Tulang rusuk sakit yaitu salah satu keluhan yang sering kali terjadi ketika Ente mengalami bentu Begini Cara Menangani Tulang Rusuk Sakit
Tulang rusuk sakit yaitu salah satu keluhan yang sering kali terjadi ketika Ente mengalami benturan, cedera, atau tekanan berlebih di bagian dada dan punggung. Apakah ini berbahaya? Simak penjelasan berikut ini.
Tulang rusuk sakit tentu dapat membuat penderitanya merasa enggak nyaman dan sulit beraktivitas. apabila disebabkan oleh benturan atau cedera, selain sakit biasanya bakal muncul memar dan pembengkakan di area yang terbentur. Nah, buat meredakan rasa nyeri tulang rusuk ini, berikut bakal dipaparkan cara-cara yang bisa dilakukan.

Cara Mengatasi Tulang Rusuk yang Sakit

apabila tulang rusuk sakit disebabkan oleh cedera ringan dan enggak disertai dengan patah pada tulang rusuk atau kerusakan pada jantung dan paru-paru, tulang rusuk yang sakit dapat sembuh dengan sendirinya setelah 3-6 minggu.
Untuk meredakan rasa nyeri dan mempercepat pemulihan, ada beberapa tahap yang dapat Ente lakukan, yaitu:
  • Istirahat dan kurangi aktivitas, terutama aktivitas fisik.
  • Kompres bagian tulang rusuk yang sakit menggunakan es.
  • Hindari membebat bagian dada yang sakit sebab bisa menyebabkan sesak.
  • Usahakan buat tidur terlentang.
  • Hindari mengangkat beban berat.
Ente juga dapat mengonsumsi obat pereda nyeri, seperti paracetamol atau ibuprofen.
apabila Ente merasakan sakit pada tulang rusuk, selain melakukan tahap yang telah dipaparkan di atas, sebisa barangkali tetap lakukan pemeriksaan ke dokter. Tujuannya agar penyebab tulang rusuk sakit dapat diketahui, kemudian diberi penanganan yang dibutuhkan. apabila sebelumnya ada benturan atau trauma, kemungkinan bakal dibutuhkan pemeriksaan pendukung, seperti Rontgen, CT scan, atau MRI.
apabila tulang rusuk sakit disebabkan oleh tulang rusuk yang patah, maka penanganan lanjutan, seperti observasi ketat di rumah sakit, pemberian obat antinyeri yang lebih kuat, sampai prosedur operasi, kemungkinan harus dilakukan. Perlu diwaspadai, patahnya tulang rusuk juga dapat menyebabkan gangguan pengembangan paru, bahkan pneumothoraks yang bisa membahayakan penderitanya.
Nah, demikian penjelasan tentang tulang rusuk sakit dan penanganan awal yang bisa dilakukan. Segera ke UGD atau rumah sakit terdekat jika tulang rusuk sakit kian memberat, disertai sesak napas, terlebih jika disertai batuk berdarah. !