Mobil Dinas Kepresidenan Berkecepatan 250km per Jam

Ridhmedia
12/01/20, 07:31 WIB

Ridhmedia - Mobil spesial tersebut dihargai sekitar 470 ribu euro atau sekitar Rp7,4 miliar.

MOBIL dinas baru bakal menemani perjalanan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada periode kepemimpinannya yang kedua.

Sebelumnya, Jokowi menggunakan Mercedes-Maybach S 600 Pullman Guard yang sudah berusia 10 tahun sejak zaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Mobil dinas baru Presiden yang terpilih itu, yakni Mercedes-Maybach S 600 Guard. Diakui Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia, Mecedes-Benz berhasil mendapatkan lelang yang dilakukan negara, selain BMW yang mengikuti lelang pengadaan mobil presiden.

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, menyebutkan bahwa faktor usia menjadi alasan pemerintah mengganti mobil dinas presiden, wakil presiden, dan menteri. Ditambah lagi, kendaraan dinas itu juga sering mogok saat kunjungan ke daerah.

"Kalau sudah 10 tahun mungkin juga sulit kalau diperbaiki," ungkap Heru, di Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, pekan lalu.

Heru menyebut mobil Kepala Negara pernah mogok saat kunjungan kerja di Bali. Akibatnya, rombongan kepresidenan dan pasukan pengamanan presiden harus mencari suku cadang mobil yang rusak.

Asal tahu saja, Mercedes-Maybach merupakan kelas premium dari pabrikan otomotif asal Jerman itu dan Pullman merupakan tipe termahal dari Maybach. Menurut laman Daimler, Mercedes-Maybach S-Class memadukan kesempurnaan Mercedes-Benz S-Class dengan eksklusivitas Maybach.

Mobil yang khusus diperuntukkan bagi kepala negara dan pemimpin bisnis tersebut dihargai sekitar 470 ribu euro atau sekitar Rp7,4 miliar. Maklum, sedan mewah itu memiliki tingkat perlindungan keamanan yang sangat tinggi untuk penumpang.

Tahan peluru dan ledakan

Soal keamanan itu, Maybach S 600 telah mengantongi sertifikasi oleh Otoritas Balistik di Ulm, kota di Jerman. Untuk pertama kali, model itu memenuhi persyaratan pada peringkat perlindungan VR10 menurut petunjuk BRV 2009 Versi 2 tentang kendaraan tahan peluru.

Pedoman itu menentukan bahwa bodi utama dan jendela mobil harus mampu menahan peluru inti baja yang ditembakkan dari senapan serbu. Bukan cuma antipeluru, kendaraan tersebut juga memenuhi peringkat ERV 2010 alias tahan peledak.

Soal dapur pacu, Maybach S 600 menggunakan mesin V12 6.000 cc bertenaga 530 daya kuda dan torsi 830 nm. Tak kurang kecepatan maksimal yang ditempuhnya bisa tembus 250 kilometer per jam. Akan tetapi, kecepatan ini masih dibatasi secara elektronik.

Dikutip dari Antaranews.com, Maybach S 600 menawarkan panjang 5.453 mm, tinggi 1.498 mm, dan lebar 2.130 mm dengan jarak sumbu roda 3.365 mm. Kendaraan itu juga memiliki sasis yang dikonfigurasikan untuk mengutamakan kenyamanan sehingga penumpang tetap menikmati perjalanan kendati mobil dipacu dengan kecepatan tinggi.

Fitur keselamatan menjadi hal utama dengan kehadiran brake assist plus dan rem pre-safe yang dikombinasikan dengan distronic plus yang digabungkan dengan LED intelligent light system, adaptive high beam assist plus, exhaust system with two chrome-plated twin tailpipes, dan 48,3 cm (19 inci) multi-twin spoke light alloy wheel.

Kendaraan itu akan datang pada akhir tahun ini. Dengan demikian, kemungkinan awal tahun depan mobil itu baru dapat digunakan presiden. (Medcom/Mediaindonesia.com)
Komentar

Tampilkan

Terkini