Dewas KPK Katanya Wow, Pengamat: Sekarang Zamamnya Pembuktian

Ridhmedia
20/12/19, 09:51 WIB
RIDHMEDIA - Komisioner bersama Dewan Pengawas (Dewas) KPK periode 2019-2023 akan dilantik, di Istana Negara Jakarta, Jumat siang (20/12).

Lima Komisiner KPK yang akan dilantik: Firli Bahuri (ketua) dan empat wakil ketua yakni Nawawi Pomolango, Lili Pintauli Siregar, Nurul Ghufron dan Alexander Marwata.

Adapun lima Dewas KPK akan dumumkan hari ini dan langsung dilantik.

Keberadaan Dewas KPK yang ditunjuk langsung oleh Presiden Joko Widodo diharapkan memiliki fungsi sebagai jabatan baru di lembaga antirasuah. Karena itu kelima orang itu mesti membuktikan kinerja.

Demikian disampaikan Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (20/12).

"Jangan sampai Dewas KPK hanya pajangan yang tak memiliki peran strategis dalam pemberantasan korupsi. Sekarang sudah enggak zaman heboh atau wow, tapi zaman pembuktian," kata Adi.

Lebih lanjut, Adi menyatakan, Dewas dan Komisioner KPK periode baru itu sedianya harus lebih baik dari komisioner KPK periode sebelum-sebelumnya.

"Tunjukkan dengan bukti bahwa KPK dan Dewas baru bisa melampaui kinerja KPK sebelumnya. Apalagi KPK yang baru ini di bawah kecurigaan publik soal itu pelemahan KPK," demikian Adi.

Menko Polhukam Mahfud MD sebelumnya sempat menyebutkan, nama-nama Dewas KPK yang bakal diumumkan bakal 'wow'. Tokoh yang akan menjadi Dewas KPK disebut Mahfud memiliki rekam jejak yang bagus.

"Iyalah, artinya kita akan bilang wow, bagus-bagus nih," kata Mahfud di kantor Wapres, Jalan Veteran III, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis kemarin (19/12). [rml]
Komentar

Tampilkan

Terkini

Peristiwa

+