Cara Gampang Mengatasi Rasa Lelah

Ridhmedia
21/11/19, 08:39 WIB
 Namun enggak banyak orang tahu kalau mengubah beberapa kebiasaan sederhana ternyata dapat  Cara Mudah Mengatasi Rasa Lelah
Lelah atau capek dapat disebabkan banyak hal, mulai dari aktivitas berlebih, kondisi psikologis, hingga gaya hidup. Namun enggak banyak orang tahu kalau mengubah beberapa kebiasaan sederhana ternyata dapat menjadi cara mengatasi rasa lelah.
Penyebab dan juga solusi buat mengatasi kelelahan sebenarnya dapat ditelusuri dari kegiatan sehari-hari seperti stres, pola makan yang buruk, kurang tidur, hingga persoalan psikologis.

Jangan biarkan sering kali capek dan ngantuk menurunkan produktivitas. Kenali penyebab utama dan cara mengatasi lelah.
Perhatikan dan ubah makanan yang Kalian konsumsi
Makanan tertentu ternyata dapat meningkatkan level energi, sementara sebaliknya, sebagian makanan bisa membuat Kalian merasa sering kali lelah. Perhatikan panduan di bawah ini agar makanan benar-benar dapat menjadi sumber energi agar enggak gampang capek.
  • Kafein mungkin bakal membuat Kalian bersemangat di pagi hari. Tetapi efek itu cuma sesaat. Setelah kafein meninggalkan tubuh, Kalian bakal merasakan kelelahan atau disebut caffeine crash.
  • Cukup minum buat memenuhi kebutuhan cairan tubuh sebab dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan.
  • Batasi konsumsi makanan yang diproses atau olahan seperti burger, makanan dalam kemasan, permen. Makanan-makanan ini mengandung pengawet dan garam yang membuat tubuh bekerja lebih lambat.
  • Pilih makanan segar yang mengandung lebih banyak nutrisi. Ini dapat dilakukan misalnya dengan mengonsumsi buah yang sesuai musimnya, sehingga buah matang dengan alami.
  • Kacang-kacangan menyediakan energi buat mengurangi kelelahan.
  • Mengonsumsi ikan yang mengandung minyak omega-3 seperti salmon ternyata dapat memacu semangat dan mengurangi lelah.
  • Kelebihan berat badan bakal membebani jantung sehingga membuat tubuh lebih gampang lelah. Kurangi porsi makan dan konsumsi makanan dengan gizi seimbang agar berat badan berlebih turun. Penurunan berat badan menjadi normal ini bakal meningkatkan energi, mood, dan kualitas hidup.
  • Makan lebih sering kali dalam porsi kecil dapat menstabilkan kadar gula darah. Ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi camilan sehat tiap 3 – 4 jam sekali.
  • Pilih karbohidrat kompleks buat mencegah peningkatan dan penurunan kadar gula darah dalam waktu singkat.
  • Hindari konsumsi minuman keras. Meski mengonsumsi minuman keras dapat membuat Kalian tidur lebih nyenyak, ternyata mengonsumsi alkohol dapat membuat tidur Kalian kurang nyenyak. Tetapi keesokan harinya Kalian bakal merasa lebih lelah dibanding sebelumnya.
Dengan memilih makanan yang tepat dari hari ke hari, tubuh bakal lebih bertenaga dan enggak gampang ngantuk serta capek.
Kelola stres
Penelitian menemukan kalau sekitar 50–80% penyebab kelelahan ialah faktor psikologis. Kenali diri dan masalah yang tengah terjadi dan ambil langkah buat menanganinya.
  • Stres kronis dapat menyebabkan kelelahan. Coba bermacam metode relaksasi seperti yoga dan meditasi. Melakukan hal-hal yang Kalian sukai juga adalah cara buat meredakan stres.
  • Mengerjakan terlalu banyak hal yang diminta orang lain ialah salah satu sumber stres. Belajarlah buat berkata enggak buat hal-hal yang memang enggak mau Kalian kerjakan.
  • Ambil istirahat di tengah pekerjaan rutin Kalian agar lebih produktif ketika kembali bekerja. Kegembiraan dan tawa ialah pemacu energi yang baik buat meredakan lelah.
  • Konflik di tempat kerja bisa menjadi membebani pikiran dan membuat Kalian lekas lelah. Selesaikan masalah dengan komunikasi agar enggak berkepanjangan.
Penting buat mengatasi persoalan penyebab stres agar tubuh enggak merasa lelah berkepanjangan.
Aktif bergerak
Anda bisa menjadi merasa sangat malas berolahraga atau bergerak aktif jika merasa lelah. Namun, banyak penelitian menemukan kalau aktivitas fisik justru benar-benar dapat meningkatkan level energi. Menurut seorang profesor dan pakar fisiologi olahraga, olahraga justru dapat meningkatkan semangat, kepercayaan diri, efektivitas dalam bekerja, dan kualitas kesehatan secara menyeluruh. Sekadar berjalan kaki selama 15 menit pun dapat bermanfaat mengatasi lelah. Tingkatkan aktivitas secara bertahap hingga menjadi 2,5 jam per minggu. Misalnya dengan bersepeda atau berenang tiap minggu.
Cukupi kebutuhan istirahat
Kurang tidur adalah salah satu penyebab utama kelelahan. Penuhi kebutuhan istirahat dengan membiasakan pergi tidur dan bangun di jam yang sama setiap hari. Banyak orang yang merasa mengantuk setelah makan siang. Tidur siang sekitar 10 menit ternyata dapat meningkatkan kesiapan kerja. Namun, sebaiknya enggak disarankan tidur lebih dari 30 menit agar malamnya Kalian enggak sulit tidur. Bila Kalian merasa sulit tidur, hindari mengonsumsi obat tidur. apabila Kalian mengalami insomnia, dan tangani penyebab dasar kondisi ini dengan berkonsultasi ke dokter. Sehingga Kalian enggak harus mengonsumsi pil tidur buat istirahat.
Di sisi lain, sering kali lelah dapat dipicu konsumsi obat-obatan tertentu seperti antihistamin, diuretik, obat buat menangani tekanan darah, dan beberapa obat lain. Konsultasikan jika rasa lelah sering kali muncul setelah Kalian mengonsumsi obat-obat ini. Di samping itu, kelelahan dapat menjadi gejala adanya penyakit kronis yang lebih serius seperti anemia, diabetes, penyakit jantung, gangguan tiroid, dan apnea tidur. apabila Kalian Telah melakukan semua cara di atas tapi masih sering kali merasa lelah, ada baiknya memeriksakan diri ke dokter. [!]
Komentar

Tampilkan

Terkini