Langkah-Langkah Buat Memulai Pola Hidup Sehat

Ridhmedia
14/11/19, 06:38 WIB

Agar terhindar beragam penyakit yang bisa menyerang dalam waktu dekat atau pada masa tua nanti, pola hidup sehat ialah kuncinya. Adanya niat buat hidup sehat Telah bagus. Namun, banyak yang bingung dari mana perlu memulai pola hidup sehat.

Sebetulnya, banyaknya akses informasi kesehatan bisa dimanfaatkan bila mau memulai hidup sehat. Namun tetap saja, niat menjadi cuma sekadar niat, karna realisasinya sering kali kali sulit. Bahkan, banyak orang yang enggak tahu perlu memulai hidup sehat dari mana.


Tak perlu bingung, berikut ini ialah langkah-langkah yang bisa membantu Ente dalam memulai hidup sehat.

Hitung indeks massa tubuh
Langkah utama buat memulai hidup sehat dengan benar ialah dengan menghitung indeks massa tubuh (IMT). Tujuan penghitungan ini ialah buat mengetahui proporsi tubuh Anda, apakah ideal, kurang ideal, punya berat badan berlebih, atau obesitas. Dengan begitu, Ente juga bisa mengetahui risiko penyakit yang mengancam.

Cara menghitungnya ialah berat badan (dalam kilogram), dibagi dengan tinggi badan (dalam meter), lalu dikuadratkan.

Untuk ras Asia, bila hasil yang didapat angkanya antara 18,5- 22,9, itu menunjukkan proporsi tubuh ideal dan minum risiko penyakit enggak menular. Bila angkanya di atas itu, berarti Ente mempunyai berat badan berlebih atau obesitas, sedangkan bila di bawah angka itu berarti berat badan kurang.

Ukur lingkar perut
Sama halnya dengan IMT, pengukuran lingkar perut bertujuan buat mengetahui risiko penyakit enggak menular seperti diabetes, kolesterol tinggi, serangan jantung, dan stroke.

Idealnya, lingkar perut pria ialah di bawah 90 cm, sedangkan pada wanita di bawah 80 cm. Bila hasilnya di atas angka tersebut, maka risiko penyakit meningkat.

Pola diet tepat
Jenis diet memang ada banyak sekali. Namun, pola diet yang paling tepat ialah menerapkan pola makan gizi lengkap seimbang. Artinya, menu harian Ente perlu bergizi lengkap (memenuhi anjuran kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, serat, mineral, dan vitamin) dan seimbang (tidak lebih maupun kurang).

Sumber karbohidrat ialah nasi, kentang, atau roti; protein dari ikan, daging merah maupun daging putih, telur, atau susu; sedangkan sumber lemak bisa dari minyak zaitun, minyak kanola, dan kacang-kacangan. Vitamin dan mineral bisa didapatkan dari buah-buahan dan sayuran.

Bila hasil IMT dan lingkar perut Telah diketahui, pola makan bisa disesuaikan.

Olahraga rutin
Pada banyak orang, memulai buat olahraga rutin bisa dirasa sangat sulit. Keburu capek, enggak ada waktu, enggak ada teman berolahraga, bingung olahraga apa—semua boleh menjadi alasan buat seseorang menjadi malas atau enggak konsisten dalam berolahraga.

Olahraga yang disarankan ialah jenis aerobik seperti lari, berenang, bersepeda, sepak bola, atau senam.

Dalam seminggu, Ente disarankan buat olahraga 3-5 kali, dengan total durasi 150 menit (misalnya lima kali seminggu selama 30 menit tiap sesinya).

Kombinasi olahraga juga diperbolehkan, misalnya angkat beban buat menambah massa otot.

Lagi-lagi, bila IMT Telah diketahui, intensitas olahraga bisa disesuaikan.

Atur kebiasaan
Kebiasaan buruk seperti merokok, konsumsi alkohol, dan kurang istirahat perlu dihentikan karna dapat meningkatkan risiko penyakit enggak menular.

tidak cuma itu, kemampuan buat mengelola stres dengan baik juga penting buat menjaga kesehatan. Ingat, kesehatan pikiran dapat memengaruhi tubuh, begitu juga sebaliknya.

Periksa kesehatan secara berkala
Ketika Telah memasuki usia 40 tahun, proses penuaan Telah terjadi dan periksa kesehatan rutin disarankan. Walaupun enggak mengalami gejala apa pun, namun cek kesehatan rutin seperti mengukur tekanan darah, gula darah, kolesterol, asam urat, dan lainnya bisa dilakukan sebagai tahap deteksi dini.

Bila dicermati, sebetulnya memulai pola hidup sehat enggak sulit, tinggal bagaimana Ente bisa terus memotivasi diri dan konsisten melakukannya. Daripada menyesal di kemudian hari, mari bulatkan tekad, tetapkan tujuan, dan bila perlu ajak pasangan atau anggota keluarga lainnya. Karena bisa saling mengingatkan dan menyemangati, lama-lama Ente bakal terbiasa dengan pola hidup tersebut. Kalau Telah begitu, sehat terus sampai tua tidaklah hal mustahil. [!]
Komentar

Tampilkan

Terkini