Universitas Terbaik Di Indonesia Ketika Ini

Ridhmedia
04/05/14, 20:54 WIB
Bagi anda yang sudah duduk dibangku Sekolah Menengan Atas khususnya kelas 3, tentunya sudah mulai bersiap untuk mencari Universitas manakah yang akan dituju sehabis lulus sekolah nanti. Dan tentunya kuliah di Universitas terbaik ialah dambaan setiap calon mahasiswa maupun calon mahasiswi.

Lalu, bagaimana anda akan mendapat warta yang valid perihal universitas universitas terbaik di Indonesia. Nah berikut hal-hal penting yang harus anda perhatikan ketika menentukan universitas nanti :
  • Lingkungan belajar.
  • Perkembangan riset.
  • Pengaruh riset.
  • Pandangan dunia luar.
  • Manfaatnya bagi industri.
Meskipun perubahan akan selalu terjadi pada universitas-universitas terbaik tersebut, namun kelima hal penting di atas harus diukur secara matang, biar tidak ada penyesalan nanti.

Times Higher Education (THE) ialah salah satu institusi profesional yang sudah semenjak 5 dekade lalu, berbagi metode untuk meneliti, mengukur, mengupdate data-data, serta menyusun ranking universitas terbaik di dunia.

Di tahun 2019 ini, ada sekitar 1.250 perguruan tinggi tinggi di seluruh dunia yang mengikuti pemeringkatan di THE. Jumlah tersebut semakin meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya, yaitu 200 universitas di tahun 2011, dan 1.103 universitas ditahun 2018.

Berdasarkan 5 hal di bawah ini, THE mengukur indikator kinerja setiap perguruan tinggi tinggi :
  1. Lingkungan belajar.
  2. Volume, pendapatan, serta reputasi riset.
  3. Pengaruh riset.
  4. Pendapatan dari para staff pendidikan, mahasiswa, serta peneliti.
  5. Dampaknya bagi dunia perjuangan serta industri.

Sekarang anda sanggup menemukan universitas terbaik yang nantinya akan anda tuju, melalui metode THE dalam memeringkatkan perguruan tinggi tinggi terbaik di seluruh dunia, khususnya di Indonesia.

Universitas Terbaik di Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara ekonomi gres (emerging economies), yang mempunyai beberapa universitas ternama, serta berusia cukup tua. THE memetakan ranking universitas di Indonesia, dengan menciptakan penjabaran negara dengan pendekatan pasar versi Financial Times Stock Exchange (FTSE).

Dalam ranking THE 2019 ada 442 universitas, yang berasal dari negara-negara ekonomi gres ibarat Indonesia. Berikut daftar universitas-universitas terbaik di Indonesia versi THE yang masuk daftar universitas terbaik dalam Emerging Economies 2019.

1. Universitas Indonesia (UI)

Universitas yang didirikan pada tahun 1849 ini, menduduki peringkat teratas dari universitas terbaik di Indonesia. Universitas ini terletak diperbatasan kota Depok dan Jakarta, serta mempunyai populasi mahasiswa yang sangat besar, yaitu lebih dari 45.000 mahasiswa.

Program study terbaik dengan legalisasi A di universitas ini diantaranya ialah manajemen perpajakan, manajemen keuangan dan perbankan, manajemen asuransi dan aktuaria, serta ilmu komunikasi.

Universitas Indonesia ialah satu-satunya universitas dari Indonesia, yang masuk dalam daftar 100 universitas terbaik dari negara ekonomi baru. Universitas yang berjuluk The Yellow Jacket ini menduduki ranking ke 82.
Bagi anda yang sudah duduk dibangku Sekolah Menengan Atas khususnya kelas  Universitas Terbaik di Indonesia Saat Ini

Peringkat-peringkat yang pernah diduduki oleh UI :
  • Pada tahun 1849 masuk peringkat 534
  • Tahun 2016 diperingkat 171
  • Tahun 2017 diperingkat 201-250
  • Tahun 2018 diperingkat 184
  • UI masuk dalam peringkat 601-800 untuk global.

UI mendapat skor 83,1 untuk efek di dunia perjuangan dan industri, skor 36,2 untuk lingkungan belajar, skor 17,5 untuk riset, dan skor 18,8 untuk efek riset.

Baca juga : Bisnis Online - Cara Mendapatkan Uang dari Google

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB berlokasi di Bandung, dengan jumlah mahasiswa lebih dari 13.000 orang. ITB masuk dalam peringkat 164 dalam Emerging Economies 2019, dengan skor 92,4 untuk industry income, skor 20,1 untuk lingkungan belajar, skor 15,5 untuk riset, skor 13,5 untuk efek riset. Dan skor 38,3 untuk pandangan internasional.
Bagi anda yang sudah duduk dibangku Sekolah Menengan Atas khususnya kelas  Universitas Terbaik di Indonesia Saat Ini

Universitas yang didirikan pada tahun 1959 ini, mempunyai kegiatan studi terbaik dengan legalisasi A seperti, matematika, kimia, fisika, astronomi, teknik elektro, teknik sipil, teknik mesin, biologi, dan mikrobiologi.

3. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Universitas ini didirikan pada 1 September 1963, berlokasi di Bogor Jawa Barat. IPB mempunyai populasi sebanyak 10.000 mahasiswa dikala ini. Untuk industry income IPB mendapat skor 65,4 sedangkan untuk lingkungan berguru skornya 17,7, skor 8,9 untuk riset, skor 10,9 untuk efek riset, dan skor 33,8 untuk pandangan internasional.
Bagi anda yang sudah duduk dibangku Sekolah Menengan Atas khususnya kelas  Universitas Terbaik di Indonesia Saat Ini

IPB berada diperingkat 251-300 dari daftar universitas terbaik Emerging Economies 2019. Program studi terbaik di IPB yang mempunyai legalisasi A diantaranya, keahlian teknologi produksi dan manajemen perikanan, teknologi produksi dan manajemen perikanan budidaya, serta teknologi dan manajemen ternak.

4. Universitas Gajah Mada (UGM)

Universitas ini didirikan pada 19 Desember 1949, di Bulaksumur Sleman Yogyakarta. Sama dengan IPB, UGM termasuk peringkat 251-300 dalam pemeringkatan Emerging Economies versi THE.
Bagi anda yang sudah duduk dibangku Sekolah Menengan Atas khususnya kelas  Universitas Terbaik di Indonesia Saat Ini

UGM mendapat skor 61,2 untuk industry income, skor 19,6 untuk lingkungan belajar, skor 10,1 untuk riset, skor 12,8 untuk efek riset, dan skor 32,9 untuk pandangan internasional.

UGM merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia yang mempunyai populasi lebih dari 45.000 mahasiswa. Program studi terbaik di universitas ini diantaranya ialah ilmu hukum, teknik mesin, farmasi, gizi kesehatan, dan psikolog.

Baca juga : Rahasia Sukses Ngeblog Kampung Blogger ala Sumbodo Malik

5. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya

ITS didirikan pada 10 November 1957, di Sukolilo Surabaya Jawa Timur. ITS mempunyai 5 fakultas, dengan 26 departemen yang membuka 6 kegiatan diploma, 26 kegiatan S1, 16 kegiatan magister, dan 12 kegiatan doktoral.

ITS berada diperingkat 251-300 dari daftar universitas terbaik negara ekonomi baru. ITS diberikan skor oleh THE 52,5 untuk industry income, skor 16,1 untuk lingkungan belajar, skor 9,2 untuk riset, skor 20,6 untuk efek riset, dan 29,6 untuk pandangan internasional.
Bagi anda yang sudah duduk dibangku Sekolah Menengan Atas khususnya kelas  Universitas Terbaik di Indonesia Saat Ini

Program studi terbaik di ITS Surabaya diantaranya adalah, teknik sipil, teknik industri, teknik material, teknik kimia, informatika, teknik elektro, sistem informasi, dan manajemen bisnis. ITS merupakan salah satu universitas terbaik ke 5 di Indonesia, yang mempunyai populasi lebih dari 17.000 mahasiswa.

Sejak tahun 2011, ITS menjadi kampus hijau, kontribusinya cukup besar terhadap masyarakat, salah satunya ialah merancang rumah untuk korban tsunami Aceh pada tahun 2005. ITS juga berkolaborasi dengan tim Kajian Kelayakan Pemukiman (KKP) untuk melakukan riset bagi korban lumpur Sidoarjo.

Pemeringkatan yang lain

Times Higher Education (THE) bukanlah satu-satunya institusi profesional yang sanggup membantu menemukan universitas terbaik yang anda inginkan. Salah satu forum pemeringkatan resmi yang dijadikan contoh Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan (Kemenrisetdikti) dalam mengukur kualitas kelembagaan Perguruan Tinggi di Indonesia menuju Universitas Bertaraf Dunia (World Class University) ialah QS World University Ranking.

Berikut universitas-universitas terbaik di Indonesia versi QS World University :
  1. Universitas Indonesia
  2. Institut Teknologi Bandung
  3. Universitas Gadjah Mada
  4. Institut Pertanian Bogor
  5. Universitas Airlangga
  6. Universitas Padjajaran
  7. Institut Teknologi 10 November
  8. Universitas Bina Nusantara
  9. Universitas Diponegoro
  10. Universitas Brawijaya
  11. Universitas Hasanudin
  12. Universitas Sebelas Maret
  13. Universitas Pelita Harapan
  14. Universitas Telkom
  15. Universitas Udayana
  16. Universitas Islam Indonesia
  17. Universitas Muhammadiyah Surakarta
  18. Universitas Pendidikan Indonesia
  19. Universitas Surabaya
  20. Universitas Negeri Yogyakarta
Itulah beberapa universitas universitas terbaik di Indonesia, yang mungkin bisa menjadi tumpuan bagi anda yang sedang mencari universitas yang sesuai dengan minat anda.

Pada dasarnya menimba ilmu di universitas negeri maupun swasta tidaklah masalah, yang terpenting ialah pastikan menentukan jurusan yang tepat, yang sesuai dengan minat, bakat, dan kegemaran, serta kemampuan diri, biar nantinya anda akan menjalani proses berguru dengan sepenuh hati.
Komentar

Tampilkan

Terkini

Peristiwa

+