Erdogan Deklarasikan Dukungan Militer Penuh Untuk Libya

Ridhmedia
16/12/19, 10:46 WIB
RIDHMEDIA - Presiden Recep Tayyip Erdogan menyatakan Turki siap memberikan dukungan militer untuk Libya. Termasuk akan mengirim pasukannya ke Tripoli jika memang dibutuhkan.

"Kami akan melindungi hak-hak Libya dan Turki di Mediterania Timur. Kami lebih dari siap untuk memberikan dukungan apa pun yang diperlukan untuk Libya," ujar Erdogan pada Minggu (15/12) dalam siaran A Haber TV seperti yang dimuat Reuters.

Lebih lanjut, Erdogan mengatakan Khalifa Haftar yang merupakan pemimpin Tentara Nasional Libya (LNA) di Libya timur bukanlah pemimpin yang sah dan berdiri di atas struktur yang ilegal.

Deklarasi dukungan ini disampaikan oleh Erdogan setelah Turki dan Libya melakukan kesepakatan perjanjian keamanan dan menandatangani sebuah memorandum mengenai batas-batas laut di Mediterania. Di mana menurut Yunani, yang juga sebagai claimant state, hal tersebut telah melanggar hukum internasional.

Selain itu, pernyataan tersebut juga dikeluarkan Erdogan setelah melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Libya (yang diakui sendiri) Fayez al-Sarraj di Istanbul, Turki.

Saat ini, perjanjian maritim tersebut telah dikirim ke PBB. Sebagai gantinya Turki akan memberikan dukungan militer bagi negara di Afrika Utara tersebut. Mengingat pada Kamis lalu (12/12), Haftar mendesak pasukannya untuk maju ke Tripoli dan untuk melakukan "pertempuran terakhir". [rml]
Komentar

Tampilkan

Terkini

Peristiwa

+