Cara Menampilkan Atau Upload File Dokumen (Pdf, Word, Ppt, Excel) Pada Postingan

Ridhmedia
08/04/18, 15:37 WIB


Sebenarnya bukan hanya file PDF saja sih, tapi semua jenis file dokumen (PDF, Word, PPt, Excel)  dapat diupload ke dalam postingan blog. Kemudian tampil dan dapat diakses oleh pembaca blog kita.


Banyak blogger yang berniche tutorial komputer mengulas cara menampilkan file PDF atau jenis dokumen lainnya di blog mereka. Ketika Anda googling pun, banyak artikel yang mengulas perihal itu.

Menampilkan file dokumen ke dalam postingan blog menjadi daya tarik sendiri bagi konten kita. Dengan menampilkan file dokumen di postingan kita, pengunjung akan lebih tertarik. Selain itu, dokumen biasanya diperlukan oleh pembaca dibandingkan dengan menyajikan kalimat di tubuh postingan kita.

Misalnya gini: Ketika kita memposting format surat resmi. Pengunjung/pembaca blog kita akan lebih tertarik dengan melihat pola dokumen, entah itu pdf atau word, dibandingkan dengan goresan pena postingan kita. Sehingga, pengunjung akan gampang mengambil manfaat dari artikel kita tersebut.

Cara Menampilkan (Menyematkan/Embed) File Dokumen (PDF, Word, Powerpoint, Excel) pada Postingan Blog


Langkah ke-1: Login ke fitur google dokumen


Bagi Anda pengguna akun Google, satu akun dapat login ke aneka macam produk google. Kita akan dapat login dengan akun gmail kita ke situs google dokumen. Caranya, kunjungi link berikut: https://doc.google.com. Kemudian, loginlah dengan akun gmail Anda.


Setelah Anda login, tampilan Google Dokumen akan terlihat ibarat gambar berikut:



Kebetulan produk google milik saya sudah berbahasa Indonesia. Jika Anda memakai bahasa Inggris sesuaikan aja ya..., yang penting daerah dan fungsinya sama

Langkah ke-2 : Pilih logo Folder


Setelah tampil ibarat gambar tadi, pilih ikon Folder yang ada di pojok kanan. Nantinya akan ada judul "Buka Pemilih File" dikala kursor mendekati file tersebut. Perhatikan gambar:



Langkah ke-3: Pilih sajian 'Upload"


Setelah itu, akan tampil ibarat gambar di bawah ini. Kemudian pilih "Upload"



Dengan mengeklik "Pilih File dari Komputer Anda", Anda akan diarahkan ke Drive komputer Anda untuk mengambil file dokumen (PDF, Word, Excel, PPt). Setelah Anda pilih, silakan klik simpan

Langkah ke-4: Mengatur Publikasi Dokumen


Langkah ke-4 ini begitu penting untuk dilakukan biar file yang akan kita sematkan di postingan blog biar terbaca secara umum. Permasalahan yang sering muncul bagi blogger ialah dikala sudah berhasil mengupload dan sudah menyematkan linknya di postingan blog, malah tidak muncul oleh pembaca lain. Oleh alasannya ialah itu, langkah ke-4 ini sangat penting.

Perhatikan jenis dokumen berikut:

Dokumen berekstensi Word, Excel, dan PPt atur publikasinya dengan cara:

  •  Buka File hasil upload Anda di doc.google.com, nanti akan tampil ibarat gambar berikut:

 Kemarin sempat blogwalking di beberapa blog sobat Cara Menampilkan atau Upload File Dokumen (PDF, Word, PPt, Excel) pada Postingan Blog

  • Kemudian Pilih Menu "File" >> Pilih Menu "Berbagi" (English: Shared) >> Pilih Kolom dan pilih "Lainnya" (English: "Others") >> Kemudian pilih "Aktif di Web". Perhatikan Gambar berikut:


Dokumen berekstensi PDF, atur publikasinya dengan cara:


  •  Buka File hasil upload Pdf, Pilih simbol tiga titik kemudian pilih "Drive"

  • Anda akan diarahkan pada situs drive.google.com milik Anda. Aktifkan rantai sampai berwara hijau, kemudian pilih "Setelan Berbagi"

  • Kemudian, pilih sajian Rantai >> Pilih "Setelan Berbagi" >> Pilih Kolom dan pilih "Lainnya" (English: "Others") >> Kemudian pilih "Aktif di Web. Perhatikan gambar animasi berikut:


Langkah Ke-5: Mengcopy format link yang akan disematkan (Embed Link) pada postingan 


Untuk menyematkan/embed link dokumen berformat Word, Excel, dan PPt. Link Penyematan dillakukan dengan cara:

  • - Buka file Word atau Excel atau PPt di doc.google.com
  • - Akan tampil secara online dokumen tersebut, kemudian piih sajian kafe "File" dan pilih "Publikasikan di web"
  • - Lalu copy instruksi HTML yang ada di kolom tersebut, kemudian klik "Publikasikan"

Untuk menyematkan/embed link dokumen berformat pdf, dilakukan dengan cara:

  • - buka file Pdf yang sudah Anda upload
  • - akan tampil secara online dokumen tersebut ibarat gambar, kemudian pilih sajian atau simbol titik tiga, kemudian pilih "sematkan item"

Langkah Ke-6: Mem-paste-kan instruksi HTML di postingan


Selanjutnya, Anda tinggal memposting instruksi HTML di postingan blog. Ingat, format inputnya harus dalam bentuk "HTML", bukan "Compose"

Jika Anda berhasil mengikuti langkah-langkahnya di blog ini, maka akan tampil ibarat berikut:

Format Word:


Format Excel:


Format Power Point (PPT)

Format PDF


Selama memposting artikel ini, saya juga akan membagikan tutorial ini dalam bentuk video. Tunggu saja ya ....

Itulah cara menampilkan atau upload file dokumen (Pdf, Word, Excel, Ppt) pada postingan blog.
Komentar

Tampilkan

Terkini

Peristiwa

+