Presiden Jokowi: Jangan Sampai Ada Yang Tak Sekolah Karna Biaya!

Ridhmedia
12/11/19, 12:31 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh jajarannya buat mensukseskan program pendidikan agar enggak ada lagi masyarakat tanah air yang enggak merasakan bangku sekolah karna biaya mahal. Persoalan itu diungkapkannya ketika membuka rapat terbatas mengenai program pendidikan dan beasiswa di kantor Presiden, Jakarta Pusat.

Jokowi mengatakan, pemerintah ketika ini mempunyai beberapa program pendidikan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Seperti kartu Indonesia pintar (KIP), KIP-Kuliah, dan beasiswa.

"Saya minta implementasi penyaluran KIP, KIP kuliah, dan beasiswa agar dikawal dengan baik sehingga tepat sasaran. Jangan sampai ada yang enggak sekolah gara-gara biaya pendidikan," kata Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Jokowi juga meminta kepada seluruh jajaran kabinet kerja buat mempercepat proses renovasi gedung-gedung sekolah khususnya di daerah.

"Walau ini ranah kewenangan daerah, dan mestinya perlu menjadi fokus pemerintah daerah, tetapi saya minta ada skema program bersama antara pusat dan daerah dalam lakukan percepatan rehabilitasi gedung-gedung yang rusak berat, sedang, atau ringan," jelas dia.

Bukan cuma itu, Mantan Wali Kota Solo ini juga meminta adanya perubahan yang cepat terhadap sistem pendidikan di Indonesia mengingat perkembangan teknologi yang begitu pesat.

"Saya beberapa kali telah menekankan betapa pentingnya pembenahan sistem pendidikan agar mampu merespons perubahan yang berjalan sangat cepat, agar lebih fleksibel dan adaptif dengan perubahan dunia yang ada," kata dia.

Selanjutnya, Jokowi juga meminta adanya terobosan pemanfaatan infrastruktur dalam pemerataan akses dan kualitas pendidikan di tanah air. Mengingat Indonesia adalah negara kepulauan.

"Yang bisa menjangkau geografis Indonesia yang luas bisa dilakukan, karna mencakup 17.000 pulau dan 300 ribu sekolah yang ada," ungkap dia. [detik.com]

Komentar

Tampilkan

Terkini

Peristiwa

+