8 Cara Mengentalkan Sperma Buat Meningkat Kesuburan Pria.

Ridhmedia
06/03/19, 11:36 WIB

Masalah kesuburan pria adalah topik yang cukup sensitif dalam rumah tangga. Beberapa pria bahkan sampai mengalami depresi lantaran tak mempunyai kesuburan atau sperma yang berkualitas. Salah satunya sperma encer yang memotivasi para pria buat mencari cara mengentalkan sperma dengan baik. Sperma kental dianggap dapat mempercepat pembuahah.

Jenis masalah kesuburan pada pria ada banyak. Pertama ialah kualitas dari sperma itu sendiri. Sel kecil yang bakal membuahi sel telur ini bentuknya lancip di depan serta mempunyai ekor. Pergerakan sperma juga gesit sehingga gampang menjangkau sel telur di dalam rahim. Jumlah atau volume sperma di dalam air mani juga menentukan kesuburan. Biasanya kekentalan dari sperma yang ada pada air mani menentukan cepat atau lambatnya pembuahan bakal terjadi.

Cara Mengentalkan Sperma dengan Mudah

Sperma serta air mani yang dimiliki oleh pria jumlahnya bisa berubah-ubah setiap saat. Begitupun dengan kekentalan sperma. Agar kondisi air mani tetap terjaga dengan baik, ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh pria buat mengentalkan sperma, di antaranya:

1. Bukan terlalu sering ejakulasi

Salah satu faktor yang menyebabkan pria mengalami menurun volume dari sperma sehingga terlihat encer ialah sering ejakulasi. Ejakulasi yang terjadi berkali-kali bakal membuat air mani yang dihasilkan menjadi sedikit. Oleh karna itu ejakulasi berkali-kali seperti onani sangat dilarang. Cara mengentalkan sperma ini memang butuh perhatian bila Kalian telah kecanduan onani.

Pasangan yang mau mempunyai anak biasanya perlu melakukan hubungan intim setiap 2-3 hari sekali. Sperma serta air mani bakal maksimal ketika ejakulasi sehingga kemungkinan terjadi pembuahan bakal besar.

2. Memperbaiki pola makan

Salah satu makanan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh buat mengentalkan sperma, membuat sperma berkualitas, serta jumlahnya banyak ialah zink atau seng. Zat ini banyak terkandung pada biji-bijian yang mengandung protein.

Selain makanan yang mengandung seng, pria tak disarankan mengonsumsi makanan mengandung banyak lemak. Makanan ini cuma bakal menurunkan testosteron yang berperan dalam memproduksi sperma di testis.

3. Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan ialah salah satu hal paling efektif yang dapat Kalian lakukan sebagai cara mengentalkan air mani serta meningkatkan jumlah sperma. Penelitian telah menunjukkan kalau penurunan berat badan dapat secara signifikan meningkatkan volume sperma, konsentrasi, serta mobilitas, serta kesehatan sperma secara keseluruhan.

Perubahan dalam jumlah sperma telah ditemukan paling signifikan pada pria yang mempunyai indeks massa tubuh (IMT) yang lebih tinggi, menjadi jika mengalami penurunan berat badan, bahkan kehilangan sejumlah kecil berat badan dapat membantu.

Bicarakan dengan dokter yang dapat membantu Kalian memulai buat mencapai tujuan penurunan berat badan. Kalian boleh menjadi mau menjadwalkan janji bertemu dengan ahli gizi buat mengubah kebiasaan makan apa pun yang dapat ditingkatkan. Bekerja sama dengan pelatih atau program latihan lain juga dapat membantu.

4. Mulai berolahraga

Obesitas ialah penyebab sperma tak bisa dihasilkan dengan maksimal serta volumenya menurun. Kondisi ini menekan testosteron sehingga sperma yang dihasilkan terus menurun.

Olahraga ialah cara mengentalkan sperma dengan sendirinya. kalau Kalian mulai berolahraga, kadar lemak di dalam tubuh bakal menurun dengan maksimal. Efeknya tubuh bakal gampang menghasilkan sperma dengan maksimal.

5. Bukan merokok serta minum alkohol

Selain kadar lemak yang naik di dalam tubuh, radikal bebas juga menyebabkan pria susah menghasilkan sperma yang kental. Radikal bebas ini terkandung pada rokok yang dihisap hampir setiap hari serta juga alkohol yang dikonsumsi dengan berlebihan.

Hindari alkohol serta rokok sejauh mungkin. Bila bisa melakukannya, Kalian bisa dengan gampang menjaga kesuburan sehingga dapat mengentalkan sperma.

6. Kenakan celana dalam longgar

Menjaga sperma pada suhu yang memadai serta memungkinkan banyak aliran udara ke skrotum dapat membantu mengolah lingkungan yang tepat buat sperma yang sehat. kalau tak merasa nyaman mengenakan celana boxer, pilih celana katun bukan yang sintetis dapat membantu mengentalkan sperma. Celana katun dapat membantu mengontrol aliran serta suhu udara.

7. Konsumsi vitamin

Vara mengentalkan air mani berikutnya ialah mengonsumsi beberapa jenis vitamin, termasuk vitamin D, C, E, serta CoQ10, yang penting buat kesehatan sperma.

Satu studi menunjukkan kalau mengonsumsi 1.000 mg vitamin C setiap hari dapat membantu konsentrasi serta mobilitas sperma pria serta mengentalkan sperma.

Jumlah sperma secara keseluruhan tak bakal membaik, namun sperma dapat menjadi lebih terkonsentrasi serta dapat bergerak lebih efisien. Itu dapat meningkatkan peluang Kalian buat hamil.

Studi lain mencatat tingkat kehamilan yang kurang berhasil di antara pasangan di mana pria mempunyai kadar vitamin D yang rendah. Penelitian lebih lanjut dibutuhkan buat memahami hubungan antara vitamin ini serta kesuburan, namun tampaknya ada hubungannya.

Berkonsultasilah dengan dokter  tentang menguji kadar vitamin Anda. Dokter dapat melakukannya dengan menggunakan tes darah sederhana.

8. Perhatikan lingkungan Anda
Pertimbangkan buat mengganti pakaian serta mandi sesegera boleh menjadi jika Kalian terpapar:
  •     Logam
  •     Pelarut
  •     Pestisida
  •     Cairan pembersih cat
  •     Degreasers
  •     Lem atau cat berbasis air
  •     Zat pengganggu endokrin lainnya

Racun-racun itu dapat memengaruhi jumlah sperma. kalau terpapar pada salah satu dari bahan terebut karna terbiasa, cara mengentalkan air mani dengan mempertimbangkan menunda kebiasaaan itu sampai sperma anda sehat serta itu tandanya bisa membuahi sel telur.

Pekerjaan yang membuat Kalian terkena panas atau radiasi berlebih, atau bahkan pekerjaan yang ekstrem juga dapat memengaruhi jumlah sperma.

Kekentalan serta Jumlah Sel Sperma

Secara umum air mani yang mengandung sperma mempunyai kekentalan yang cukup tinggi. Kekentalan ini menunjukkan jumlah sel yang banyak serta juga kualitasnya. Setelah 15 menit, kekentalan sperma bakal menurun serta air mani menjadi encer karna semua sel di dalamnya Telah mati.

Kekentalan dari sperma menentukan volume dari sel sperma yang dihasilkan. Menurut WHO, pria bisa melakukan pembuahan dengan normal bila menghasilkan minimal 1,5 ml air mani. tidak cuma volume ini, di dalam air mani juga perlu mengandung minimal 20 juta sel sperma per mililiter.

Pria yang tak mengalami gangguan pada alat vitalnya biasanya tak bakal mampu menghasilkan air mani setengah sendok teh. Pada kondisi ini pria perlu mulai mengubah gaya hidupnya agar kekentalan serta volume dari spermanya meningkat.

Semoga ulasan cara mengentalkan air mani di atas bisa membantu mengentalkan sperma kembali. Mari melakukan hal positif serta menjalani pola makan sehat setiap harinya, Sobat Sehat!
Komentar

Tampilkan

Terkini