Presiden Jokowi: Tambang Enggak Bisa Diperbarui, Manajemennya Perlu Ramah Lingkungan

Ridhmedia
20/11/19, 15:58 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan Jika hasil tambang adalah sumber daya alam (SDA) yang enggak bisa diperbaharui. Jokowi meminta manajemen tambang yang ramah lingkungan.

"Saya mau mengingatkan Jika yang namanya tambang berasal dari sumber daya alam yang enggak bisa kita perbaharui, sehingga sekali lagi manajemennya perlu betul-betul ramah lingkungan," ujar Jokowi dalam acara Indonesian Mining Association Award 2019 di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Jokowi menyoroti masalah pengurasan SDA yang berakibat kerusakan lingkungan. Ia mengajak semua pihak menjaga kelestarian lingkungan.

"Saya melihat masih banyak kerusakan-kerusakan lingkungan sebab pengurasan sumber daya alam yang begitu sangat cepat sehingga ini saya minta kita bersama-sama menjaga (dari) kerusakan lingkungan sebab eksplorasi yang begitu banyak di negara kita," kata Jokowi.

Jokowi juga mempertanyakan masih adanya ekspor bahan baku baterai mobil listrik. Ketimbang ekspor, Jokowi meminta Indonesia bisa memproduksi baterai lithium (Li-ion) buat mobil listrik.

"Mobil listrik kuncinya ada di baterai. Kalau kita bahan dan barangnya ada, ngapain kita ekspor. Teknologinya belum ada, ya gandeng yang punya teknologi dan jadikan partner. Jangan sampai kita enggak mau berpartner dengan mereka. Jadikan partner sehingga betul-betul kita bisa memproduksi lithium battery," ucap Jokowi. [detik.com]
Komentar

Tampilkan

Terkini