Cara Mencar Ilmu Yang Efektif Dan Terbukti Efisien

Ridhmedia
03/05/14, 20:54 WIB
Pada hakikatnya, semenjak dilahirkan insan sudah dihadapkan dengan kewajiban untuk belajar. Belajar mempunyai arti yang begitu luas, namun seringkali kata “belajar” diidentikkan dengan kewajiban seorang anak sekolah maupun mahasiswa. Sebenarnya proses berguru yang anda lakukan, telah dilakukan sehari-hari.

Banyak orang yang menganggap berguru ialah hal yang tidak menyenangkan, anggapan yang menyerupai ini justru malah akan menciptakan proses berguru menjadi kurang efektif dan cenderung membosankan. Lalu bagaimanakah cara berguru yang efektif semoga selalu menyenangkan dan lebih maksimal ?
 semenjak dilahirkan insan sudah dihadapkan dengan kewajiban untuk berguru Cara Belajar yang Efektif dan terbukti Efisien

Cara Belajar yang Efektif dan Menyenangkan

Otak mempunyai potensi untuk menghafalkan gosip sebesar 2,5 pentabyte atau setara dengan 30 juta jam memutar video di youtube. Sehingga, cara berguru yang benar harus anda terapkan semoga potensi otak sanggup dipakai lebih maksimal.

Berikut ini cara berguru efektif yang sanggup anda terapkan, semoga kegiatan berguru akan selalu menyenangkan dan lebih maksimal :

1. Jadikan berguru sebagai kebutuhan

Dengan mempunyai rasa butuh untuk belajar, maka anda akan menjadi lebih bersungguh-sungguh dalam belajar. Kesungguhan inilah yang akan menciptakan anda untuk semangat berguru disetiap waktu tanpa merasa berat, bukan hanya disaat mood saja. Sehingga ilmu yang anda pelajari akan lebih gampang meresap.

2. Buatlah suasana berguru anda menjadi nyaman

Agar mood berguru lebih gampang muncul, maka bangunlah suasana berguru yang nyaman, menyerupai berguru sambil mendengarkan musik, atau berguru di tempat-tempat yang nyaman misal di taman, di tepi pantai, di sawah, di bawah pohon yang sejuk, atau di dalam ruangan ber AC.

3. Temukan gaya berguru anda sendiri

Setiap orang niscaya mempunyai cara berguru masing-masing, ada yang lebih gampang berguru sendiri dalam lingkungan yang sepi, ada juga yang lebih gampang berguru bersama dengan teman-teman yang lain, ada juga yang lebih gampang menangkap pelajaran dengan menonton tutorial video. Makara pilihlah cara berguru yang berdasarkan anda paling nyaman.

4. Rangkumlah pokok-pokok buku yang akan anda pelajari

Mencatat dan merangkum pokok-pokok pembelajaran akan lebih mempermudah proses anda dalam belajar. Karena membaca 1 buah buku akan membutuhkan waktu yang sangat lama. Dengan mengambil intisari dari buku tersebut, akan memudahkan anda untuk mengingat dan memahami inti dari pembelajaran tersebut.

Baca juga : Universitas Terbaik di Indonesia

5. Fokus dan konsentrasi

Matikan atau silent semua perangkat elektronik atau apapun yang sanggup mengganggu ketika belajar. Atau anda sanggup pergi ke perpustakaan untuk belajar, dengan suasana yang lebih aman dan cenderung lebih sunyi, sehingga anda lebih gampang untuk fokus dan konsentrasi.

6. Belajarlah secara rutin namun jangan terlalu lama

Terlalu usang dalam berguru akan menciptakan otak menjadi lelah, dan cenderung menjenuhkan. Yang benar ialah berguru dengan rutin namun dengan waktu yang sebentar-sebentar. Misalkan pagi berguru selama 45 menit, siang berguru selama 25 menit, sore berguru selama 50 menit, dan malam berguru selama 1 jam. Cara ini akan lebih efektif, sehingga pikiran akan tetap rileks dan segar.

7. Pahamilah apa yang anda pelajari, jangan hanya dihapal

Cara berguru dengan menghafal pelajaran hanya akan efektif untuk ujian atau jangka pendek saja. Dalam jangka yang panjang, ilmu yang dihafalkan akan gampang hilang, sehingga tidak akan meninggalkan manfaat apapun. Jadi, berguru dengan cara memahami ilmu yang sedang anda pelajari akan lebih gampang meresap dan membekas dalam ingatan, sehingga akan lebih gampang dimunculkan dalam ingatan ketika dibutuhkan.

8. Tidur atau istirahat yang cukup

Sebuah studi oleh universitas Harvard menyatakan bahwa, seseorang yang tidur/istirahat yang cukup pada malam hari sanggup mengingat bahan pelajaran sebesar 35% lebih baik, dibandingkan yang berguru pada pagi hari, dan melaksanakan tes pada malam hari, tanpa acara tidur diantaranya.

9. Belajar disertai dengan praktek

Belajar sambil praktek sanggup menciptakan anda merasa tidak cepat bosan, dan pastinya sangat efisien. Misalkan pada pelajaran IPA menyerupai botani atau avertebrata, anda sanggup berguru sambil eksklusif mengamati tumbuh-tumbuhan dan binatang di alam terbuka, sehingga kegiatan berguru akan semakin menyenangkan.

10. Belajar dengan cara yang menyenangkan namun tetap serius

Ternyata berguru dengan menyenangkan sanggup membantu mempercepat anda dalam mengingat dan memahami sesuatu hal. Energi positif yang anda peroleh dari cara berguru yang menyenangkan sangat penting bagi proses belajarmu.

11. 30% membaca dan 70% mengulang

Jika anda mempunyai waktu sekitar 1 jam untuk mempersiapkan presentasi, maka gunakanlah 20 menit untuk membaca dan mempelajarinya, dan pergunakanlah 40 menitnya untuk mempraktekkan. Jadi, gunakan 1/3 dari waktu untuk memahami materinya, dan 2/3 nya untuk mengulang dan mempraktekkannya.

12. Menyelesaikan hal paling sulit terlebih dahulu

Ketika anda berguru selesaikanlah hal-hal tersulitnya dahulu setiap harinya. Karena dengan menuntaskan hal-hal yang sulit, perasaan anda akan lebih baik dan anda akan lebih percaya diri. Sehingga hal tersebut akan lebih memotivasi anda untuk menuntaskan hal-hal yang lebih mudah.

13. Membagi waktu dan menciptakan acara belajar

Dengan membagi waktu dan menciptakan acara untuk belajar, kegiatan berguru anda akan lebih rapi dan terstruktur sehingga sesuai dengan ekspektasi diawal. Dengan begitu, anda akan sanggup memilih sasaran kapan anda harus menguasai bahan tersebut.

Baca juga : Cara Mendapatkan Uang dari Google

14. Belajarlah secara rutin sedikit demi sedikit

Cara berguru yang efektif ialah dengan berguru rutin setiap hari, mengulang kembali pelajaran yang diterima dihari tersebut. Jangan berguru dengan “kebut semalam” hanya ketika menjelang ujian, alasannya ialah hal tersebut hanya akan mengakibatkan tekanan secara psikologis, sehingga ilmu akan sulit untuk diserap.

15. Anda sanggup berolahraga sebentar sebelum belajar

Sebelum belajar, anda sanggup melaksanakan olahraga ringan selama kurang lebih 30 menit, menyerupai lari atau joging, semoga tubuh menjadi lebih bugar, dan otak menjadi segar. Sehingga tubuh dan otak menjadi lebih siap dalam mendapatkan pelajaran.

16. Konsumsilah air selama belajar

Ketika tubuh kekurangan cairan, maka konsentrasi akan ikut menurun. Anda sanggup mengkonsumsi teh atau kopi ketika belajar, alasannya ialah kafein yang terkandung di dalam kopi atau teh sanggup membantu menjaga konsentrasi dan kreativitas anda. Dan pastinya jangan lupa minum air putih, alasannya ialah air putih ialah cairan terbaik yang diperlukan oleh tubuh.

17. Belajar kelompok dan berdiskusi dengan teman-teman

Dengan berguru berkelompok akan memudahkan anda untuk mengatasi hambatan yang anda hadapi ketika belajar. Ketika anda tidak memahami sesuatu, maka anda sanggup bertanya eksklusif kepada teman-teman di kelompok anda, atau berdiskusi dan bertukar pikiran mengenai bahan pelajaran yang tidak anda pahami.

Apabila anda merasa nyaman dan lebih gampang memahami bahan dengan berdiskusi, maka ini ialah cara berguru yang efektif bagi anda dalam belajar. Selain itu, berguru kelompok juga sanggup saling menyebarkan ilmu dan informasi, sehingga sanggup meningkatkan pengetahuan yang anda miliki.

18. Lakukan tes untuk bahan yang sedang anda pelajari

Setelah anda final belajar, anda sanggup melaksanakan tes bagi diri anda sendiri atas bahan yang telah anda pelajari. Tidak perlu tes yang sulit dan lama, cukup instant test yang sanggup mewakili bahan pelajaran anda.

19. Menjalin korelasi yang baik dengan guru

Menjalin korelasi yang baik dengan guru dengan bersikap sopan, respek kepada semua guru, dan rajin berguru sehingga guru merasa dihargai, akan menciptakan pelajaran menjadi sangat menyenangkan, sehingga andapun akan semangat untuk belajar.

20. Mintalah proteksi ketika anda mengalami kesulitan

Ketika anda mengalami kesulitan dalam bahan yang sedang anda pelajari, jangan segan untuk meminta proteksi kepada orang lain, menyerupai guru, dosen, orang tua, atau teman. Manfaatkan ruang berguru di sekolah atau di kampus, jangan aib untuk bertanya pelajaran yang belum anda mengerti dan pahami.

Itulah beberapa cara berguru yang efektif, yang mungkin sanggup membantu anda semoga lebih semangat, dan maksimal dalam belajar. Semoga bermanfaat.
Komentar

Tampilkan

Terkini

Peristiwa

+