Upacara Hari Guru Nasional, Nadiem Sampaikan Pidato Melalui Video

Ridhmedia
25/11/19, 05:55 WIB
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melaksanakan upacara peringatan Hari Guru Nasional. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyiapkan pidato melalui sebuah video.

Upacara diadakan di halaman Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (25/11/2019) sekitar pukul 07.30 WIB. Nadiem hadir dan menjadi pembina upacara Hari Guru Nasional. tidak cuma itu, Menko PMK Muhadjir Effendy dan sejumlah mantan Mendikbud sebelumnya turut mengikuti upacara. Hadir juga perwakilan guru, dosen, mahasiswa, serta siswa-siswa jenjang SD hingga SMA.

"Saya yakin bapak-bapak, ibu-ibu banyak yang Telah membaca pidato Hari Guru Nasional sehingga saya enggak bakal mengulang lagi di upacara ini. Namun kami Telah menyiapkan sebuah video pidato Hari Guru Nasional yang bakal kita sajikan," kata Nadiem dalam sambutannya.

Dalam upacara ini, Nadiem juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran pemerintahan bidang pendidikan di Indonesia selama lima tahun terakhir ini.

"Saya cuma mau ucapkan apresiasi saya yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran pemerintahan, baik Kemendikbud dan pemerintah pusat maupaun dinas pendidikan di seluruh daerah di Indonesia atas pelaksanaan program-program selama lima tahun terakhir yang Telah berdampak positif kepada guru dan siswa se-Nusantara. Terima kasih atas jasa bapak-bapak dan ibu-ibu," kata Nadiem.

Sebelumnya Nadiem telah menyiapkan pidato sebanyak dua halaman yang dipublikasi di laman Kemendikbud pada Sabtu (23/11). Di situ, Nadiem Nadiem mengangkat bermacam masalah guru dan mengaku enggak bakal memberi janji kosong.

"Saya enggak bakal membuat janji-janji kosong kepada Anda. Perubahan yaitu hal yang sulit dan penuh dengan ketidaknyamanan. Satu hal yang pasti, saya bakal berjuang buat kemerdekaan belajar di Indonesia," kata Nadiem dalam pidatonya.

Nadiem juga mengajak seluruh guru buat berinovasi melakukan perubahan kecil dalam kelas. Nadiem juga memberikan contoh-contoh perubahan kecil tersebut.

"Ajaklah kelas berdiskusi, bukan cuma mendengar. Berikan kesempatan kepada murid buat mengajar di kelas. Cetuskan proyek bakti sosial yang menyertakan seluruh kelas. Temukan suatu bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri. Tawarkan bantuan kepada guru yang tengah mengalami kesulitan," ungkap Nadiem. [detik.com]

Komentar

Tampilkan

Terkini

Peristiwa

+