HyunA Bicara Jujur tentang Perjuangannya Melawan Depresi, Gangguan Kepanikan dan Vasovagal Syncope

Ridhmedia
11/12/19, 14:31 WIB
HyunA Bicara Jujur tentang Perjuangannya Melawan Depresi HyunA Bicara Jujur tentang Perjuangannya Melawan Depresi, Gangguan Kepanikan dan Vasovagal Syncope

HyunA menceritakan perjuangannya melawan depresi, gangguan kepanikan dan vasovagal syncope dalam suratnya di Instagram:

Hai, halo. Untuk para penggemar saya A-Ing dan juga siapapun yang menyayangi dan memperhatikan saya, saya tidak yakin apakah ini keputusan yang tepat, namun saya memutuskan ini setelah memikirkannya berulang-ulang, jadi sekarang saya akan benar-benar menceritakan kisah saya.
Sesungguhnya saya sudah bermimpi tampil di panggung sejak saya masih sangat kecil. Impian saya menjadi kenyataan dan saya menerima lebih banyak cinta dan perhatian dari yang pernah saya bayangkan, dan saya rasa saya telah melalui proses tumbuh. Mungkin karena saya berpikir kalau saya punya lebih banyak kesempatan sejak kecil, saya selalu merasa bersyukur dan sejujurnya, bersemangat. Pada masa itu saya juga merasa menyesal. Waktu berlalu dan setelah saya debut saya menjadi dewasa dan berpikir bahwa saya harus bertanggung jawab atas semua hal yang saya lakukan, saat itu saya berpikir bahwa saya tidak boleh membuat kesalahan dan saya ingin menjadi seseorang yang selalu jadi pilihan semua orang. Karena ambisi itu saya terus melihat ke depan dan terus berlari. Saya tidak tahu kalau saya sakit. Dan karena saya mempunyai orang-orang baik yang selalu berada di samping saya dan juga para penggemar, saya merasa baik-baik saja. Saya selalu mengabaikannya, mengatakan bahwa saya tidak sakit dan saya baik-baik saja, hingga pada tahun 2016 saya pertama kali mengetahui kalau saya punya penyakit metal ketika saya ke RS. Seperti sesuatu yang alamiah, minum obat saat tubuh sakit, minum obat penurun panas saat demam, saya adalah seseorang yang selalu kuat, jadi saya dulu tidak percaya diagnosis dokter bahwa saya depresi dan memiliki gangguan kepanikan. Saya rasa saya menyangkalnya selama setahun.
Sekarang saya sudah lebih baik, saya menerima perawatan tiap dua minggu sekali dan tidak terlalu berpikir buruk tentang hal ini. Tapi lalu saya mengalami pandangan yang kabur dan pingsan. Ini terjadi beberapa kali. Saya berpikir bahwa ini adalah gejala gangguan kepanikan yang saya miliki jadi saya mengabaikannya. Namun dokter menyarankan saya untuk pergi ke RS universitas jadi saya menjalani CT Scan dan berbagai tes hingga saya mengetahui bahwa saya memiliki sesuatu yang disebut dengan vasovagal syncope. Saya tak tahu harus berpikir apa dan rasanya tidak ada yang bisa saya lakukan. Saya ingin tampil di panggung, tapi saya khawatir jika saya terus-terusan pingsan seperti ini, kalau orang tahu saya sakit, mungkin orang tidak akan mau saya tampil lagi. Karena saya khawatir dengan hal itu, saya tidak ingin seorang pun tahu. Saya ingin menyimpan rahasia ini dalam waktu yang lama tetapi tiap kali saya pingsan, saya merasa cemas dan merasa sangat bersalah. Ketika saya bermain iklan atau ada jadwal pekerjaan atau event, saya merasa bersalah kepada banyak orang yang telah percaya pada saya dan memberikan saya pekerjaan itu. Jadi saya ingin saya ingin meletakkan sedikit beban saya dengan berbicara dengan jujur seperti ini. Meskipun saya berhati-hati, saya tidak menyembunyikannya dan mengumpulkan keberanian untuk berbicara tentang hal ini. Saya rasa ini belum terlambat dan saya akan lebih mencintai dan merawat diri saya sendiri. Saya akan menjadi berani dan jujur, seperti yang saya lakukan sekarang. Terima kasih sudah membaca ini. Terima kasih.








안녕 안녕하세요 우리 팬들 아잉 또는 저를 좋아해 주시고 관심 가져주시는 많은 분들 이게 맞는 선택일지 아닐지는 저도 모르겠지만 많이 생각하고 또 생각해 선택한 것이기에 진짜 제 이야기를 해 볼까 해요 사실 저는 아주 어릴 적부터 무대 위에 서려는 꿈을 갖고 있었어요 그러다 보니 꿈을 이루었고 또 생각하지도 못했던 사랑들을 관심들을 마음을 정말 많이도 받고 성장과정을 가져온 것 같아요 어린 시절부터 저에게는 유독 많은 기회들이 있다고 생각해서인지 늘 감사했고 솔직히 신났어요 그럴 때면 미안함이 들기도 했고요 그렇게 시간이 지나 제가 데뷔 이후 성인이 되었고 제가 하는 모든 일은 책임을 져야 한다 실수해서는 안 돼 누구에게나 선택받는 사람이고 싶은 욕심이 생겨 앞만 보고 달려갔어요 제가 아픈지도 모르고 있었죠 그래도 주변에 늘 함께해주시는 좋은 분들 그리고 팬들이 항상 함께였으니까 괜찮은 줄로만 알았어요 미루고 아니라며 괜찮다고 넘겨오다가 처음 2016년 병원을 가보고 나서야 알게 되었어요 저도 마음이 아픈 상태였단 걸 몸이 아프면 약을 먹는 게 자연스러운 것처럼 감기에 감기약을 먹어야 하는 것처럼 늘 단단해왔던 저였기에 우울증과 공황장애라는 진단이 믿기지 않았죠 일 년은 믿지 못 했던 것 같아요 지금은 자연스럽게 이주에 한번 꾸준히 치료받고 있고 나쁘게 생각하지만은 않으려 해요 많은 분들이 함께해주기 때문에 그러다 처음 앞이 뿌옇게 보이더니 푹하고 쓰러졌어요 여러 번 이것도 공황장애 증세 중 하나려나 하고 넘어가려다 의사선생님 말씀에 대학병원에서 뇌파 등 이것저것 검사를 해보고 알게 된 사실은 미주신경성 실신이라는 병이 있더라고요 뾰족한 수가 없는 멍했어요 무대에 서고 싶은데 내가 이렇게 자주 푹하고 쓰러진다면 내가 아프단 걸 알면 누가 날 찾아주려나 제일 먼저 걱정이 앞서서 누구에게도 알리고 싶지 않았어요 근데 비밀이란 게 오랫동안 지켜지면 좋으려만 푹푹 쓰러질 때마다 혼자 속 졸이며 미안하고 또 미안한 마음이 들더라고요 광고나 스케줄 소화 할 때면 행사할 때면 절 믿고 맡겨 주시는 많은 분들께 죄송했어요 그래서 제 마음이 조금이나마 가볍고 싶어 이렇게 솔직하게 얘기하게 되었고 조심스러웠지만 숨기지 않고 용기 내서 얘기해보았어요 앞으로도 씩씩하게 잘 지내려고 노력할 테지만 사람은 완벽할 수만은 없나 봐요 늦지 않았다고 생각하고 제 자신을 사랑하고 보살펴주려고요 지금처럼 용기 내어 솔직할 거고요 읽어주셔서 고맙고 감사합니다
A post shared by Hyun Ah (@hyunah_aa) on


Hyuna, "Saya didiagnosis dengan gangguan kepanikan + depresi, menderita vasovagal syncope....mengumpulkan keberanian untuk mengakui ini"

Newsen via Nate

1. [+3,012, -72] Terima kasih telah berbicara jujur kepada kami, aku berdoa kau akan diberikan kekuatan.

2. [+2,686, -63] Semoga kau diberikan kekuatan, Hyuna♡

3. [+2,547, -67] ISangat manusiawi bahwa emosi kita akan bergejolak ketika kita mendengar perkataan kejam dari seorang teman yang tidak menyadari ia telah mengatakan sesuatu yang kejam....jadi apakah kamu bisa membayangkan menerima perlakuan seperti itu dari orang asing setiap hari? Tak ada orang yang mampu menghadapi hal semacam itu.....bahkan Iron Man sekalipun....Jadi marilah kita berhenti....Karma itu nyata, pada akhirnya kalian akan menerima akibat dari perbuatan kalian.

4. [+141, -4] Aku dengar berbicara jujur tentang kondisi itu adalah satu langkah penyembuhannya.

5. [+75, -5] Aku kasihan kepadanya....Aku harap keluarganya menjadi sumber kekuatan bagi HyunA di saat seperti ini....

6. [+66, -4] Aku harap HyunA akan sembuh dari depresinya  ㅠㅠ  Dia menerima banyak rumor dan komentar kebencian sejak ia debut, semoga kau diberikan kekuatan.

7. [+50, -9] Dawn, lindungi pacarmu.

8. [+47, -4] Ayo mulai perlindungan bagi para selebriti kita yang terluka bener-bener

9. [+40, -2] Aku rasa sebaiknya para selebriti berbicara lantang seperti ini dan menerima bantuan teman dan keluarga. Sungguh sulit membukanya seperti ini tapi aku salut kepadamu karena melakukannya dan aku tahu kau akan sembuh dari semua penyakit ini. Ada banyak orang yang mendukungmu!!

10. [+40, -4] Kita harus berhenti membiarkan para teman muda kita yang cantik pergi. HyunA, ayo hidup dengan bahagia.


Source: Naver

1. [+1,641, -7] Tolong cintailah dirimu sendiri melebihi siapapun.

2. [+1,489, -16] Aku mendukungnya. Dia tidak pernah sekalipun malas di panggung, dia selalu melakukan yang terbaik.... Dia menerima banyak kebencian karena konsep seksi di usianya yang muda tapi aku rasa sekarang dia sudah menemukan agensi yang tepat baginya dan sedang mengekspresikan dirinya sendiri sebagaimana yang ia inginkan...semoga kau diberikan kekuatan, Mbak Hyuna.

3. [+516, -14] Dapat komentar kebencian ketika kau bekerja keras dalam pekerjaanmu artinya kau cantik dan sukses. 90% dari semua komentar itu berasal dari orang-orang yang iri dan 10% lainnya dari orang-orang yang sakit mental. Jangan sampai komentar mereka mempengaruhimu.

4. [+512, -10] Kak Hyuna, terimakasih sudah berani mengatakan ini kepada kami. Aku berharap kakak akan segera sehat, baik fisik dan emosional kakak.

5. [+226, -59] Kalau ini karena stress, mungkin hidup di alam seperti Lee Hyori yang terbaik...

6. [+142, -2] Ini terdengar seperti dia sedang berusaha menyampaikan kepada orang-orang untuk tidak mengatakan hal yang jahat kepadanya. Setelah melihat rekan-rekan seumurnya meninggalkan dunia ini, mungkin dia takut kalau emosinya akan menguasai dirinya juga suatu hari nanti, jadi ia meminta pertolongan kita. Ini membuatku sedih.

7. [+48, -3] Mbak HyunA, semoga kau diberikan kekuatan Jangan memikirkan pikiran buruk, ingatlah selalu bahwa ada banyak orang yang mencintaimu Aku mendukungmu ^^

8. [+43, -2] Aku memahaminya. Komentar kebencian tentang dia jadi lebih gemuk, memakai lipstik berlebihan,....terlalu banyak kebencian atas hal-hal yang tidak penting. Siapa yang tidak jadi gila melalui itu semua? Aku mungkin sudah pingsan berkali-kali dan punya banyak pikiran buruk jika aku ada di posisinya. Tolong berjuanglah melawan ini semua. Aku menunggumu di panggung dengan imej yang positif.



theqoo

1. Aku bersyukur atas keberanianmu, Hyuna. Aku selalu mendukungmu!!!

2. Jangan sakit, aku akan selalu mendukungmu.

3. Terima kasih untuk keberanianmu ㅠㅠㅠㅠ Hyuna berjuanglah! Aku harap kau hanya akan melihat dan mendengar hal yang baik dan berbahagia.

4. Hyuna... ㅠㅜ Terima kasih atas penampilan panggung yang luar biasa  ㅜㅜㅠ Kau adalah penari terbaik bagiku....Aku berharap kau akan selalu berbahagia di masa depan, aku mencintaimu, Hyuna!

5. Aku bukan penggemarmu, tapi aku mendukungmu. Kau sangat cantik dan mempesona. Aku ingin kau menyanyi untuk para penggemarmu dalam waktu yang lama. Kau tahu ada banyak orang yang mendukungmu sepertiku. Hyuna, sehat-sehatlah selalu dan berbahagialah

6. Dia terlihat sangat kuat tapi ternyata tidak. Ada banyak selebriti yang bunuh diri karena depresi. Ini mengingatkanku bahwa selebriti sama seperti kita, mereka terlihat kuat dan bahagia tapi mereka merasa terluka di dalam hatinya. Aku berharap dia akan melewati semua itu. Hyuna, berbahagialah!

7. Hyuna, aku mendukungmu, jangan terpengaruh dengan apa yang dikatakan orang lain.

8. Oh … Sulit baginya mengatakan ini. Aku harap para selebriti bisa berbicara lebih terbuka.

9. Aku penggemarmu, aku akan selalu mendukungmu tak peduli apapun yang terjadi.

10. Dia terlihat profesional dan bersinar di panggung, tapi pikirannya terluka ㅠㅠ Sehat-sehat dan berbahagialah!

11. Hyuna, jangan sakit, sehat dan bahagialah.

Sumber: (4)
Komentar

Tampilkan

Terkini

Peristiwa

+