Di Balik Imbauan WNI Perlu Tinggalkan China

Ridhmedia
31/01/20, 21:29 WIB

RIDHMEDIA - Surat imbauan KBRI Beijing meminta warga negara Indonesia (WNI) untuk meninggalkan China beredar. Rupanya surat tersebut bukan ditujukan untuk seluruh WNI di China.
Surat yang diteken Koordinator Fungsi Protokol dan Kekonsuleran KBRI Beijing Ichsan Firdaus itu berisikan imbauan agar WNI kembali ke Indonesia hingga situasi normal. Hal itu berkaitan dengan merebaknya virus corona yang sudah menewaskan ratusan orang.

Duta Besar RI untuk China, Djauhari Oratmangun kemudian memberi penjelasan. Djauhari mengatakan surat itu dikeluarkan atas permintaan mahasiswa di China. Sebab, universitas mereka melarang mahasiswa meninggalkan area kampus sebelum ada surat keterangan dari KBRI.

Karena itu, KBRI Beijing turun tangan. KBRI menerbitkan surat imbauan itu agar para mahasiswa di China bisa kembali ke Indonesia.

"Itu surat keterangan yang diminta mahasiswa karena beberapa mahasiswa minta surat keterangan karena diminta kampusnya. Jadi surat dibuat generik saja," kata Djauhari kepada wartawan, Jumat (31/1/2020).

Djauhari melanjutkan surat tersebut juga ditujukan kepada mahasiswa yang masih libur untuk melanjutkan liburannya di Indonesia. "Minta agar yang libur agar lanjutkan liburnya di Indonesia," ujar Djauhari.

Dia mengatakan bahasa dalam surat itu memang dibuat umum. Namun, Djauhari menegaskan imbauan tersebut bukan untuk seluruh WNI di China.

"Betul (itu bukan untuk semua WNI di China)," kata dia.

Sementara untuk imbauan kepada seluruh WNI sendiri, Djauhari mengatakan akan segera dikeluarkan.

"Nanti akan ada," kata Djauhari.(dtk)
Komentar

Tampilkan

Terkini