Ada Banjir di Kaligawe Semarang, Ganjar: Curah Hujan Tinggi Air Akan Menggenang, Hukum Alam Memang Begitu

Ridhmedia
11/01/20, 07:19 WIB

Ridhmedia - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo langsung mengecek banjir di Kaligawe Semarang, Selasa 7 Januari 2020 malam.

Selepas isya Ganjar tiba di sekitar bawah jembatan tol Kaligawe Semarang. Mengenakan mantel dan sepatu boot, Ganjar langsung mengecek beberapa titik genangan air.

“Motor lewat yang lajur sana pak, mogok nanti (kalau lewat sini),” kata Ganjar yang sesekali ikut mengatur arus yang melambat.

Tempat Ganjar berdiri, genangan air mencapai betis. Namun beberapa langkah di depannya mencapai genangan air mencapai paha orang dewasa. Karena genangan tersebut kondisi lalu lintas dari Terboyo sampai Genuk tersendat.

Mengetahui ketinggian air itu Ganjar langsung meluncur ke arah pompa air di seberang jalan. Benar saja, ternyata aliran dari pipa saluran air tidak optimal.

Gubernur mengatakan, jika curah hujan tidak terlalu lebat, penanganan banjir di Semarang masih bisa dikendalikan. Namun jika intensitas hujan tinggi, masyarakat agar bersabar karena air akan menggenang.

“Ini memang harus kita kelola dengan baik karena hukum alamnya memang begitu,” tandas Ganjar.

Ganjar sendiri membentuk Grup WA Jateng yang beranggotakan para bupati dan wali kota. Dalam salah satu chat misalnya, Ganjar mengawali koordinasi dengan bertanya ‘Yth Bpk/Ibu bgmn kondisi wilayah panjenengan akibat hujan kemarin (sampai hari ini)?’

Terkait antisipasi banjir, Ganjar telah menginstruksikan kepala daerah untuk siaga satu. Jika terjadi bencana, ia meminta keselamatan warga diutamakan. Ganjar juga mengecek pompa-pompa di sekitar Kota Semarang, Kamis (2/1/2020) pagi, untuk memastikan penyedot air itu berfungsi baik.

“Saya mau muter lihat pompa, kita cek semua kalau ada yang kurang berfungsi segera ditangani,” tandas Ganjar. [JSn]
Komentar

Tampilkan

Terkini

Peristiwa

+