Awas! Penyebab Gairah Seks Menurun Ini Mungkin Menimpa Kamu

Ridhmedia
21/11/19, 04:35 WIB
Bertambahnya usia merupakan salah satu faktor menurunnya gairah seks.

Disfungsi seksual terjadi, saat Kamu tidak ingin menikmati aktivitas seksual. Hal tersebut bisa terjadi kapan saja. Penurunan gairah seks ini bisa terjadi tanpa Kamu duga sebelumnya.

Baik pria dan wanita dari segala usia bisa mengalaminya. Akan tetapi, risiko lebih meningkat seiring bertambahnya usia, terutama jika Kamu telah berumur di atas 40 tahun.


Penyebab gairah seks menurun

Salah satu akibat dari disfungsi seksual, yaitu menurunnya gairah seksual. Gairah seks menjadi berkurang saat minimnya respons mental, fisik, maupun keduanya, terhadap rangsangan seksual.

Jika gairah seksual Kamu menurun, maka jenis stimulasi seksual yang biasa dilakukan, kurang atau bahkan tidak menimbulkan gairah. Mental atau fisik Kamu tidak akan terangsang saat distimulasi. Selain itu, sejumlah kondisi berikut ini bisa menyebabkan gairah seks menurun.

1. Masalah hubungan

Jika merasa tidak ada kebahagiaan lagi dalam hubungan Kamu, maka kondisi tersebut dapat menurunkan gairah seksual Kamu. Selain itu, konflik yang tak terselesaikan, seringnya beradu argumen, hilangnya ketertarikan seksual, hilangnya kepercayaan, dan komunikasi yang buruk, bisa membuat gairah seksual menurun.

Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya Kamu dan pasangan menjalani konseling hubungan. Hal itu dilakukan untuk memperbaiki hubungan, agar gairah seksual tidak menurun.


2. Masalah seksual
Menurunnya gairah seks dapat disebabkan oleh masalah seksual yang Kamu miliki, seperti disfungsi ereksi, masalah ejakulasi, penipisan atau jaringan vagina yang kering (vaginitis atrofi), kekeringan vagina, sakit saat berhubungan intim, dan lainnya.

saat mengalami masalah seksual tersebut, maka Kamu dapat menjadi kurang bergairah untuk melakukan hubungan intim.


3. Kelelahan, kegelisahan, dan stres
Kelelahan, kegelisahan, dan stres, dapat menyita waktu, dan berdampak besar pada kebahagiaan Kamu, termasuk gairah seksual. Jika Kamu merasa lelah, stres, gelisah secara terus menerus, maka gairah seksual dapat menurun.

Kamu mungkin harus melakukan perubahan gaya hidup atau berkonsultasi pada dokter mengenai masalah tersebut.


4. Bertambahnya usia

Gairah seks yang menurun dialami banyak pria dan wanita, seiring bertambahnya usia. Penurunan kadar hormon seks dan masalah kesehatan karena usia, terutama yang membatasi pergerakan, dapat menyebabkan penurunan gairah seks.

saat usia Kamu semakin tua, maka gairah untuk melakukan hubungan seks pun berkurang. Adapun penyebab lain dari menurunnya gairah seks yaitu kehamilan, persalinan dan aktivitas menyusui.

Selain itu, masalah kesehatan seperti kanker, diabetes, penyakit jantung, dan tiroid, bisa menjadi penyebab penurunan gairah seks. Begitu pula dengan penggunaan obat-obatan tertentu dan kontrasepsi hormonal.


Penyebab disfungsi seksual dari segi fisik dan psikologis

Disfungsi seksual bisa disebabkan oleh kondisi fisik maupun psikologis. Kondisi fisik atau medis tertentu dapat menyebabkan masalah disfungsi seksual.


1. Penyebab Fisik

Kondisi-kondisi ini termasuk penyakit jantung, diabetes, gagal ginjal atau hati, ketidakseimbangan hormon, gangguan saraf, kecanduan alkohol, dan penyalahgunaan narkoba. Selain itu, efek samping dari obat tertentu seperti obat antidepresan, dapat menyebabkan disfungsi seksual.

Dari sisi psikologis, Stres, kecemasan, depresi, perasaan bersalah, trauma seks, dan masalah hubungan atau pernikahan, dapat menyebabkan Kamu mengalami disfungsi seksual.

Terkadang, tidak mood dalam melakukan hubungan seks, merupakan hal yang normal. Hal ini tidak selalu dianggap sebagai gangguan. Kecuali jika kondisi ini terjadi secara teratur dan memengaruhi kehidupan seksual Kamu secara signifikan.


Jenis-jenis disfungsi seksual

Gangguan minat, gairah, orgasme, maupun nyeri, merupakan jenis-jenis disfungsi seksual yang umum terjadi. Gangguan minat atau hasrat terjadi, saat Kamu hanya memiliki sedikit, atau bahkan tidak ingin melakukan hubungan seksual.

Sementara itu, jika bersemangat untuk melakukan aktivitas seksual, tapi tidak mampu terangsang, maka Kamu dikatakan mengalami gangguan gairah. Pada gangguan orgasme, Kamu akan kesulitan mencapai klimaks, yang akhirnya menyebabkan frustrasi.

Gangguan berikutnya yang biasa muncul sebagai disfungsi seksual adalah gangguan nyeri. Gangguan ini membuat Kamu merasakan sakit saat berhubungan seksual. [!]
Komentar

Tampilkan

Terkini