Ketua AAB: Penegakan Hukum 100 Hari Jokowi-Maruf Semakin Amburadul

Ridhmedia
29/01/20, 19:14 WIB

RIDHMEDIA - Penegakan hukum era pemerintahan Presiden Joko Widodo pada periode kedua dinilai semakin amburadul, dan paling parah sejak zaman Orde Baru.

Demikian disampaikan Ketua Aliansi Anak Bangsa (AAB), Damai Hari Lubis menanggapi 100 hari kerja pemerintahan Jokowi-Maruf setelah dilantik pada 20 Oktober 2019.

Menurut Damai, penegakan hukum di Indonesia saat ini dianggap semakin buruk dari periode pertama Jokowi bersama M. Jusuf Kalla.

"Penegakan hukum di Indonesia tampak semakin menjadi barang lux (susah didapat/barang mahal)," ujar Damai, Rabu (29/1).

Penegakan hukum yang dimaksud dapat terlihat dari beberapa kasus yang tengah ramai saat ini. Misalnya, penanganan kasus dugaan korupsi terhadap buron politisi PDIP Harun Masiku yang dianggap melibatkan oknum tertentu.

Tidak hanya itu, kasus korupsi lainnya yang merugikan keuangan negara yang bese juga sebagai contoh buruknya penegakan hukum pada pemerintahan Jokowi-Maruf.

"Beberapa bisa menjadi cermin. Contoh pada penanganan kasus Harun Masiku yang melibatkan oknum-oknum tertentu, kasus Jiwasraya, ASABRI sampai dengan proses Lutfhi yang dipukuli dan disetrum petugas polisi pemeriksa atau penyidik," kata Damai.

Padahal, lanjut Damai, pada periode pertama Jokowi, Indonesia sudah sangat buruk dalam segi penegakan hukum. Dan sekarang semakin buruk.

"Periode pertama Presiden Jokowi yang buruk dari sisi penegakan hukum semakin amburadul pada periode keduanya yang nampak justru sebagai titik serius terendah sejak Orde Baru," pungkasnya. [rm]
Komentar

Tampilkan

Terkini