Stadia, Platform Gaming Buatan Google Resmi Diperkenalkan

Ridhmedia
21/03/19, 18:47 WIB

 konsol berkualitas ke beberapa perangkat lewat Chrome Stadia, Platform Gaming Buatan Google Resmi Diperkenalkan

Di ajang Game Developer Conference 2019 yang digelar di San Fransisco, Amerika Serikat, Google resmi mengenalkan platform gaming besutannya yang bernama Stadia.

Melalui Stadia, Google menawarkan pengalaman bermain game konsol berkualitas ke beberapa perangkat lewat Chrome, atau Android tanpa perlu menggunakan perangkat spesifikasi tinggi serta sebagainya.

Stadia bukan sebuah perangkat konsol game, sebab, Stadia adalah sebuah layanan cloud gaming yang memungkinkan para pengguna buat bermain game secara streaming.

Jadi, pengguna enggak perlu menggunakan konsol game ataupun menginstal file game di perangkat, melainkan pengguna cuma butuh koneksi internet yang stabil umtuk memainkan game di Stadia.

Stadia juga terintegrasi dengan YouTube, menjadi pengguna dapat menonton video game favorit mereka di YouTube, setelah itu mareka dapat langsung memainkan gamenya cuma dengan mengunjungi tautan yang tersedia.

Game yang tersedia di layanan Stadia bisa dimainkan lewat beberapa perangkat yang berbeda seperti PC, tablet, smartphone, maupun Chromecast. Menariknya, pemain juga bisa berpindah-pindah perangkat sesuai keinginan, misalnya bermain di PC, lalu dilanjutkan di tablet.

 konsol berkualitas ke beberapa perangkat lewat Chrome Stadia, Platform Gaming Buatan Google Resmi Diperkenalkan

Google pun mengatakan, layanan Stadia bakal dapat menjalankan game hingga resolusi 4K dengan frame rate mencapai 60 fps. Namun dengan syarat, koneksi internet perlu berkecepatan minimal 25 Mbps.

tidak cuma Stadia, Google juga mengenalkan sebuah controller khusus yang dapat terhubung dengan layanan Stadia lewat Wi-Fi.

 konsol berkualitas ke beberapa perangkat lewat Chrome Stadia, Platform Gaming Buatan Google Resmi Diperkenalkan

Controller tersebut dapat langsung terhubung ke pusat data Stadia sehingga pemain dapat langsung menggunakannya, tanpa perlu melakukan konfigurasi tertentu pada perangkat yang digunakan buat streaming. tidak cuma itu, Controller juga terintegrasi dengan Google Assistant sehingga pemain bisa mendapat panduan tertentu dalam game.

Kabarnya, platform gaming Stadia bakal secepatnya tersedia pada tahun 2019 ini. Untuk ketika ini, Stadia bakal dapat dimainkan pengguna yang berada di wilayah Amerika Serikat, Kanada, Inggris serta sebagian besar Eropa. Belum ada informasi mengenai kapan Stadia bakal diluncurkan di kawasan Asia.


Komentar

Tampilkan

Terkini

Peristiwa

+