3 Penyakit Menular Seksual Yang Bisa Menyebar Lewat Ciuman.

Ridhmedia
05/03/19, 08:51 WIB

Seperti namanya, penyakit menular memang cenderung menyebar dari satu individu ke individu lain lewat aktivitas seksual. Melakukan seks secara vaginal, oral, hingga anal berisiko sebabkan penyakit ini menyebar dengan mudah. Cairan kelamin serta kontak fisik yang intens menyebabkan virus atau bakteri gampang menyebar.

Karena risiko seks sangat tinggi bahwa enggak dilakukan dengan aman, beberapa orang memilih cuma melakukan ciuman atau sekadar berpelukan saja. Nah, apakah dengan cuma berciuman (ciuman yang menggunakan lidah serta bertukar saliva) kita aman terhadap penyakit menular seksual? Jawabannya yakni tidak. Masih ada beberapa penyakit yang bisa menular lewat ciuman.

Penyakit menular seksual yang enggak menular lewat ciuman

Sebelum mengetahui jenis penyakit menular seks apa saja yang bisa menular lewat ciuman, kita bahas dulu yang enggak menular lewat ciuman. Namun, bahwa Kalian melakukan seks lebih jauh dari sekadar ciuman, saja beberapa penyakit di bawah ini menular.
 
Klamidia. Penyakit menular seksual ini cuma bisa ditularkan lewat pertukaran cairan kelamin baik lewat oral, anal, serta vaginal. Penularan Melalui ciuman enggak terjadi karna bakteri dari klamidia enggak terdapat di area mulut serta kelenjar ludah.
 
Hepatitis. Infeksi virus hepatitis cuma bisa ditularkan lewat aktivitas seks, transfusi darah, serta virus masuk lewat luka yang ada di tubuh. Ciuman enggak bakal menularkan penyakit ini walau dilakukan dengan lidah.
 
Gonore. Penyakit ini banyak menyerang pria walau pada wanita juga bisa terjadi. Penularan cuma terjadi lewat aktivitas seks tanpa kondom apa pun jenisnya.
 
Penyakit inflamasi pelvis. Bakteri yang menyebar serta menyebabkan peradangan di pelvis masuk lewat aktivitas seks enggak sehat. Bakteri bisa dengan masuk lewat vagina serta menyebar ke dalam.
 
Trichomoniasis. Penyakit ini menular secara spesifik cuma lewat kemaluan saja. Seks oral serta anal sekalipun enggak bisa menularkan penyakit ini.
 
HIV. Penyakit yang cukup berbahaya serta hingga saat ini belum ada obatnya ini cuma menular lewat transfusi darah, cairan mani, cairan di anus, cairan vagina, serta ASI. Ciuman enggak bakal bisa menularkannya.

Meski sebagian besar penyakit menular seksual enggak menular lewat ciuman, kita tetap perlu waspada bahwa mau melakukan hal ini. Penyakit lain yang berada di sekitar mulut serta saluran pernapasan juga bisa menular dengan gampang ke orang lain, kita ambil contoh sajak TBC.

Penyakit menular seksual yang menular lewat ciuman

Penyakit menular seksual yang menyebar lewat ciuman enggak banyak. Ada tiga jenis penyakit yang bisa menularkan virus atau bakteri secara langsung serta enggak langsung.

1. Herpes

Herpes ada dua jenis pertama yang HSV-1 atau sering disebut dengan nama oral herpes da yang kedua HSV-2 atau herpes genital. Keduanya bisa masuk dengan gampang ke tubuh serta menyebabkan masalah bahwa daya tahan tubuh anjlok. Virus ini mampu menular lewat aktivitas apa pun termasuk ciuman yang intens.

Herpes muncul dalam bentuk inflamasi di kulit serta muncul bisul kecil dalam jumlah banyak. Saat daya tahan anjlok, virus bakal mulai aktif serta menyebabkan masalah seperti perasaan panas di sekitar kulit serta demam tinggi.

2. Cytomegalovirus

Selain ditularkan lewat ciuman, penyakit CMV ini juga bisa menular ke orang lain lewat urine, darah, cairan mani, serta air susu. Tanda penyakit bahwa muncul pada tubuh yakni perasaan lelah, tenggorokan sakit, demam, serta sekujur tubuh terasa sakit serta enggak nyaman.

3. Sifilis

Secara umum sifilis memang enggak secara langsung menyebabkan masalah pada tubuh bahwa Kalian serta pasangan berciuman. Penularan juga lebih banyak terjadi lewat aktivitas seks mulai dari anal, vaginal, serta oral. Sayangnya, sipilis juga bisa menular bahwa ada luka di dalam mulut seseorang.

Kalau seseorang mempunyai sifilis serta menyebabkan luka di dalam mulutnya, kemungkinan besar menular bakal besar. Apalagi bahwa seseorang melakukan ciuman dengan intensitas tinggi serta menggunakan lidah serta gigi.. Kalau terjadi luka penularan bisa cepat terjadi serta dalam beberapa hari Telah menyebar ke seluruh tubuh.

Cara melakukan seks yang benar agar enggak terkena penyakit menular

Membicarakan masalah penyakit menular seksual dengan pasangan memang cukup sulit. Salah saja berkata bisa menyebabkan perasaan enggak nyaman. Namun, Kalian tetap perlu melakukannya agar seks yang dilakukan berjalan dengan tanpa menimbulkan  risiko.
  • Kalau Kalian melakukan seks dengan pasangan menikah atau jangka panjang sebisa boleh menjadi membicarakan masalah penularan penyakit seks ini dengan baik. Kalau pasangan sama-sama sadar dengan kesehatan lakukan pemeriksaan berdua agar dikenal ada atau tidaknya masalah kesehatan.
  • Kalau salah satu pasangan mempunyai penyakit menular seks ada baiknya buat enggak langsung memberikan tuduhan. Bisa saja penyakit menular lewat cara yang enggak dipikirkan. Misal herpes yang bisa menular lewat sentuhan tangan saja.
     
  • Sembuhkan penyakit menular seksual yang muncul hingga sembuh. Sebisa Mungkin buat melakukan kontrol rutin agar penyakit ini benar-benar bisa diatasi dengan sempurna.
     
  • Kalau Kalian serta pasangan masih melakukan seks, ada baiknya menggunakan pengaman seperti kondom. Dengan pengaman, kemungkinan mengalami penularan penyakit bakal sangat kecil.
     
  • Ketahui jenis penyakit menular seksual yang dialami. Kalau penyakit menular seksualnya seperti daftar di atas, kemungkinan besar bisa menular lewat ciuman. Waspadai aktivitas pemanasan agar enggak kecolongan serta tertular.
     
  • Selalu melakukan seks dengan pengaman apa pun alasannya. Kecuali Kalian serta pasangan mau mempunyai momongan baru enggak perlu mengenakan kondom.

Dari ulasan di atas kita menjadi lebih mengerti bahwa melakukan seks dengan jenis apa pun tetap bisa menularkan penyakit. Oleh karna itu, selalu berhati-hati melakukan seks atau sekadar berciuman bahwa bukan dengan pasangan resmi yang secara kesehatan kita mengetahui kondisinya.
Komentar

Tampilkan

Terkini