8 Fakta Unik Tentang Telur Ayam Yang Boleh Menjadi Belum Kalian Tahu !!!

Ridhmedia
02/11/19, 08:56 WIB
Dok Gambar oleh Couleur | Pixabay 

Ridhmedia | Telur ayam adalah salah satu telur yang biasa kita konsumsi baik dengan cara digoreng, direbus, atau dibakar. bukan cuma itu, telur ayam dengan segudang manfaat melalui kandungan vitamin yang ada didalamnya juga sebagai salah satu makanan yang terbilang terkenal bukan cuma di Indonesia saja. lalu jika kalian Telah tahu mengenai itu, boleh menjadi ada hal-hal lain mengenai fakta telur ayam yang boleh menjadi kalian lewatkan buat di ketehui, apa sajakah itu???

Fakta Unik Telur Ayam Yang Mungkin Terlewatkan Dari Pengetahuan Kalian

1. Warna Telur Ayam
Mungkin jika kalian sebagai peternak ayam petelur sejati, tentu hal ini bukan menjadi suatu yang unik bagi kalian, tetapi tak buat orang awam, bukan cuma berwarna putih dan coklat saja, telur ayam juga mempunyai warna lain, hal tersebut dikarena jenis ayam yang cukup beragam misal ras, yang menyebabkan telur ayam bisa berwarna hijau, biru, bahkan bintik-bintik

2. Tes Kesegaran Telur Hanya Dengan Air
Bagi ibu-ibu, memasak telur ayam tentu hal yang sangat biasa, tetapi tentu sangat menyebalkan jika telur ayam yang kita pecahkan ketika bakal dituangkan kedalam bahan masakan ternyata Telah tak baik lagi atau justru busuk, jangan khawatir lagi, karna kita bisa menggunakan media air buat mengetes kondisi dalam telur tanpa perlu ragu dan apakah telur dalam kondisi masih segar, atau justru sebaiknya.

Caranya mudah, kita cuma perlu menyiapkan air kedalam sebuah wadah kemudian taruh telur kedalam wadah yang berisi air tersebut, dan lihat apakah tenggelam atau malah mengapung,

Telur dalam kondisi segar bakal tenggelam lebih dalam dan jika mengapung maka kondisi telur tersebut Telah dalam keadaan tak segar atau justru busuk.

3. Telur Segar Tidak Telur Terbaik Untuk Direbus Dengan Kulitnya
Merebus telur dengan kulitnya langsung lebih baik jika menggunakan telur yang tak terlalu segar, menggunakan telur yang tak terlalu segar dapat mempermudah pengupasan telur ketika kondisi telur Telah matang,

Beda halnya jika menggunakan telur yang masih sangat segar, kondisi telur yang segar menyebabkan telur menempel lebih kuat pada dinding kulit telur sehingga itu dapat menyulitkan ketika mengupasnya.

4. Telur Ayam Berwarna Putih Lebih Favorit di Amerika
Kalau tak berwarna coklat ya putih, telur yang kerap kita konsumsi di indonesia berwarna cangkang coklat, hal tersebut justru berbeda dengan negara Amerika, Negara Amerika lebih menyukai telur ayam yang berwarna cangkang putih.

5. Telur Ayam Berpori Kecil
Dibanding dengan Telur Bebek, telur ayam mempunyai pori kulit yang lebih kecil, makannya telur bebek lebih gampang dibuat sebagai telur asin ketimbang telur ayam, bukan cuma itu bau telur ayam juga tak seamis telur bebek.

6. Berat Cangkang/Kulit Telur
Cangkang/Kulit telur pada telur ayam mempunyai berat sekitar 9-12% dari jumah total berat telur, meskipun begitu kulit telur juga mempunyai pori-pori yang menyebabkan telur bisa kemasukkan oksigen dari luar serta hewan lembab, ini yang bisa menyebabkan telur bisa membusuk.

7. Darah Dalam Kuning Telur
Sebagian dari kita pasti pernah menjumpai darah atau bercak darah yang ada dalam telur ketika ingin memasak telur, itu adalah darah yang ada pada pembuluh darah telur ayam tersebut yang pecah, tetapi tak perlu khawatir karna kondisi tersebut masih aman buat kita konsumsi

8. Produksi Telur Terbesar
Fakta mengejutkan, telur ayam adalah telur yang diproduksi secara besar-besaran, di Amerika kurang lebih sekutar 75 milyar memproduksi telur ayam sebagai telur konsumsi.

Mengkonsumsi telur ayam adalah hal yang terbilang biasa tetapi tak biasa jika kita lebih mengerti dan tahu Jika ada fakta menarik mengenai telur ayam, pengetahuan adalah suatu pembeda antara kita dengan orang lain, dengan pengetahuan kita bisa menjajah fikiran orang lain melalui pengetahuan yang Telah kita ketahui sebelumnya termasuk fakta unik mengenai telur ayam.
Komentar

Tampilkan

Terkini

Peristiwa

+