27 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan, Diet, Dan Kecantikan Kulit Wajah Sampai Rambut

Ridhmedia
01/09/16, 19:38 WIB
Manfaat Jeruk Nipis - Ingin tahu khasiat jeruk nipis? Inilah ulasan lengkap ihwal manfaat jeruk nipis untuk kesehatan, diet, dan kecantikan kulit wajah hingga rambut. Buah yang kaya vitamin C ini biasanya dipakai sebagai penghilang bau amis, penyedap masakan, minuman penyegar, atau pun sebagai obat herbal alami.

Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) atau dikenal dengan nama jeruk pecel ini mempunyai ciri-ciri antara lain tinggi tumbuhan mencapai sekitar 3 - 6 meter, bercabang banyak, berduri, daun lonjong, dan tangkai daun bersayap kecil. Buahnya berbentuk lingkaran dengan warna hijau hingga kuning, rasanya asam, dan berbau harum.
 Inilah ulasan lengkap ihwal manfaat jeruk nipis untuk kesehatan 27 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan, Diet, Dan Kecantikan Kulit Wajah Hingga Rambut
Gambar Ilustrasi Manfaat Jeruk Nipis

Daftar Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan, Diet, Dan Kecantikan Kulit Wajah Hingga Rambut


Selain vitamin C sebagai antioksidan, jeruk nipis juga mengandung nutrisi lain menyerupai vitamin B1, kalsium, fosfor, protein, dan zat besi yang baik untuk kesehatan tubuh. Artikel kesehatan kali ini akan membahas seputar kandungan zat gizi, manfaat, dan imbas samping mengkonsumsi jeruk nipis secara berlebihan.

Kandungan Zat Gizi (Nutrisi) Dalam Jeruk Nipis

 Inilah ulasan lengkap ihwal manfaat jeruk nipis untuk kesehatan 27 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan, Diet, Dan Kecantikan Kulit Wajah Hingga Rambut
Gambar Ilustrasi Kandungan Zat Gizi (Nutrisi) Dalam Jeruk Nipis
Berbicara ihwal khasiat jeruk nipis, tentu tak akan lepas dari kandungan nutrisi di dalamnya. Dirangkum dari banyak sekali sumber, kandungan zat gizi jeruk nipis per 100 gram antara lain :
  • Protein : 0,8 g
  • Lemak : 0,1 g
  • Karbohidrat : 12,3 g
  • Kalsium : 40 mg
  • Fosfor : 22 mg
  • Zat Besi : 0,6 mg
  • Vitamin B1 : 0,04 mg
  • Vitamin C : 27 mg
  • Air : 86 g
  • Energi : 37 kkal

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Tubuh 

menyembuhkan watu pilek dengan cepat.

6. Meredakan Demam atau Flu


Selain bermanfaat untuk obat batuk, jeruk nipis juga ampuh meredakan demam atau flu. Caranya, ambil satu jeruk nipis, kemudian basuh bersih dan peras ambil airnya. Lumatkan 3 siung bawang merah, kemudian campur dengan air perasan jeruk nipis serta 1 sendok makan minyak kelapa. Oleskan ramuan herbal tersebut pada kening.

Cara lainnya yaitu : ambil satu buah jeruk nipis kemudian panggang sebentar. Potonglah jeruk nipis dengan pisau bersih, kemudian peras ambil airnya. Tambahkan 1 sendok makan madu pada air perasan tersebut, kemudian diminum.

7. Menjaga Kadar Gula Darah


Kandungan serat, vitamin C, dan potasium dalam jeruk nipis berguna dalam mencegah kenaikan gula darah dalam tubuh. Kadar gula dalam jeruk nipis juga terbilang rendah sehingga cocok bila dikonsumsi para penderita diabetes.

8. Menurunkan Resiko Kanker / Melawan Kanker


Kenker merupakan salah satu penyakit berbahaya yang harus diwaspadai. Penyakit kanker terjadi lantaran adanya pertumbuhan sel abnormal yang berkembang dibagian tubuh mana saja, dari mulai payudara, paru-paru, otak, tulang, usus, hingga ginjal.

Nah, untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, ada baiknya Anda rajin mengkonsumsi air jeruk nipis. Menurut penelitian, beberapa senyawa dalam jeruk nipis dipercaya bisa melawan (memblokir) pertumbuhan kanker usus besar sebanyak 67% dalam kurun waktu 72 jam.

Kemampuan jeruk nipis dalam melawan sel kanker tak lepas dari zat antioksidan yang terkandung di dalamnya. Antioksidan ini akan menjaga fungsi sel, meningkatkan pertahanan sel-sel tubuh dari gangguan radikal bebas, dan meningkatkan sistem imun sehingga menurunkan risiko terkena penyakit kanker.

9. Mengatasi Peradangan


Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis mempunyai manfaat dalam mengurangi peradangan atau inflamasi menyerupai radang tenggorokan, radang sendi (arthritis), dan asam urat. Sebuah penelitian mengatakan bahwa, kelompok orang yang mengonsumsi vitamin C dalam jumlah sedikit, akan berisiko menderita arthritis 3 kali lebih besar dari pada mereka kelompok yang punya asupan vitamin C optimal.

Dengan rajin mengkonsumsi air jeruk nipis, kadar asam urat pun akan mulai berkurang. Asam urat yakni produk sisa dari proses pencernaan masakan tinggi purin, contohnya daging, hati, jamur, atau kacang-kacangan. Tambahkan jeruk nipis dalam sajian masakan sehari-hari Anda semoga hidup menjadi lebih sehat.

10. Mencegah Dehidrasi


Jeruk nipis bisa mencegah dehidrasi? Kok bisa seh? Jeruk nipis mempunyai rasa asam. Air perasan jeruk nipis yang bercita rasa asam bila ditambahkan pada minuman maka akan menciptakan Anda lebih banyak minum dari pada air putih biasa yang hambar. Dengan banyak minum, berarti Anda akan terhindar dari kehilangan cairan tubuh lantaran kebutuhan cairan untuk tubuh otomatis terpenuhi.

11. Mengobati Asma


Manfaat jeruk nipis untuk mengobati asma tentu saja tak lepas dari kandungan vitamin C-nya yang cukup tinggi. Konsumsi vitamin C dalam jumlah cukup dipercaya bisa mengurangi tanda-tanda asma atau pun infeksi pernafasan.

12. Mencegah Batu Ginjal


Sebuah penelitian mengatakan bahwa minum air jeruk nipis selama 4 tahun sanggup mengurangi terbentuknya watu ginjal. Hal ini tentu saja lantaran kandungan asam sitrat dalam jeruk nipis bisa mencegah proses pengikatan mineral lain oleh kalsium sehingga ginjal menjadi sehat.

Namun demikian, konsumsi jeruk nipis dihentikan dilsayakan secara berlebihan. Pasalnya, tingkat keasaman yang tinggi bisa mengakibatkan penyakit asam lambung atau yang dikenal dengan sebutan GERD (Gastroesophageal Reflux Disorder). Jika mulai ada tanda-tanda mual, muntah, dan nyeri ulu hati maka sebaiknya Anda berhenti meminum air jeruk nipis.

13. Menjaga Keseimbangan pH


Keseimbangan tingkat asam dan basa (pH) dalam tubuh merupakan faktor penting dalam menjaga kesehatan. Pada ketika kandungan pH tidak seimbang, maka tubuh biasanya akan sakit. Mengkonsumsi jeruk nipis yang asam tentu akan membantu menyeimbangkan pH dalam tubuh.

14. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi


Seperti yang telah dijelaskan pada uraian di atas, kandungan magnesium dan potasium dalam jeruk nipis berguna dalam menyehatkan jantung. Potasium akan membantu melancarkan sirkulasi / fatwa darah dan menurunkan tekanan darah sehingga akan mengurangi risiko penyakit jantung atau pun stroke.

15. Mengobati Asam Urat


Anda menderita penyakit asam urat? Jika iya, jeruk nipis bisa menjadi pilihan alternatif obat alami asam urat Anda. Minumlah segelas minuman jeruk nipis setiap pagi. Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis akan bermanfaat dalam melarutkan asam urat secara alami.

16. Menurunkan Kolesterol


Manfaat jeruk nipis bagi kesehatan selanjutnya yakni munurunkan kolesterol secara alami. Jeruk nipis mengandung flavonoid dengan jumlah yang cukup banyak bila dibandingan dengan buah lain. Senyawa flavonoid dipercaya bisa menghambat produksi kolesterol jahat (LDL).

Tak hanya itu, vitamin C di dalam jeruk nipis juga ikut membantu menurunkan timbunan lemak secara efektif. Apalagi jeruk nipis mengandung serat yang sanggup mencegah perembesan kolesterol dari makanan. Dengan demikian, mengkonsumsi air jeruk nipis bisa menjadi obat alami penurun kolesterol tubuh.

17. Mengatasi Sakit Gigi


Bukan hanya menimbulkan tak yummy makan, sakit gigi dan gusi abses juga akan mengganggu acara sehari-hari. Pasalnya, Anda akan kehilangan mood dalam melsayakan pekerjaan atau pun berguru lantaran rasa nyeri yang berdenyut-denyut.

Nah, untuk mengatasi sakit gigi tersebut, Anda sanggup memanfaatkan jeruk nipis. Caranya, ambillah jeruk nipis kemudian basuh hingga bersih. Iris menjadi 2 penggalan menggunakan pisau higienis, kemudian peraslah airnya. Campurkan air perasan jeruk nipis dengan air hangat, aduk hingga rata, gunakan untuk berkumur.

Lsayakanlah kumur-kumur menggunakan ramuan itu secara rutin setiap pagi dan malam hari sebelum tidur. Pastikan air bekas yang dipakai untuk berkumur tidak tertelan lantaran kemungkinan banyak mengandung bakteri. Anda juga bisa menerapkan obat sakit gigi alami ini dengan cara memeras jeruk nipis secara pribadi pada area gigi berlubang. Anda harus tahan sebentar, mungkin akan terasa agak perih.

18. Memutihkan Gigi


Jeruk nipis ternyata punya khasiat ampuh buat memutihkan gigi. Kandungan asam dalam jeruk nipis sanggup berperan sebagai alkali alami sehingga sanggup menyeimbangkan kadar pH di dalam mulut. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung antibakteri yang bisa menghilangkan basil penyebab warna kuning pada gigi.

Ada beberapa cara memutihkan gigi dengan menggunakan jeruk nipis. Satu diantaranya yaitu menciptakan adonan air perasan dari 1 buah jeruk nipis dengan 1 sendok makan garam. Gosok-gosokkan adonan tersebut pada gigi sebanyak 2 kali dalam sehari secara rutin.

19. Menghilangkan Bau Badan Pada Ketiak


Aroma jeruk nipis yang harum dan mengandung antioksidan tentu sangat pas bila dipakai sebagai penghilang bau tubuh tak sedap. Anda sanggup menggunakan jeruk nipis sebagai pengganti deodoran. Caranya, ambil 1 buah jeruk nipis dengan ukuran agak besar. Potong menjadi 2 bagian, kemudian olesi dengan kapur sirih secara tipis-tipis saja.

Oleskan potongan jeruk nipis tersebut pada ketiak Anda sesudah mandi. Diamkan beberapa saat, sekitar 5 menit. Kemudian bilas hingga bersih. Lsayakan cara ini setiap pagi dan sore secara rutin semoga tubuh Anda terbebas dari bau tak sedap.

20. Meringankan Gejala Ambeien / Wasir


Salah satu penyebab Ambeien yakni dehidrasi. Penyakit Ambeien atau wasir seringkali mengganggu acara sehari-hari. Anda akan merasa tidak nyaman ketika duduk atau pun berjalan. Kurangnya asupan air ke dalam tubuh (baca : dehidrasi) merupakan salah satu penyebab wasir.

Nah, untuk meringankan tanda-tanda wasir, Anda bisa minum air putih yang banyak. Jika tak terlalu suka air putih, Anda sanggup mencoba jus adonan jeruk nipis, jahe, dan madu. Minumlah jus ini sebanyak dua kali sehari sehingga tubuh Anda tetap terhidrasi dan wasir pun bisa teratasi.

21. Meredakan Anyang-Anyangan


Selain wasir, penyakit Anyang-Anyangan juga kerap kali mengganggu kegiatan sehari-hari. Hal ini tentu saja lantaran orang yang terkena Anyang-Anyangan akan terus-terusan merasa ingin buang air kecil meskipun urine yang keluar sedikit.

Untuk meredakan Anyang-Anyangan, Anda sanggup meminum air perasan jeruk nipis. Caranya, ambil sekitar 2 buah jeruk nipis. Cuci hingga bersih, potong jadi 2 bagian, kemudian peraslah untuk diambil airnya.

Tambahkan gula watu / gula pasir secukupnya semoga rasa asamnya sedikit berkurang. Campur dengan 1 gelas air panas, kemudian aduk hingga merata. Tunggu hingga hangat, kemudian minumlah air ramuan tersebut.

22. Menghilangkan Kebiasaan Merokok


Merokok sangatlah tidak dianjurkan lantaran mempunyai imbas jelek bagi kesehatan organ tubuh. Misalnya, paru-paru menjadi rusak, mengakibatkan penyakit jantung, dan stroke. Walaupun tahu akan bahayanya, namun bagi sebagian orang, berhenti merokok bukanlah hal mudah.

Namun demikian, bukanlah hal tidak mungkin bila para perokok ingin berhenti. Mereka bisa mencoba terapi menggunakan jeruk nipis. Ambil satu buah jeruk nipis, basuh hingga bersih, kemudian potong menjadi 2 bagian. Isaplah jeruk nipis kemudian minum air putih. Anda bisa melsayakan terapi ini beberapa hari sehingga bisa bertahap mengurangi rokok.

Baca Juga :

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet

 Inilah ulasan lengkap ihwal manfaat jeruk nipis untuk kesehatan 27 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan, Diet, Dan Kecantikan Kulit Wajah Hingga Rambut
Gambar Ilustrasi Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet Penurunan Berat Badan

23. Menurunkan Berat Badan


Selain berguna dalam bidang kesehatan, jeruk nipis juga termasuk masakan yang bagus untuk diet menurunkan berat badan. Mengapa? Hal ini tentu saja lantaran kandungan nutrisi jeruk nipis baik bagi kelangsungan agenda diet penurunan berat badan.

Segelas air jeruk nipis hanya mengandung 11 kalori sehingga tak berdampak jelek pada berat badan. Apalagi jeruk nipis kayak akan vitamin C yang sanggup memperabukan lemak ketika Anda berolahraga. Asam sitrat dalam jeruk nipis akan meningkatkan metabolisme sehingga membantu pembakaran kalori dan menyimpan sedikit lemak.

Untuk hasil optimal, diet jeruk nipis saja tidak lah cukup. Anda harus menambah dengan olah raga sekitar 30 menit setiap hari semoga semakin banyak lemak yang terbakar. Perbanyak pula konsumsi buah dan sayur.
 Inilah ulasan lengkap ihwal manfaat jeruk nipis untuk kesehatan 27 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan, Diet, Dan Kecantikan Kulit Wajah Hingga Rambut
Gambar Ilustrasi Infused Water Jeruk Nipis Untuk Diet
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda mencoba cara menurunkan berat tubuh dengan jeruk nipis, antara lain :

  • Gunakan air hangat. Penggunakan air hangat dalam menciptakan minuman jeruk nipis akan mempercepat proses metabolisme.
  • Hindari Gula. Minuman jeruk nipis yang dibentuk sebaiknya tak menggunakan gula. Tapi, bila Andaa belum terbiasa meminum air asam, bisa menambahkan gula secukupnya. Lalu bertahap dikurangi hingga tanpa gula sedikit pun.
  • Tambahkan Jahe. Agar agenda diet Anda maksimal, tambahkanlah air sari jahe ke dalam minuman jeruk nipis. Untuk mendapat sari jahe, Anda sanggup memblender 2 inchi jahe segara kemudian peras menggunakan saringan, buang ampasnya.
  • Topping Jeruk Nipis. Tak hanya berbentuk minuman, Anda juga bisa mengkonsumsi jeruk nipis dengan menambahkannya ke dalam masakan. Peraslah jeruk nipis untuk menambah aroma segar pada kuah bakso, soto, salad, steak, dan sebagainya.
  • Infused Water. Apa seh Infused Water itu? Infused Water yakni minuman kesehatan yang terbuat dari air mineral dan banyak sekali macam potongan buah yang kemudian disimpan di dalam wadah tertutup selama beberapa waktu. Jika Anda sibuk sekali sehingga tak sempat memeras jeruk nipis, maka bisa menambahkan potongan jeruk nipis pada minuman Anda.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan Kulit Wajah Dan Rambut

 Inilah ulasan lengkap ihwal manfaat jeruk nipis untuk kesehatan 27 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan, Diet, Dan Kecantikan Kulit Wajah Hingga Rambut
Gambar Ilustrasi Manfaat Jeruk Nipis Kecantikan

24. Meremajakan Kulit


Salah satu manfaat jeruk nipis untuk kecantikan yakni meremajakan kulit. Kandungan vitamin C nya bisa berfungsi sebagai antioksidan yang akan menangkal radikal bebas pada kulit dan memperkuat kolagen. Dengan demikian, kulit Anda akan tampak infinit muda lantaran sel-sel kulit matinya akan terangkat kemudian digantikan oleh sel baru.

Untuk memperoleh khasiat jeruk nipis, Anda sanggup mengkonsumsinya sebagai minuman. Sebaiknya hindari cahaya matahari ketika pemakaian pribadi air perasan jeruk nipis pada kulit. Hal ini lantaran bila ketika mengoleskannya terkena cahaya matahari pribadi bisa mengakibatkan Phytophotodermatitis menyerupai terbakar, gatal, dan kemerah-merahan.

25. Mencerahkan Wajah


Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa jeruk nipis berkasiat dalam mengangkat kulit mati. Terangkatnya sel-sel kulit mati kemudian digantikan dengan sel baru, tentu akan menciptakan kulit menjadi tampak lebih cerah.

26. Menghilangkan Jerawat dan Flek Hitam


Jeruk nipis dikenal sebagai salah satu obat alami untuk menghilangkan jerawat pada wajah. Kandungan antibiotiknya bisa membasmi basil penyebab jerawat. Bahkan, flek hitam pada wajah pun kabarnya bisa dihilangkan dengan ramuan jeruk nipis.
 Inilah ulasan lengkap ihwal manfaat jeruk nipis untuk kesehatan 27 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan, Diet, Dan Kecantikan Kulit Wajah Hingga Rambut
Gambar Ilustrasi Manfaat Jeruk Nipis Untuk Menghilangkan Jerawat
Ada banyak cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis yang bisa dilsayakan, mulai dari mengkonsumsinya sebagai minuman, mengaplikasikannya secara pribadi pada kulit, atau pun dibentuk semacam masker wajah dengan kombinasi materi alami lain. Perlu diingat, penggunaan jeruk nipis ini tidak direkomendasikan bagi pemilik kulit sensitif lantaran bisa menimbulkan iritasi.

27. Mencegah Rambut Rontok Dan Ketombe


Vitamin C dalam jeruk nipis memang mempunyai peranan penting dalam bidang kecantikan, baik kulit maupun rambut. Manfaat vitamin C bagi rambut antara lain mendorong pertumbuhan akar rambut dan mencegah kerontokan. Oleh lantaran itu, jeruk nipis dikenal sebagai obat alami untuk menebalkan rambut atau pun mencegah kebotakan.

Selain itu, pemakaian jeruk nipis secara teratur dipercaya bisa membasmi ketombe. Cara penerapannya cukup mudah sederhana, Anda tinggal ambil jeruk nipis kemudian potong dan peraslah airnya. Campurkan air perasan itu dengan air seperlunya, kemudian oleskan pada rambut. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas hingga bersih.

Efek Samping Kebanyakan Minum Air Jeruk Nipis

 Inilah ulasan lengkap ihwal manfaat jeruk nipis untuk kesehatan 27 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan, Diet, Dan Kecantikan Kulit Wajah Hingga Rambut
Gambar Ilustrasi Efek Samping Kelebihan Jeruk Nipis
Meskipun jeruk nipis punya banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, namun bila dikonsumsi secara berlebihan, justru akan menimbulkan imbas samping jelek pada kesehatan tubuh. Apalagi buat Anda penderita maag kronis, sebaiknya tidak mengkonsumsi jeruk nipis lantaran kandungan asam sitratnya cukup tinggi.

Beberapa imbas samping negatif yang mungkin disebabkan oleh asupan jeruk nipis secara berlebihan antara lain asam lambung naik dan mengakibatkan gigi rusak. Jadi, sebaiknya Anda mengkonsumsi jeruk nipis sesuai kadar normal yang ditetapkan oleh para andal medis / kedokteran.

Demikianlah sekilas gosip kesehatan ihwal khasiat jeruk nipis bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Bagi Anda yang kebetulan sudah pernah mendapat manfaat atau mengalami dampak jelek akhir buah ini, bisa menuliskan pengalamannya melalui kolom komentar. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.
Komentar

Tampilkan

Terkini

Peristiwa

+