7 Fakta Unik Kantong Plastik Yang Pasti Belum Kamu Ketahui

Ridhmedia
03/11/19, 05:21 WIB
Dok Illustration | Pixabay

Ridhmedia | Kantong plasting adalah wadah yang biasa kita gunakan sehari-hari, terlebih saat setelah kita belanja baik di modern market ataupun traditional market, menggunakan kantong plastik sangatlah praktis, selain fleksibel, kantong plastik dengan kualitas yang pas pasan kita sebagai pembeli bisa membelinya dengan harga yang sangat murah, bukan cuma itu, kantong plastik juga dapat kita gunakan berulang ulang dengan catatan kondisi kantong plastik enggak kita gunakan buat menampung benda atau barang yang dapat mengotori barang kita setelahnya. tetapi adakah kalian tahu, apabila kantong plastik mempunyai fakta-fakta unik lainnya yang pasti kalian lewatkan.

7 Fakta Unik Mengenai Kantong Plastik Yang Belum dikenal Banyak Orang
Gambar oleh adege dari Pixabay
1. Jumlah Kantong Plastik Sebagai Limbah
Fakta mengejutkan, berdasarkan dari hasil penelitian oleh Jenna R. Jambeck dari univesity of Georgia, tahun 2010 limbah kantong plastik mencapai 275 ton dari seluruh dunia, yang mana sekitar 4.8-12.7% limbah sampah plastik telah mencemari laut.

2. Kantong Plastik Merupakan Kantong Kedua Setelah Sebelumnya Kantong Kertas
Dahulu pada tahun 1959 di swedia, Sten Gustaf Thulin menciptakan kantong plastik sebagai pengganti kantong kertas, di eranya penggunaan kantong kertas sangatlah banyak, fakta mengejutkan apabila penggunaan kantong kertas yang makin banyak bakal menimbulkan kegundulan hutan melihat bahan baku membuat kertas yakni pohon kayu. sehingga buat meminimalisir hal tersebut kantong plastik diciptakan sebagai pengganti kantong kertas.

3. Tujuan Utama di Ciptakan Untuk Menyelamatkan Bumi
Kantong plastik diciptakan buat menyelamatkan bumi, jika berbicara perubahan iklim, kantong kertas dan kantong kain justru berdampak buruk pada lingkungan dibandingkan kantong plastik, faktanya memang apa yang terlihat saat ini yakni penumpunkan sampah plastik dalam jumlah banyak menjadi masalah lingkungan, fakta mengejutkan dahulu pada tahun 1959 di Swedia, Sten Gustaf Thulin menciptakan kantong plastik adalah sebagai pengganti kantong kertas.

4. Kantong Plastik di Era 1959 Untuk Wadah Yang Kuat dan Digunakan Berulang-ulang
Sten Gustaf Thulin menciptakan inovasi kantong plastik dengan daya , menurutnya membuang kantong plastik sehabis memakainya adalah perbuatan yang aneh, "dia selalu membawa kantong plastik yang sama saat ingin berbelanja, dan membawa kantong plastik yang terlipat didalam sakunya, karna baginya hal tersebut adalah hal yang mudah". Menurut Raoul Thulin (anak penemu kantong plastik).

5. Sekarang Kembali Ke kantong Kertas
Sangking banyaknya limbah plastik yang menumpuk, kantong plastik kembali dilarang dan justru kembali dianjurkan buat menggunakan kantong kertas maupun kantong kain, padahal fakta-fakta yang Telah kita bahas sebelumnya, kantong kertas maupun kain mempunyai resiko yang cukup besar dibanding penggunaan kantong plastik.

6. Jumlah Energi Produksi Kantong plastik
Fakta mengejutkan proses produksi kantong plastik justru membutuhkan energi yang lebih sedikit dibandingkan proses produksi kantong-kantong lainnya,

7. Daur Ulang Kantong Plastik
Satu kantong plastik yang Telah di daur ulang sebanding dengan kantong kertas baru yang cuma bisa dipakai 3 kali atau kantong kain baru yang cuma bisa dipakai 131 kali sementara kantong plastik bisa didaur ulang lagi

Lalu kantong apa yang perlu kita gunakan buat menyelamatkan Bumi, apapun kantongnya bergantu kita cara memakainya, lebih bijak saat kita memakai kantong yang sudak kita miliki, baik plastik, kertas ataupun kantong kain, pakailah secara berulang-ulang, jika rusak maka perbaiki, intinya jangan pernah menggunakan kantong yang kita miliki dengan menggunakannya sekali pakai lalu dibuang

Komentar

Tampilkan

Terkini

Peristiwa

+