Gelar Sidang Tpa Siang Ini, Jokowi Siap Tentukan Dirut Bumn

Ridhmedia
12/11/19, 07:09 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) lewat sidang Tim Penilai Akhir (TPA) bakal menentukan sejumlah direktur utama (dirut) perusahaan badan usaha milik negara (BUMN) yang ketika ini sedang lowong setelah terjadi penunjukkan beberapa dirut BUMN yang masuk Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Berdasarkan informasi yang diterima CNBC Indonesia, Jokowi bakal menggelar sidang TPA pada pukul 11.00 WIB pada Selasa ini (12/11/2019) di Istana Negara.

Berdasarkan Perpres Nomor 177 Tahun 2014 tentang Tim Penilai Akhir, Pengangkatan, Pemindahan, dan Pemberhentian dalam dan dari Jabatan Pimpinan Tingi Utama dan Pimpinan Tinggi Madya, disebutkan dalam Pasal 3 Jika TPA memiliki tugas membantu presiden dalam memilih dan menetapkan calon pimpinan tingi utama dan pimpinan tinggi madya.

Pasal 9 menyebutkan, TPA dapat meminta informasi terkait calon yang diusulkan kepada Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) dan Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) sebagai bahan pertimbangan sidang TPA.

Adapun susunan keanggotaan TPA, menurut Pasal 5, yakni Presiden Jokowi sebagai Ketua dan Wapres Ma'ruf Amin sebagai Wakil Ketua TPA.

Sementara Sekretaris TPA yakni dijabat Sekretaris Kabinet, dalam hal ini Pramono Anung, lalu Anggota Tetap yakni Menteri Sekretaris Negara (Pratikno), Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (Tjahjo Kumolo) dan Kepala Badan Kepegawaian Negara (Bima Haria Wibisana).

Di sisi lain, Anggota Bukan Tetap yakni menteri teknis/pimpinan instansi pengusul, dalam hal ini Menteri BUMN Erick Thohir.

Sebelumnya Erick Thohir Telah menyerahkan nama-nama calon dirut tiga BUMN ke TPA yang diketuai langsung oleh Presiden Jokowi. Tiga BUMN tersebut ialah MIND ID (PT Indonesia Asaham Aluminium/Inalum), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.

Seperti diketahui, kekosongan dirut di MIND ID dan Bank Mandiri lantaran kedua pimpinan perusahaan pelat merah tersebut dipercaya Erick Thohir menjadi Wakil Menteri BUMN, yaitu Budi Gunadi Sadikin dan Kartika Wirjoatmodjo.

Sementara kekosongan pimpinan BTN lantaran usai Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), Suprajarto (Dirut PT Bank Rakyat Indonesia Tbk/BBRI) yang terpilih menjelaskan mengundurkan diri.

"Ya beliau [Presiden Jokowi] yang mutusin semua. Jadi BTN dan Bank Mandiri Telah diputuskan beliau," kata Erick di Istana Negara, Senin kemarin (11/11/2019).

Erick menegaskan buat pemilihan direksi dan komisaris BUMN ketika ini seluruhnya dipertimbangkan terlebih dahulu oleh Presiden Jokowi.

"Tanya bapak Presiden saja. Bapak presiden Telah mutusin. Pokoknya semua buat pengangkatan direksi, komisaris, seluruhnya di-review langsung oleh pak Presiden," tegas pendiri Mahaka Media ini. [cnbcindonesia.com]
Komentar

Tampilkan

Terkini

Peristiwa

+