Jaminan Kesehatan Amanat Langsung Uud 1945 , Jokowi Perlu Naikkan Anggaran Bpjs

Ridhmedia
31/10/19, 08:53 WIB

RIDHMEDIA - Pemerintah perlu mengalokasikan anggaran kepada BPJS lebih besar dibanding program lainnya lantaran program jaminan kesehatan merupakan amanat Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Didik J Rachbini mengatakan, program jaminan sosial Telah diamanatkan di dalam UUD 1945 sesuai dengan Pasal 28H.

Bahkan, amanat buat menjalankan jaminan kesehatan bersifat langsung dibanding dengan ribuan program di dalam APBN.

"Amanat kebijakan ini bersifat langsung sehingga Jika presiden tidak melaksanakannya, itu berarti melanggar UUD Pasal 28H. Pasal tersebut mendapat perhatian khusus dalam amandemen UUD 1945 serta langsung selaku amanat tertinggi yang perlu dijalankan oleh Presiden," ucap Didik J Rachbini lewat siaran pers yang diterima Kantor Kabar Politik RMOL, Kamis (31/10).

Pasal 28H pada Ayat 1 ialah "Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir serta batin bertempat tinggal serta mendapatkan lingkungan hidup yang baik serta sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan".

Sedangkan pada Ayat 3 berbunyi "Setiap orang berhak atas jaminan sosial yang memungkinkan pengembangan dirinya secara utuh selaku manusia yang bermanfaat".

"Dengan visi ini, kita mesti paham kalau implementasi Pasal 28H ini jauh lebih penting dari program lain seperti dana desa yang tidak khusus disebut selaku amanat UUD 1945. Tapi jaminan sosial serta kesehatan yaitu amanat UUD 1945 langsung," jelas Didik.

Dengan demikian, Didik berharap agar pemerintah mengalokasikan anggaran lebih besar buat BPJS dibanding program lainnya yang tidak menjadi amanat UUD 1945 langsung.

"Banyak pos, ratusan jenis anggaran yang bisa dikurangi karna tidak relevan dengan kesejahteraan rakyat. Contohnya kurangi dari subsidi kepada BUMN (PMN) yang menelan puluhan triliun dana negara, dari alokasi dana khusus yang tidak efisien serta ditarik dari ratusan dana daerah yang dipendam di perbankan," tandasnya. [rmol]
Komentar

Tampilkan

Terkini

Peristiwa

+