Kemaluan Sering Gatal Pasca Seks? Ini Penyebab Utamanya!

Ridhmedia
06/03/19, 12:15 WIB

Seks memang memberikan rasa nikmat pada pria serta wanita. Namun, aktivitas ini juga bisa membuat kemaluan pria serta wanita terasa gatal hingga akhirnya terasa perih serta panas. Kondisi gatal ini sebenarnya kerap terjadi pada pria serta wanita walau intensitasnya berbeda-beda. Ada yang kuat serta membuat Kalian enggak nyaman hingga ada yang ringan sehingga satu dua kali digaruk rasa gatalnya hilang.

Sebenarnya Kalian enggak bisa meremahkan begitu saja rasa gatal di penis serta vagina pasca seks. Bisa menjadi gangguan yang muncul adalah tanda dari penyakit tertentu yang lebih serius. Berikut penyebab utama dari rasa gatal di kemaluan pasca seks.

Penyebab penis gatal setelah seks

Penis juga bisa mengalami gatal pasca seks. Beberapa pria barangkali enggak merasa walau banyak di antaranya yang merasa enggak nyaman. Berikut beberapa penyebab gatal di penis pasca seks selengkapnya.

1. Melakukan seks dengan intensitas tinggi

Seks yang intens enggak perlu dilakukan dengan gerakan yang cepat, kasar, serta membuat pasangan sampai enggak tahan. Kalau Kalian sampai melakukan ini, penis bakal mengalami gesekan yang besar dengan vagina serta menyebabkan permukaan kulit serta glans menjadi terasa gatal serta nyeri.

Kondisi ini bakal kian parah bahwa seks dilakukan dengan vagina masih kering serta belum mempunyai banyak pelumas. Penis bakal kian terasa gatal karna gesekan yang terjadi kian besar serta kemungkinan terjadi luka juga sangat besar.

2. Alergi dengan kondom lateks

Pria yang mengalami alergi dengan lateks enggak banyak atau cuma sekitar 1 persen saja. Kalau Kalian termasuk yang mengalami gangguan ini penis bakal terasa gatal hingga tubuh terasa enggak nyaman. Alergi ini muncul dari kondom yang digunakan oleh pria.

3. Infeksi jamur di penis

Infeksi jamur di penis juga menyebabkan rasa panas serta gatal yang enggak nyaman. Infeksi ini bisa terjadi karna pria enggak bisa menaga sanitasi area kemaluan atau karna tertular dari pasangannya yang Telah mengalami infeksi jamur sebelumnya ketika bercinta.

Penyebab vagina gatal setelah seks

Vagina mengalami gatal pasca seks karna beberapa hal, yang paling sering terjadi yaitu beberapa poin di bawah ini.

1. Vagina terlalu kering

Vagina yang terlalu kering juga bakal menyebabkan rasa gatal setelah seks selesai. Vagina kering bisa terjadi karna dua hal. Pertama kondisi alami tubuh seperti menopause. Selanjutnya vagina kering juga bisa terjadi karna pemanasan ketika seks enggak berjalan dengan lancar.

2. Alergi dengan lateks

Wanita juga bisa mengalami alergi lateks dari kondom yang digunakan oleh pria. Agar alergi yang dirasakan enggak parah atau muncul, sebisa barangkali buat mengenali apakah seks kontrasepsi yang digunakan Telah sesuai atau belum. Kalau enggak sesuai bisa memilih kondom jenis lain.

3. Alergi dengan sperma

Alergi dengan sperma bisa terjadi pada beberapa wanita. Begitu air mani keluar serta mengenai vulva atau rongga vagina, rasa gatal bakal muncul dengan sendirinya. Rasa gatal ini terkadang dibarengi dengan beberapa gangguan lain seperti susah bernapas hingga tubuh menjadi lemas.

4. Ketidakseimbangan pH

Tubuh wanita sangat dikendalikan oleh hormon. Adanya perubahan hormon yang terjadi bisa menyebabkan wanita mengalami gangguan gatal yang cukup kuat. Persoalan ini terjadi karna flora normal yang ada di dalam vagina mengalami perubahan serta menyebabkan infeksi.

Infeksi penyakit menular seksual

Selain disebabkan oleh beberapa hal yang Telah dibahas sebelumnya. Rasa gatal di penis serta vagina bisa muncul karna infeksi penyakit menular seksual. Beberapa penyakit yang menyebabkan gatal terdiri dari:
  •     Gonore
  •     Klamidia
  •     Herpes genitalis
  •     Kutil kelamin
  •     Trikomoniasis

Cara mengatasi gatal di kemaluan pasca seks

Gatal yang muncul setelah bercinta bisa menyebabkan masalah yang besar. Oleh karna itu, Kalian perlu melakukan beberapa cara di bawah ini agar masalahnya hilang.
 
  • Jangan berhubungan seks sementara waktu.
  • Bersihkan dengan air yang bersih serta usahakan enggak menggunakan sabun atau sejenisnya.
  • Beri salep atau obat lain yang disarankan dokter buat mengurangi rasa gatal di vagina serta penis.
  • Gunakan antibiotik baik injeksi atau oral.
  • Gunakan obat yang digunakan buat mengatasi penyakit menular seksual sesuai dengan jenisnya seperti antivirus atau antijamur.
  • Kenali peralatan seks yang digunakan agar enggak menimbulkan alergi.

Mencegah gatal di kemaluan ketika bercinta

Gatal yang muncul di kemaluan ketika bercinta sebenarnya bisa dicegah dengan baik asal hendak melakukan beberapa hal di bawah ini dengan saksama.
  • Jaga sanitasi dari kemaluan sebelum melakukan seks. Kalian bisa rutin mengganti celana dalam yang digunakan atau mandi dahulu hingga bersih sebelum seks dilakukan.
  • Gunakan kondom yang benar, bahwa memang alergi dengan lateks bisa menggunakan jenis polyurethane.
  • Kalau ada kemungkinan terjadi penularan penyakit menular seksual, sebisa barangkali buat tetap menggunakan kondom walau dengan pasangan sendiri. Bukan ada salahnya buat menjaga diri.
  • Lakukan pemanasan yang benar ketika bercinta. Usahakan wanita Telah bisa mengeluarkan pelumas dalam jumlah yang cukup banyak. Gesekan di vagina bakal rendah bahwa cairan pelumasnya dihasilkan dalam jumlah banyak.
  • Setelah melakukan seks dengan pasangan sebisa barangkali buat secepatnya mandi serta membersihkan diri. Dengan mandi serta membersihkan diri, kotoran bakal hilang serta kemaluan enggak mengalami infeksi jamur atau virus.

Seks yaitu kebutuhan pokok yang dimiliki oleh setiap manusia. Karena kebutuhan pokok serta penting, ketika melakukannya pun perlu hati-hati. Kalau Kalian bisa melakukan seks dengan aman, peluang terjadi masalah bakal rendah. Kalian lebih santai ketika bercinta dengan pasangan serta enggak takut lagi pada rasa gatal atau gangguan lain.
Komentar

Tampilkan

Terkini

Peristiwa

+