Terkuak! Alasan Mengapa Rocky Gerung Tak Bisa Dekat dengan Jokowi

Ridhmedia
19/12/19, 17:09 WIB
RIDHMEDIA - Pengamat Politik, Rocky Gerung mengaku dekat dengan sejumlah Presiden Republik Indonesia, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur hingga Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Namun, Rocky Gerung tak dekat dengan Presiden Indonesia saat ini, Joko Widodo (Jokowi). Hal itu diungkapkan Rocky Gerung saat menjadi narasumber di channel YouTube Talk Show tvOne.

Dilansir dari Tribunwow.com, Kamis (19/12/2019), presenter bertanya, selain Gus Dur siapakah presiden yang dekat dengan Rocky Gerung.

Rocky Gerung menjawab, ia dekat dengan SBY.

Ia sering membahas masalah politik dengan Presiden ke-6 itu.

"Gus Dur meninggalkan itu, kalau presiden-presiden yang lain?," tanya presenter.

"SBY berteman, SBY itu enaknya selalu mampu untuk membaca global politic dan selalu dihubungkan dengan politik Indonesia," jawab Rocky Gerung.

Rocky Gerung mengatakan, SBY sering mengundang dirinya ketika memiliki buku baru.

"Jadi selalu kalau ada buku baru Pak SBY, pasti Pak SBY mengundang, yok kita ngopi, diskusi, panjang lebar itu," katanya.

Namun, ia membantah bahwa dirinya adalah bagian dari Demokrat lantaran dekat dengan SBY.

"Kalau itu rutin SBY, masih. Sebagai teman diskusi saja. Orang mau anggap `Rocky Gerung itu Demokrat, enggak itu karena SBY doyan diskusi," kata dia.

Mantan pengajar UI ini, mengungkapkan bahwa ia juga dekat dengan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto.

"Enggaklah, Prabowo juga sering diskusi itu. Kalo cuma Prabowo, SBY diskusi, ya," ucap Rocky Gerung.

Namun saat ditanya mengapa tak dekat dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rocky Gerung bergurau bahwa Jokowi tidak bisa berdikusi.

"Jokowi enggak bisa diskusi gimana. Diskusi apa coba?," tanya Rocky Gerung.

Saat disinggung presenter tak bisa dekat dengan Jokowi lantaran Mantan Wali Kota Solo itu, Rocky Gerung tak membantahnya.

"Dia kan presiden bang," singgung presenter.

"Iya," jawab Rocky Gerung.

"Susah kan diskusi sama presiden," kata presenter lagi.

"Karena itu, orang bilang kenapa enggak diskusi dengan Jokowi, timnya juga kadang kala, la diskusi apa," ujar Rocky Gerung lagi.

Meski membenarkan Jokowi sibuk, namun Rocky Gerung menyarankan agar presiden melakukan agenda diskusi dengan para akamedisi untuk membahas isu yang terjadi.

"Ya jadwalnya kan ketat kali yah, itu kali yah," ucap presenter.

"Saya pernah usulin itu, tiru misalnya Presiden (Francois) Miterrand di Prancis setiap minggu dia kumpulin akademisi, budayawan, intelektual ngopi terus bahas seluruh isu politik dunia pada minggu itu, bahwa kultur, environtments segala macam itu sehingga well inform itu Presiden Mitterrand," jelas Rocky Gerung. [ljc]
Komentar

Tampilkan

Terkini

Peristiwa

+