Google Search Andalkan Teknik BERT Untuk Hasil Akurat

Ridhmedia
30/10/19, 03:20 WIB


Google Search diandalkan penggunanya untuk menggali informasi, saat berselancar di dunia maya.

Danny Sullivan, Public Liaison for Search Google menjelaskan, untuk memahami Google Search memberikan hasil cukup akurat, Google terus mengembangkan mesin pencarinya Google Search.

Kali ini, Google memperkenalkan teknik open source berbasis jaringan neural untuk pelatihan awal natural languange processing (NLP) yang disebut Bidirectional Encoder Representations from Transformers (BERT).

Dikatakan Danny, setiap kali melakukan penelusuran, ada ribuan, bahkan kadang jutaan situs yang memiliki informasi yang dicari. Cara Google menentukan hasil yang akan ditampilkan dimulai jauh sebelum mulai mengetikkan.

“Dengan teknologi baru ini, Google mengungkap mesin pencari akan lebih memudahkan pengguna untuk mencari apa yang mereka ingin ketahui,” kata Danny, di Jakarta (29/10/10).

Lebih lanjut, dengan algoritma di sistem BERT Google Search nantinya belajar untuk tidak hanya mengenali kata secara individual, namun saat disatukan menjadi kalimat serta konteksnya. Sistem saat ini baru diterapkan pada bahasa Inggris karena merupakan salah satu bahasa yang rumit.

Baca Juga : Ternyata Dulu Android Diciptakan Bukan Untuk Smartphone, Begini Alasannya!

Kemudian, salah satu keunggulan dari sistem ini mampu belajar dari sebuah bahasa dan menerapkanya ke bahasa lain. Ini membantu Google Search untuk menyajikan hasil yang relevan dalam berbagai bahasa yang ditawarkan, termasuk bahasa Indonesia.

Pasalnya menurut Danny, dari sejumah fitur yang dihadirkan, Danny menyebutkan pemahaman bahasa, tetap merupakan sebuah tantangan yang membuat Google terus untuk menyempurnakan Google Search.

(!)
Komentar

Tampilkan

Terkini