Cara Mengatasi Hp Lemot Biar Ngebut Lagi

Ridhmedia
08/05/14, 20:54 WIB
Cara mengatasi HP lemot perlu Anda ketahui sebagai pengguna aktif alat komunikasi ini. Sebab, tidak sanggup dipungkiri, sebesar apapun RAM yang dimiliki sebuah handphone, lambat laun akan mengalami kelambatan dalam bekerja alias lemot. Untuk membuka satu aplikasi saja, diperlukan waktu beberapa detik. Hal ini pastinya akan menciptakan Anda tidak nyaman dikala menggunakannya. Apa bantu-membantu yang menciptakan HP menjadi lemot? Dan, bagaimana pula cara mengatasinya? Berikut ini klarifikasi lebih lengkapnya. Bagi Anda yang mengalaminya, sanggup melaksanakan cara-cara mengatasinya tersebut.
Cara mengatasi HP lemot perlu Anda ketahui sebagai pengguna aktif alat komunikasi ini Cara Mengatasi HP Lemot Agar Ngebut Lagi

Cara Mengatasi HP Lemot

1. Hindari Menggunakan Beberapa Aplikasi secara Bersamaan

Melakukan acara secara multitasking memang menciptakan Anda lebih sanggup menghemat waktu. Sambil menunggu respons dari satu aplikasi membuka, Anda sanggup membuka aplikasi lainnya, kemudian balik lagi ke aplikasi yang pertama dikala respons sudah datang. Atau, Anda memang sengaja membuka beberapa aplikasi semoga dikala diperlukan sanggup dengan cepat berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi yang lain. Terasa mudah memang.

Namun sayangnya, membuka aplikasi secara bersamaan sanggup menciptakan handphone menjadi lemot. Sebab, kiprah prosesor sebagai otaknya HP menjadi sangat berat. Oleh sebab itu, jangan biasakan membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan. Ringankan beban prosesor dengan hanya membuka satu aplikasi saja. Jika sudah tidak dipakai dan ingin membuka aplikasi lainnya, silahkan tutup terlebih dahulu aplikasi yang pertama. Dengan begitu, kinerja HP akan lebih cepat kembali.

Baca juga : Aplikasi Android Paling Berguna Untuk Kebutuhan Sehari-Hari

2. Menonaktifkan Notifikasi dari Aplikasi

Biasanya, beberapa aplikasi selalu memperlihatkan notifikasi wacana hal-hal terbaru dari aplikasi tersebut. Sebenarnya, ini sangat menguntungkan bagi Anda sebab sanggup mengetahui apa yang harus dilakukan terkait aplikasi tersebut semoga selalu update. Hanya saja, ternyata pemberitahuan atau notifikasi ini memakan kerja prosesor.

Bayangkan bila di dalam handphone Anda ada banyak aplikasi yang selalu aktif memperlihatkan notifikasi, sudah niscaya prosesor juga akan lebih keras dalam bekerja. Inilah yang menciptakan HP menjadi lemot. Oleh sebab itu, sebaiknya seleksi beberapa aplikasi yang memang Anda butuhkan notifikasinya dan nonaktifkan untuk aplikasi yang lainnya.

3. Menghapus Cache secara Berkala

Cache atau data sampah terkadang tidak pernah Anda perhatikan. Padahal, dalam setiap Anda menjalankan sebuah aplikasi, biasanya meninggalkan sisa data penyimpanan yang berkelanjutan, yang sering disebut cache. Nah, bila hal ini tidak Anda perhatikan, terperinci akan semakin menumpuk cache di dalam HP Anda. Penumpukan cache inilah yang sanggup menciptakan handphone menjadi lemot.

Oleh sebab itu, salah satu cara mengatasi HP lemot yaitu dengan melaksanakan abolisi cache secara berkala. Adapun caranya dengan masuk ke pengaturan, kemudian menuju penyimpanan (storage), kemudian tekan cache data (cache files), dan OK. Penghapusan cache ini sanggup juga dilakukan dengan memakai aplikasi, baik bawaan HP itu sendiri atau mendownload terlebih dahulu.

4. Menghapus Chat yang Tidak Penting

Banyaknya chat yang Anda lakukan bantu-membantu memakan banyak memori internal dalam smartphone. Jika hal ini dibiarkan terus-menerus, akan menjadi salah satu faktor HP menjadi lemot. Oleh sebab itu, tidak perlu ragu untuk menghapus chat-chat yang sudah tidak penting secara berkala. Chat yang sudah usang juga tidak perlu disimpan. Simpanlah chat-chat yang dirasakan memang masih penting untuk disimpan.

5. Menghindari Penggunaan Widget yang Berlebihan

Widget merupakan ikon sebuah aplikasi yang ditampilkan di layar utama smartphone. Hanya dengan menekan ikon tersebut, Anda sudah sanggup eksklusif masuk ke aplikasi yang dimaksud dan menggunakannya, tanpa harus masuk ke cuilan sajian terlebih dahulu. Sebenarnya, widget ini memang sangat membantu Anda dalam mempersingkat waktu penggunaan aplikasi. Selain itu, tampilan layar utama smartphone juga semakin menarik dan lucu dengan adanya banyak sekali bentuk widget.

Hanya saja, penggunaan widget yang berlebihan di layar utama handphone ternyata juga sanggup menjadi faktor yang menyebabkan HP lemot. Oleh sebab itu, batasi penggunaan widget tersebut. Akan lebih baik bila Anda hanya memasang maksimal tiga buah widget saja. Jadi, pilihlah yang memang benar-benar penting dan sering Anda gunakan.

6. Menghindari Penggunaan Live Wallpaper

Mempunyai live wallpaper memang sanggup menciptakan tampilan smartphone Anda terlihat lebih indah. Sayangnya, tampilan ibarat ini menciptakan kinerja smartphone Anda menjadi lebih lambat. Nah, semoga loading smartphone Anda tidak berat, sebaiknya gunakan wallpaper yang sederhana saja dan ukurannya pun yang sedang saja. Jangan khawatir, dikala ini sudah banyak tersedia wallpaper sederhana namun sangat ciamik untuk dipasang di layar depan smartphone Anda. Anda tinggal menentukan salah satunya.

7. Mengatur Kecerahan HP secara Manual

Mempunyai smartphone yang sanggup mengatur sendiri kecerahannya memang sangat menguntungkan. Sebab, tanpa harus repot selalu mengatur kecerahan HP, dengan sistem auto brightness, secara otomatis smartphone akan mengatur sendiri pencahayaan yang diterima HP dikala Anda berpindah-pindah lokasi.

Sayangnya, penggunaan auto brightness ini ternyata sanggup menciptakan kinerja HP menjadi lambat. Tidak hanya itu, pemakaian daya baterai pun juga semakin banyak sehingga gampang lowbat. Oleh sebab itu, hindari penggunaan fitur ini. Tidak ada salahnya bila Anda mengatur kecerahan HP secara manual.

Baca juga : Aplikasi Android Terbaik Saat Ini

8. Memeriksa Ketersediaan Memori Smartphone

Jika dengan cara-cara di atas ternyata smartphone Anda masih lemot, coba periksa ketersediaan memori handphone Anda. Pastikan HP Anda masih mempunyai sisa ruang penyimpanan yang banyak. Minimal, 20 persen dari kapasitas penyimpanan dalam kondisi kosong. Misal, kapasitas memori HP Anda 8 GB, maka maksimal penggunaannya yaitu 7 GB. Semakin banyak ruang kosong yang tersedia, semakin cepat kinerja HP Anda.

Lalu, bagaimana bila ternyata sisa ruang kosong yang tersedia sangat sedikit? Hanya ada dua cara mengatasi HP lemot sebab minimnya memori ini. Pertama, hapus beberapa aplikasi yang tidak diperlukan atau galeri yang tersimpan, ibarat foto, video, atau musik. Kedua, menambah memori HP dengan memasang memori eksternal, yang biasa disebut Micro SD.

9. Merestart Perangkat Smartphone secara Rutin

Hal yang paling gampang dan cepat untuk mengatasi HP yang lemot yaitu dengan merestart ulang smartphone Anda. Dengan cara ini, semua aplikasi yang sedang berjalan secara otomatis akan eksklusif dihentikan, sekaligus pencucian cache yang masih tersimpan. Kinerja smartphone pun akan kembali ke mode awal. Dengan cara ibarat ini, kinerja smartphone pun akan kembali cepat ibarat awalnya. Oleh sebab itu, jangan tunggu hingga smartphone lemot, lakukan restart perangkat secara rutin.

10. Selalu Upgrade Sistem Operasi

Meng-upgrade sistem operasi dalam smartphone semoga selalu dalam kondisi gres sanggup menjadi solusi untuk mengatasi HP yang lemot. Sebab, biasanya dalam sistem operasi terbaru sudah disertai sistem untuk meningkatkan kinerja HP. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk meng-upgrade sistem operasi sebagai salah satu cara mengatasi HP lemot. Hanya saja, untuk sanggup meng-upgrade sistem operasi, Anda memang membutuhkan smartphone yang mempunyai spesifikasi yang mumpuni.
Komentar

Tampilkan

Terkini

Peristiwa

+