Bunda, Lindungi Bayi Dari Bahaya Flu Dan Batuk Dengan 5 Cara Ini

Ridhmedia
14/11/19, 05:55 WIB

Memasuki musim hujan, Bunda bisa menjadi mulai khawatir nih, jika Si Kecil terserang flu dan batuk. Namun, tahukah Bunda, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan buat melindungi Si Kecil dari penyakit tersebut lho!

Flu yang disertai batuk bisa disebabkan oleh virus influenza yang menyebar lewat udara. Penyakit ini rentan dialami oleh bayi sebab sistem kekebalan tubuhnya belum terbentuk dengan sempurna.

Berbagai Cara Untuk Melindungi Bayi dari Flu dan Batuk

Karena penyebaran virus dan bakteri penyebab flu dan batuk ini tergolong mudah, ada beberapa hal yang bisa Bunda lakukan buat mencegah Si Kecil terserang penyakit ini, yaitu:

1. Rutin mencuci tangan
Persoalan pertama yang bisa Bunda lakukan buat melindungi Si Kecil dari penularan kuman penyebab flu dan batuk yaitu dengan rajin mencuci tangan, terutama sebelum menyentuhnya.

Bukan cuma buat Bunda, kebiasaan ini juga perlu diterapkan oleh semua anggota keluarga dan teman-teman Bunda yang mau menyentuh Si Kecil.

Agar bersih sempurna, cucilah tangan dengan sabun dan air mengalir. Jangan lupa juga buat menggosok tangan dengan sabun selama kurang lebih 30 detik. Setelah itu, keringkan dengan cara mengelapnya menggunakan handuk bersih.

2. Berikan bayi makanan bergizi
Untuk bayi yang Telah bisa mengonsumsi makanan padat sebagai MPASI, jangan lupa buat selalu memberikan dia makanan yang bergizi seimbang ya, Bun.

Makanan bergizi bisa membantu pembentukan sistem imun Si Kecil. Sistem imun yang baik melindungi Si Kecil dari kuman yang ada di sekitarnya, termasuk virus penyebab flu dan batuk.

apabila Si Kecil masih menyusui, rutin memberikan air susu ibu (ASI) bisa meningkatkan kekebalan tubuhnya, sehingga bisa melindunginya dari paparan infeksi penyebab flu dan batuk.

3. Hindari mencium bayi saat sakit
Melihat Si Kecil bisa membuat siapa saja, termasuk Bunda gemas dan mau menciumnya. Namun, jika Bunda tengah flu dan batuk, hentikan kebiasaan ini, ya.  Menurut penelitian, kuman dan bakteri penyebab flu dan batuk bisa masuk ke dalam tubuh bayi lewat ciuman. Jangan lupa juga buat melarang orang yang tengah sakit buat mencium Si Kecil ya, Bun.

4. Hindari tempat yang ramai
Sebisa mungkin, jangan bawa Si Kecil ke tempat umum yang ramai, seperti mall atau pasar, terlalu sering kali maupun terlalu lama, ya. Persoalan ini sebab sistem imun bayi biasanya belum terbentuk sempurna. tidak cuma itu paparan polusi udara, bakal membuatnya rentan terserang virus penyebab flu dan batuk.

5. Berikan vaksin
Cara lain yang bisa Bunda lakukan buat mencegah Si Kecil terserang flu dan batuk yaitu dengan melakukan vaksinasi influenza. Vaksin ini biasanya dapat diberikan saat Si Kecil Telah berusia 6 bulan.

Nah, demikian penjelasan tentang bermacam cara buat mencegah dan melindungi bayi dari flu dan batuk. Jika, Bunda mendapati gejala, seperti keluarnya ingus, bersin-bersin, batuk, hidung tersumbat, dan menurunnya nafsu makan pada Si Kecil, bawalah ia ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. [!]
Komentar

Tampilkan

Terkini

Peristiwa

+