Cara Mengatasi Hp Panas Biar Tidak Cepat Rusak

Ridhmedia
15/05/14, 20:54 WIB
Memiliki handphone yang terlalu gampang panas tentu tidak menyenangkan. Sebenarnya hampir seluruh jenis hp dengan sistem operasi android, ios maupun symbian akan mengeluarkan panas berlebih ketika dipakai secara terus-menerus. Hal tersebut dikarenakan hp memakai terlalu banyak daya baterai untuk mendukung aktivitasnya. Salah satu cara mengatasi hp panas yaitu dengan berhenti sejenak memakai hp dan membiarkan suhu kembali normal.
Memiliki handphone yang terlalu gampang panas tentu tidak menyenangkan Cara Mengatasi HP Panas Agar Tidak Cepat Rusak


Penyebab hp cepat panas


Handphone yang terlalu cepat panas merupakan salah satu hal yang menyebabkan pendeknya usia hp. Ada beberapa hal yang sanggup jadi penyebab cepat panasnya baterai hp menyerupai di bawah ini.


1. Terlalu usang memakai aplikasi streaming

Menonton video maupun mendengarkan musik streaming memang menyenangkan dan terkadang sanggup menciptakan kita lupa waktu. Akses streaming tentunya memerlukan koneksi internet yang membutuhkan cukup banyak daya. Terlalu usang memakai aplikasi streaming sanggup menciptakan hp menjadi panas alasannya yaitu baterai harus mengeluarkan daya ekstra untuk mendukung kegiatan tersebut.

Anda yang gemar bermain game tentu juga sering melaksanakan hal yang sama. Idealnya smartphone hanya sanggup dipakai untuk bermain game selama 1-2 jam. Namun seringkali kita lupa waktu alasannya yaitu game yang dimainkan terlalu seru. Hal ini tentunya sanggup memicu hp menjadi cepat panas alasannya yaitu RAM dan prosesor handphone harus bekerja terlalu keras.

2. Pengaturan perangkat tidak optimal

Pengaturan perangkat yang tidak optimal menyerupai terlalu banyak widget, penggunaan live wallpaper atau brightnes layar yang terlalu tinggi sanggup menjadi salah satu penyebab hp menjadi cepat panas.

Banyak aplikasi yang beroperasi secara bersamaan

Semakin banyak aplikasi yang beroperasi atau aktif dalam waktu bersamaan menciptakan semakin besar kemungkinan hp menjadi cepat panas. Handphone akan bekerja sangat keras untuk mengoperasikan aplikasi-aplikasi tersebut secara bersamaan dan otomatis daya yang diperlukan semakin besar. Anda harus lebih bijak dengan eksklusif menutup aplikasi yang tidak digunakan.

3. Bug aplikasi

Smartphone mempunyai kapasitas yang cukup besar untuk menampung banyak aplikasi. Anda perlu memperhatikan aplikasi-aplikasi yang terinstal. Setiap aplikasi tentunya akan mempunyai bug terutama ketika tidak diupdate secara berkala. Bug tersebut sanggup menciptakan prosesor bekerja dengan tidak optimal dan menyebabkan hp menjadi cepat panas. Tidak hanya pada aplikasi, bug yang muncul alasannya yaitu tidak diupdatenya sistem operasi perangkat sanggup menyebabkan hal yang sama.

4. Menurunnya kualitas baterai

Semakin renta usia baterai akan kuat pada semakin menurunnya kualitas baterai. Hal ini biasa terjadi pada handphone keluaran lama. Bisa jadi penyebab hp yang dipakai cepat panas yaitu alasannya yaitu kualitas baterai yang sudah menurun sehingga tidak sanggup bekerja secara optimal.

5. Berada di area sulit sinyal

Ketika berada di area yang sulit sinyal, handphone akan bekerja lebih keras untuk mencari pinjaman sinyal. Hal ini tentu akan menciptakan konsumsi daya baterai semakin besar dan menyebabkan hp menjadi cepat panas. Jika ingin menghemat baterai di area yang sulit sinyal, matikan data dan hanya gunakan sinyal seluler.

Cara Mengatasi hp cepat panas

Hp yang berada pada suhu udara panas juga sanggup menjadi salah satu penyebab cepat panasnya hp. Berikut ini beberapa hal yang sanggup dilakukan untuk mengatasi hp yang cepat panas.
Memiliki handphone yang terlalu gampang panas tentu tidak menyenangkan Cara Mengatasi HP Panas Agar Tidak Cepat Rusak

1. Menggunakan charger original

Salah satu cara mengatasi hp panas yaitu memakai charger original. Karena sudah dipakai cukup usang mungkin charger orisinil bawaan pabrik rusak. Meskipun harganya terbilang mahal, Anda harus tetap mengganti charger yang rusak dengan charger original. Menggunakan sembarang charger sanggup membahayakan kondisi baterai. Hal inilah yang kebanyakan menjadi pemicu baterai hp menjadi cepat panas meskipun tidak dipakai untuk kegiatan yang terlalu berat. Anda sanggup mengecek kualitas charger dengan memakai aplikasi ampere.

2. Mematikan GPS dan bluetooth

Dua fitur ini biasanya akan aktif secara otomatis pada smartphone. Sebaiknya matikan dua fitur ini ketika tidak dipakai terutama untuk bluetooth, pastikan Anda hanya mengaktifkannya ketika akan digunakan. Ketika handphone sudah terlampau panas, Anda juga sanggup mematikan penggunaan wifi. Jaringan wifi memang tidak secara eksklusif mempengaruhi panas atau tidaknya baterai handphone. Akan tetapi background aplikasi yang hanya aktif ketika tersambung jaringan wifi sanggup menyebabkan prosesor perangkat bekerja terlalu keras dan menyebabkan hp menjadi panas.

Baca juga : Cara Mengatasi HP Lemot Agar Ngebut Lagi 

4. Kurangi multitasking

Spesifikasi smartphone yang semakin canggih dan mumpuni sanggup menciptakan Anda mengaktifkan beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan. Perlu diketahui, selain aplikasi aktif tersebut terdapat aplikasi background yang sudah terlebih dahulu aktif. Smartphone sanggup menjadi cepat panas ketika melaksanakan kiprah secara bersamaan yang melebihi kapasitas. Kurangi penggunaan performa tocker dan hanya gunakan aplikasi yang benar-benar diperlukan ketika hp mulai panas.

5. Cek kondisi baterai

Mungkin Anda mengalami hambatan meskipun tidak memakai hp secara berlebihan, hp tetap panas. Jika demikian, Anda perlu cek kondisi baterai. Untuk handphone tipe usang yang belum memakai baterai tanam akan lebih gampang dicek kondisi baterainya alasannya yaitu Anda hanya perlu melepas casing handphone kepingan belakang. Akan tetapi untuk hp yang sudah memakai baterai tanam mungkin akan kesulitan melaksanakan hal ini. Jika kondisi panas hp sudah berlebihan, tidak ada salahnya untuk tiba ke servis center dan cek kondisi baterai. Segera ganti baterai jikalau kualitas baterai sudah tidak memungkinan untuk digunakan.

6. Ventilasi penyimpanan

Kebanyakan orang akan selalu membawa smartphonenya kemanapun ia pergi. Baik di dalam saku celana, jaket maupun di dalam tas, sangat perlu untuk memperhatikan ‘ventilasi’ penyimpanan. Jangan biarkan handphone terus berada di dalam ruang tertutup atau bahkan terus disimpan di dalam celana yang ketat. Hal tersebut sanggup menciptakan hp menjadi cepat panas. Memperhatikan kawasan penyimpanan handphone merupakan salah cara mengatasi hp panas.

Baca juga : Cara Menggunakan Google Drive untuk menyimpan File 

7. Hindari percikan air

Hal ini tidak berlaku bagi smartphone water resist. Banyak dari kita biasanya membawa handphone ke kamar mandi, bak renang atau ke kawasan lainnya yang rawan terkena percikan air. Air dalam jumlah yang cukup sanggup menciptakan hp menjadi cepat panas.

8. Menghapus file sampah dan gunakan aplikasi pendingin 

Sampah, cache dan cookies yang ada dalam jumlah banyak atau bahkan menumpuk sanggup menciptakan hp menjadi cepat panas. Hal tersebut sanggup mempengaruhi kerja CPU dan RAM sehingga sanggup memancing baterai handphone menjadi cepat panas. Rutinlah untuk menghapus file-file sampah yang tidak digunakan. Untuk meningkatkan performa, Anda sanggup memakai aplikasi pendingin untuk membantu mendinginkan handphone. Aplikasi pendingin akan membantu menjaga handphone untuk tetap mempunyai suhu yang stabil.

Jika terus menerus dibiarkan, hp yang cepat panas sanggup menciptakan baterai dan hp itu sendiri menjadi rusak. Untuk menanggulangi hal tersebut, biasakan untuk memakai perangkat secara sehat dan tidak berlebihan. cara mengatasi hp panas sanggup dipakai ketika panas perangkat berada dalam kondisi tidak semestinya.
Komentar

Tampilkan

Terkini

Peristiwa

+