan tidur yang cukup, maka Kamu akan kurang fokus dan kesulitan untuk mengingat sesuatu yang telah dipelajari atau dialami sehari-hari.


Penuaan Kulit
Kurang tidur juga bisa berdampak pada kesehatan kulit. Saat Kamu kurang tidur, maka kulit akan mengalami penuaan yang akan membuat warna kulit menjadi tidak cerah, keriput, dan menimbulkan kantung mata pada bagian bawah mata.


Depresi
Kurang waktu tidur yang disebabkan oleh gangguan tidur juga dapat membuat Kamu merasa depresi. Karena gangguan tidur dan depresi adalah dua hal yang saling berkaitan. Semakin berat depresi yang dialami, akan semakin sulit ia untuk tidur. Segera konsultasikan ke dokter bila Kamu menyadari gangguan tidur yang Kamu alami.


Masalah Kesehatan
Kurang tidur yang disebabkan oleh gangguan tidur juga menyebabkan penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke dan diabetes. Hal tersebut terjadi lantaran kurang tidur dapat meningkatkan tekanan darah yang menjadi sumber berbagai masalah.

Membuat Gemuk
Sulit tidur juga berkaitan dengan rasa lapar dan nafsu makan berlebih yang menyebabkan kegemukan. Tidur terlambat akan membuat Kamu lapar di malam hari dan menginginkan makanan yang tinggi karbohidrat dan lemak. [!]
Komentar

Tampilkan

Terkini