4 Prinsip Hidup Yang Perlu Dijalani Jika Anda Mau Punya Umur Panjang

Ridhmedia
14/11/19, 07:26 WIB

Anda tak perlu menginap semalam suntuk tujuh hari berturut-turut di dalam gym cuma demi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Terkadang, cuma dengan melakukan hal kecil - tanpa perlu banyak waktu dan tenaga — Ente bisa dengan sendirinya membantu menjaga kesehatan tubuh tanpa perlu dipaksa. Kuncinya, Ente cuma butuh sedikit kreativitas dan kemauan buat melakukannya di mana pun dan kapan pun yang Ente bisa. Penasaran apa saja kebiasaan sederhana buat menjaga kesehatan tubuh Anda? Baca terus buat mengetahuinya.

Berbagai cara gampang menjaga kesehatan tubuh

Berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi cara gampang buat menjaga kesehatan tubuh Anda.

1. Aktivitas fisik, di mana pun dan kapan pun
Kunci hidup sehat adalah aktif bergerak. Nah, Ente salah satu orang yang suka menghabiskan waktu berjam-jam buat menonton serial sinetron atau drama di TV? Ente tetep bisa produktif melakukan aktivitas fisik saat tengah nonton TV. Caranya sederhana, manfaatkan waktu iklan sebagai ajang buat melakukan peregangan otot, push up, sit up, atau pun plank.

Jadi, tak ada lagi waktu yang terbuang sia-sia meskipun Ente tengah nonton TV. tidak cuma memanfaatkan jeda waktu iklan saat Ente menonton TV, Ente juga bisa melakukan beberapa aktivitas fisik yang bisa dilakukan di rumah. Misalnya, bersih-bersih rumah, naik turun tangga, berkebun, jalan santai, dan lain sebagainya.


2. Cukup tidur
Selain aktif beraktivitas, Ente juga perlu mencukupi waktu tidur Anda. Pasalnya, tidur ialah sebuah kebutuhan paling mendasar yang menjadi sebuah fondasi di mana pikiran dan tubuh sehat terbentuk. kalau fondasi tersebut goyah, tentunya bakal berdampak pada kesehatan Anda. Mulai dari fungsi kekebalan tubuh, energi, selera makan, suasana hati dan lain sebagainya. Pada dasarnya, waktu tidur ideal setiap orang berbeda-beda. Namun, para pakar setuju jika waktu tidur ideal rata-rata orang dewasa berkisar 7 sampai 9 jam setiap malamnya. Jadi, buat menjaga kesehatan tubuh, mulai saat ini cukupi waktu tidur Ente dan hindari begadang sampai larut malam.


3. Banyak minum
Air adalah kebutuhan paling mendasar buat tubuh. Jika tubuh kekurangan air, maka sel-sel dalam tubuh bakal lebih sulit buat melakukan fungsi sebagaimana mestinya. Di sisi lain, Ente juga bakal lebih berisiko mengalami dehidrasi. kalau Ente mengalami dehidrasi, ini bakal menguras energi sehingga membuat Ente lebih cepat lelah.

Banyak orang yang bilang bahwa kita perlu mencukupi kebutuhan minum air putih 8 gelas setiap hari. Padahal, belum tentu. Pasalnya, kebutuhan air tiap orang berbeda-beda. Bisa menjadi Ente butuh minum air kurang atau bahkan lebih dari rekomendasi tersebut. Yang terpenting, jangan tunggu Ente merasa sampai haus baru minum air putih. Pasalnya, rasa haus yang muncul itu sebenarnya Telah menjadi tanda tubuh Ente mengalami dehidrasi sebanyak 2 persen. Jadi, selagi Ente mampu dan sanggup, cukupilah kebutuhan cairan Anda. Bukan melulu dari air putih, Ente juga bisa mencukupi kebutuhan cairan Ente dari sayuran dan buah yang kaya air.


4. Makan perlahan
Banyak orang mengaku kalap dan lupa diri saat melihat banyak makanan berjejeran di depan mata. Rasanya, semua yang ada di depan mau dinikmati secepat mungkin. Bukan jarang, hal ini membuat Ente makan dengan cepat, sehingga Ente tak sadar telah makan dalam porsi besar dan mendapatkan kalori yang tinggi. Padahal, berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal Academy of Nutrition and Dietic, mengonsumsi makanan secara perlahan sangat berpengaruh besar dalam mengurangi jumlah kalori dalam tubuh Anda, lho! Ketika makan dengan lebih lambat, tanpa sadar Ente Telah kenyang padahal baru makan dalam porsi yang lebih kecil.


Akibatnya, makan perlahan secara tak langsung dapat mengendalikan berat badan yang pada akhirnya dapat mencegah terjadinya obesitas. Selain itu, makan secara perlahan juga membantu memperlancar sistem pencernaan dan membuat Ente merasa lebih kenyang meskipun jumlah makanan yang Ente konsumsi tak banyak. [!]
Komentar

Tampilkan

Terkini