Optimisme Muncul Usai Menkes Terawan Melihat Inovasi Alat Kesehatan Buatan Anak Bangsa

Ridhmedia
10/11/19, 05:16 WIB
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto melihat sejumlah alat kesehatan inovasi mutakhir yang dipamerkan di Pameran Pembangunan Kesehatan 2019 di Indonesia Convention Exhibiton (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan pada Sabtu, 9 November 2019.

Persoalan tersebut dilakukan setelah Terawan menyerahkan penghargaan kepada sejumlah tenaga kesehatan teladan di puskesmas dari seluruh kawasan di Indonesia.

Bukan semua stan disinggahi. Hanya beberapa, yang kebetulan berada dekat dengan area tempat acara penyerahan penghargaan berlangsung.

Beberapa di antaranya tongkat laser yang terkoneksi ke sepatu bagi mereka yang tuna netra, inkubator, sampai tempat tidur di rumah sakit.

Usai melihat alat-alat kesehatan tersebut, Menkes Terawan keluar dari ruangan yang ada di pintu 9 ICE BSD dengan wajah semringah.

"Lihat muka saya, saya bahagia sekali," kata Terawan.

Dokter Terawan mengaku sangat bangga dan bahagia. Setelah melihat-lihat alat tersebut, dia mengaku tambah yakin Jika Indonesia bisa mandiri di bidang peralatan kesehatan dan inovasinya.

"Saya lihat Telah lepas dari sekat-sekat. Ini tinggal nanti dimanfaatkan dengan peraturan-peraturan yang bisa mendukung ini semua," kata Dokter Terawan.

Alat Kesehatan yang Mencuri Perhatian Menkes

Alat kesehatan paling menarik menurut Menkes Terawan ialah alat holter buat bayi, yang disebutnya tinggal ditempel di perut buat memantau bayi yang ada di kandungan.

"Itu inovasi yang luar biasa. Menurut saya, Indonesia hebat," ujarnya.

Soal alat kesehatan ini, juga adalah mandat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) buat Terawan. tidak cuma masalah stunting dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Pekerjaan rumah itu diberikan lantaran alat kesehatan yang masih relatif tinggi dan masih rendahnya alat kesehatan buatan dalam negeri.

Saat disinggung apakah bisa menyelesaikan PR yang satu ini, Terawan mengatakan,"Yang paling penting ialah ini semua bisa mendukung program buat menuju Indonesia sehat. Di mana kita menjadi bangsa yang siap di 2045 buat Indonesia maju." [liputan6.com]

Komentar

Tampilkan

Terkini

Peristiwa

+