Ronny Sompie Dicopot, Ma'ruf Amin: Tanya Yasonna Seberapa Lalainya

Ridhmedia
29/01/20, 18:26 WIB

RIDHMEDIA -Ronny F Sompie dicopot dari jabatan Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kemenkum HAM. Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan pencopotan itu merupakan wewenang Menkum HAM Yasonna H Laoly.
"Kan yang menentukan dicopot atau tidak itu kan menterinya, menteri menilainya seperti apa," kata Ma'ruf di kantor Wapres, Jalan Veteran III, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (29/1/2020).

Ma'ruf enggan menjawab spesifik mengenai isu politis yang disematkan pada pencopotan Ronny Sompie. Menurutnya, jika kinerja Ronny dianggap lalai, tentu ada konsekuensinya.

"Kalau memang dianggap itu lalai tentu ada konsekuensi kelalaian itu. Nanti tanya pada menterinya, seberapa lalainya itu," ucap Ma'ruf.

Sebelumnya, Menkum HAM Yasonna Laoly mencopot Dirjen Imigrasi Ronny Sompie. Menurut Yasonna, pencopotan itu terkait dengan upaya tim independen atau Tim Pencari Fakta (TPF) mencari tahu mengapa imigrasi bisa kecolongan data perlintasan Harun Masiku.

"Artinya difungsionalkan supaya nanti tim independen bisa bekerja dengan baik, karena saya mau betul-betul terbuka dan tim nanti bisa melacak mengapa terjadi delay," kata Yasonna di Istana Kepresidenan, Selasa (28/1/2020).

Yasonna mengatakan pencopotan Ronny itu juga agar tim independen bisa mengecek mengapa data perlintasan Harun Masiku bisa tersimpan di komputer bandara.(dtk)

Komentar

Tampilkan

Terkini