Massa Dikabarkan Bakal Halangi Ceramah Muwafiq, Pwnu Jatim Minta Banser Siap Mengawal

Ridhmedia
06/12/19, 21:07 WIB

RIDHMEDIA - Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur (Jatim) menginstruksikan kepada Banser buat merapatkan barisan, mengawal ceramah KH Ahmad Muwafiq alias Gus Muwafiq. Persoalan ini sebab ada isu sekelompok ormas yang mau menghalangi ceramah kiai tersebut.

Wakil Ketua Tanfidziyah PWNU Jatim, KH Abdussalam Sohib atau akrab disapa Gus Salam mengatakan, kader NU perlu mewaspadai provokasi. Bila ada upaya menghalang-halangi dalam cermah seorang kiai NU, menjadi kewajiban buat dilawan.

"Polemik tentang Gus Muwafiq telah selesai. Pasalnya, yang bersangkutan telah menyampaikan permohonan maaf," kata Gus Salam kepada wartawan di Kota Surabaya, Jatim, Jumat (6/12/2019).

Menurut dia, jika ada pihak yang mau melakukan upaya hukum, PWNU lebih menghormatinya, kecuali ada langkah-langkah yang justru melanggar hukum, seperti mengadang ceramah Gus Muwafiq.

Karena itu, pihaknya meminta kepada semua kader NU buat waspada potensi adu domba. tidak hanya itu, Banser diminta berkoordinasi dengan polisi. Namun bila respons petugas kurang cekatan, dia mempersilakan pasukan inti pengawal kiai ini bertindak buat hal-hal yang diperlukan.

"Terpenting, tetap dalam koridor hukum dan meminta restu kiai," ujar pengasuh Ponpes Denanyar Jombang ini.

Sebelumnya, Gus Muwafiq dinilai sebagian masyarakat menghina Nabi Muhammad ketika berdakwah di Purwodadi, Jawa Tengah (Jateng) beberapa waktu lalu. Ada sekelompok orang yang bahkan mengancam kiai NU tersebut.[]
Komentar

Tampilkan

Terkini